7 Tips Melatih Kedekatan Orang Tua dengan Anak
Ilustrasi orang tua dan anak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Membangun bonding atau kedekatan antara orang tua dan anak merupakan hal penting yang perlu dilatih dan dibangun sedini mungkin. Jangan jadikan kesibukan penghalang bagi orang tua untuk melatih kedekatan dengan buah hati!

Bonding dengan anak bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana. Berikut tips meningkatkan bonding dengan anak melaui aktivitas-aktivitas sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari:

1. Ajak Anak Mengobrol dan Berdiskusi

Tak ada hal yang paling mudah untuk lebih mengenal si kecil lebih dekat dibandingkan dengan mengajaknya mengobrol. Meskipun tidak bisa diajak mengobrol hal-hal yang berat, ada banyak sekali hal yang bisa dibicarakan dan diskusikan dengan si kecil.

Orang tua bisa mulai dengan bertanya makanan apa yang paling ia sukai dan mengapa ia menyukainya ataupun sekedar berdiskusi mengenai tokoh kartun yang ia gemari. Hal ini tak cuma bangun kemampuan komunikasinya namun juga akan membiasakan anak untuk terbuka dengan orang tua.

2. Lakukan Aktivitas Sederhana Bersama

Jika orang tua memiliki kesibukan di rumah, bukan berarti waktu untuk bonding bersama si kecil harus dikorbankan. Orang tua bisa melibatkan si kecil dengan kesibukan-kesibukan yang sedang dilakukan.

Misalkan ketika tengah memasak, berikanlah si kecil tugas sederhana seperti membersihkan buah atau sayuran sehingga ia merasa terlibat dalam kegiatan memasak tersebut. Kekompakan antara keluarga tentu juga bisa terasah dari kegiatan-kegiatan seperti ini.

3. Luangkan Waktu Luang untuk Menemani Anak Belajar

Memiliki lebih banyak waktu saat bekerja di rumah serta tersedianya kelas-kelas online kini sangat memudahkan orang tua untuk sementara menggantikan peran guru dalam mengajari anak.

Meskipun melatih anak untuk mampu belajar secara mandiri tak kalah penting, sesekali sempatkanlah waktu untuk tetap mendampinginya dalam proses belajar. Tak hanya bisa membuat proses belajar lebih efektif, namun juga melatih kedekatan antara orang tua dan anak.

4. Lakukan Aktivitas Outdoor Bersama

Jika semua tips dan kegiatan untuk melatih kedekatan antara orang tua dan anak sebelumnya bisa orang tua lakukan di dalam rumah selepas bekerja, selingilah kegiatan bonding orang tua dan anak dengan aktivitas di luar ruangan.

Dengan atmosfer dan suasana yang berbeda, kegiatan outdoor bisa memberikan kesan yang berbeda dan lebih mendalam kepada anak. Jika tak bisa pergi ke taman kota atau ke objek wisata alam lainnya, aktivitas sederhana seperti piknik di pekarangan rumah hingga bermain di halaman bisa jadi alternatif yang tak kalah baik untuk bangun kedekatan antar keluarga.

5. Sesekali Ciptakan Suasana Baru dengan Staycation

Tips lain untuk berikan suasana kegiatan bonding yang berbeda dan lebih berkesan adalah dengan melakukan staycation. Staycation bisa jadi alternatif selain liburan kelurga untuk kamu yang tak memiliki banyak waktu libur ataupun budget yang besar.

Staycation keluarga bisa dilakukan di akhir pekan tanpa perlu liburan ke luar kota. Selain bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan buah hati di hotel yang nyaman, orang tua juga bisa menyegarkan pikiran setelah rutinitas kerja.

Lebih menarik lagi, karena kamu bisa mendapatkan harga terbaik serta promo hotel yang menarik dengan lakukan pemesanan lewat aplikasi Traveloka! Dengan begitu, staycation bisa jadi solusi liburan singkat dan murah untuk bangun kedekatan antar anggota keluarga.

Bukan cuma hotel, untukmu yang ingin coba staycation di jenis akomodasi lainnya seperti apartemen Traveloka juga memungkinkanmu untuk bisa sewa apartemen secara online dengan penawaran harga terbaik!

6. Rayakan Hal-Hal Kecil Bersama Buah Hati

Tak hanya ulang tahun, jadikan pencapaian-pencapaian kecil yang dilakukan buah hati sebagai sesuatu untuk dirayakan. Misalkan ketika naik kelas atau seusai menyelesaikan ujian, buatlah perayaan kecil.

Tak perlu meriah, hal sesederhana makan keluarga bersama, memberikan hadiah, atau bahkan mengajak anak untuk staycation di hotel favoritnya bisa jadi cara mudah dan murah merayakan pencapaian kecil anak.

Selain dapat membangun bonding dengan anak, hal ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri anak yang akan sangat berguna untuknya di kemudian hari.

7. Bermain Bersama

Sudah menjadi naluri alamiah anak untuk bermain. Selama proporsinya masih seimbang, bermain bisa menjadi media belajar yang tak kalah baik untuk anak.

Keterlibatan orang tua dalam hal-hal yang menyenangkan anak tentu sangat baik untuk membangun kedekatan orang tua ke anak. Jadi, selalu sediakan sedikit waktu untuk bisa bermain dengan anak.

Tenyata meningkatkan bonding dengan anak tetap bisa dilakukan ditengah kesibukan bukan? Meskipun sederhana, rutinitas kecil di atas tak hanya bisa meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak, tetapi juga membantu tumbuh kembang anak, lho! Jadi, tak ada alasan lagