7 Wisata Imlek di Indonesia
Klenteng Sam Poo Kong Semarang. (Solopos/dok).

Solopos.com, SOLO -- Sebentar lagi, nuansa merah dan pernik-pernik seperti lampion bisa kita temui di mana-mana. Perayaan Imlek adalah salah satu yang paling ditunggu untuk dirayakan lengkap dengan rangkaian pertunjukan yang seru, ornamen yang meriah, dan kuliner yang nikmat.

Tak perlu jauh-jauh ke negeri tirai bambu untuk merasakan suasana Imlek, beberapa tempat di Indonesia juga menyajikan perayaan Imlek yang seru. Penasaran apa saja tempat wisata Imlek yang layak dikunjungi? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Glodok, Jakarta

Pasar Petak Sembilan wisata imlek
Pasar Petak Sembilan (Istimewa)

Menjelang hari raya Imlek, warga di daerah Pecinan di Jakarta Barat menjual berbagai perlengkapan yang akan dibutuhkan atau dipajang pada saat Imlek. Barang yang akan dijual antara lain amplop angpao, ornamen untuk menghias rumah, dan alat sembahyang.

Untuk kamu yang tidak merayakan Imlek, berburu foto di Pasar Petak Sembilan dan di klenteng-klenteng yang ada di Glodok bisa menjadi momen yang menarik. Tak hanya mengabadikan suasana Imlek, masih banyak aktivitas menarik lainnya seperti wisata kuliner.

Baca Juga: 5 Tempat Diving Terbaik di Pulau Jawa

Walaupun berada di Kawasan Pecinan Glodok, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mengisi perut karena banyak menjual makanan yang halal.

China Town, Bandung

China Town Bandung Antara
China Town Bandung (Antara)

Awalnya, China Town atau Kampung Pecinan hanya kampung biasa yang dihuni oleh warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Bandung. Hunian yang berdiri di atas lahan seluas 3.000 ha ini mulai dikomersilkan sebagai kawasan wisata pada tanggal 4 Agustus 2017.

Daya tarik dari tempat ini adalah suasana kampung yang dibuat sedemikian rupa agar para wisatawan bisa merasa seperti di negeri tirai bambu saat memasuki area ini. Menariknya, China Town di Bandung memiliki konsep kota di China pada zaman dahulu.

Konsepnya benar-benar dieksekusi dengan sangat detail, mulai dari tempat makan hingga segala ornamen yang ada di lokasi tersebut. Tak hanya tempat yang apik, fasilitas yang ada di kawasan ini juga ramah keluarga.

Baca Juga: Liburan Seru ke Jogja Ala Backpacker

Berbagai macam fasilitas bisa kamu manfaatkan, antara lain arena playground untuk anak-anak, musala bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah, dan masih banyak lagi. Selain itu, China Town Bandung juga menjual berbagai macam suvenir yang unik.

Dengan segala keunikannya, China Town Bandung ini layak menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Imlek.

Kota Seribu Klenteng, Kalimantan Barat

Singkawang
Suasana Kota Singkawang saat Imlek (Istimewa)

Kota Singkawang atau yang dikenal dengan nama Kota Seribu Klenteng terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Keberadaan klenteng yang sangat banyak di Kota Singkawang membuat kota ini yang paling ramai dan bisa dibilang paling bersemangat dalam merayakan hari raya Imlek.

Menjelang perayaan Imlek, Kota Singkawang sebagai pusat dari pemukiman warga Tionghoa yang ada di Indonesia mulai dihiasi oleh pernik-pernik khas Imlek yang berwarna merah.

Baca Juga: Liburan Murah Ke Luar Negeri, 7 Negara Ini Bisa Jadi Destinasi yang Tepat!

Tak heran, Kota Singkawang mendapatkan julukan sebagai kota dengan perayaan tahun baru China paling meriah se-Asia Tenggara. Para wisatawan bisa menikmati beraneka ragam atraksi dan suguhan yang menarik, antara lain pertunjukan barongsai, pawai, dan malam kesenian serta pemasangan lampion.

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Jateng padat wisatawan di hari libur nasional Tahun Baru, Senin (1/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Jateng padat wisatawan di hari libur nasional Tahun Baru, Senin (1/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Klenteng Sam Poo Kong memiliki arti yaitu “Gua Orang Sakti”. Klenteng ini berlokasi di Jl. Simongan Nomor 129, Semarang. Klenteng ini merupakan tempat peninggalan seorang Laksamana dari China, Cheng Ho atau Zheng He yang pernah bermukim di wilayah Semarang.

Klenteng ini adalah kebanggan dari masyarakat Kota Semarang. Klenteng ini menjadi destinasi para wisatawan karena arsitektur khas Tionghoa yang dimilikinya. Pada saat mengunjungi Kawasan Klenteng ini, kamu akan disuguhkan dengan sejarah Laksamana Cheng Ho yang berlayar sampai ke Semarang.

Selain menawarkan wisata edukasi, Klenteng Sam Poo Kong juga menyediakan tempat untuk wisatawan yang ingin mengabadikan momen saat berkunjung ke kawasan ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuti Bagi Karyawan, Bikin Kerja Lebih Produktif!

Saat Imlek, Klenteng Sam Poo Kong ramai oleh pengunjung yang ingin sembahyang maupun yang ingin wisata Imlek dengan melihat berbagai pertunjukan seperti barongsai, barongan, jathilan, drumblek, reog, bazaar kuliner, dan juga live music.

Vihara Dewi Kwan Im, Pulau Belitung

Vihara Dewi Kwan Im Belitung
Vihara Dewi Kwan Im Belitung (Istimewa)

Pulau Bangka adalah salah satu tujuan wisata yang populer untuk berlibur. Tidak hanya untuk berlibur, Pulau Belitung juga menjadi salah satu tujuan untuk merayakan tahun baru Imlek karena banyak warga keturunan Tionghoa.

Pusat perayaan tahun baru Imlek di Pulau Belitung berada di Vihara Dewi Kwan Im, vihara tertua di pulau ini yang berlokasi di Desa Jelitik. Di dalam Vihara Dewi Kwan Im ini terdapat kolam pemandian dan mata air.

Baca Juga: 5 Pilihan Staycation Mewah di Hotel Bintang 5 Bandung

Masyarakat setempat percaya, jika mereka ingin awet muda, mereka perlu mandi atau setidaknya membasahi muka, tangan, dan kaki mereka dengan air dari sumber tersebut. Kamu bisa menikmati Imlek secara khusyuk sambil melihat wisata keindahan alam dari vihara ini.

Selat Panjang, Riau

Selat Panjang Riau (riau.go.id)

Selat Panjang terletak di Kabupaten Meranti, Kepulauan Riau. Di Selat Panjang, kamu akan merasa seperti sedang berada di negeri Tionghoa karena penghuninya sebagian besar adalah etnis Tionghoa.

Saat menjelang perayaan hari raya Imlek, warna merah akan mewarnai hari-harimu di Selat Panjang karena bangunan dan jalanan akan dipenuhi oleh dekorasi menarik khas Imlek. Selain itu, di sini terdapat tradisi yang cukup unik yaitu tradisi perang air.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Dalam Kota yang Hemat Budget

Tradisi perang air atau biasa disebut dengan Cian Cui berlangsung dengan para warga berkeliling menggunakan becak motor membawa ember dan mainan berbentuk pistol plastik berisikan air.

Festival ini dijadikan ajang wisata Imlek sejak tahun 2013, di mana warga dan wisatawan dari seluruh etnis berbaur di Kabupaten Meranti untuk merayakan hadirnya tahun baru.

Kuil Pulau Kemaro, Palembang

Kuil Pulau Kemaro wisata imlek
Kuil Pulau Kemaro (indonesia.go.id)

Kuil Pulau Kemaro selalu menjadi pusat keramaian oleh masyarakat dan wisatawan pada saat hari raya Imlek. Wisatawan dan masyarakat dapat melihat kuil ini lengkap dengan berbagai macam pernak pernik khas Imlek.

Masyarakat Tionghoa sering datang ke kuil ini untuk berdoa agar dilancarkan jodohnya. Yap, doanya khusus mengenai jodoh karena masyarakat percaya akan cerita cinta legendaris yang ada di Pulau Kemaro yaitu cerita rakyat tentang Tan Bun An saudagar dari Cina dan Siti Fatimah putri raja.

Di dalam kuil ini bahkan dibuatkan makam untuk mengenang simbol cinta dari Tan Bun An dan Siti Fatimah.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Dalam Negeri yang Tak Kalah dari Luar Negeri

Nah, itu dia tujuh tempat wisata yang dapat dikunjungi pada saat Imlek. Berbagai tempat memiliki keunikan dan punya cara tersendiri untuk merayakan tahun baru Cina. Kamu bisa kunjungi tempat tersebut untuk merasakan suasana yang berbeda pada saat hari raya Imlek.

Tak perlu khawatir soal bepergian di masa new normal, Traveloka tetap memberikan pengalaman menginap terbaik dan aman untuk kamu.

Cari saja badge Traveloka CleanAccomodation yang menandakan bahwa suatu akomodasi yang sudah memiliki standar kebersihan dan telah melakukan rekomendasi kebersihan sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Apalagi, dengan penawaran dan promo tahun baru Imlek dari Traveloka, rencanakan liburan tahun baru Imlek kini jadi mudah, murah, dan tentunya aman.



Berita Terkini Lainnya








Kolom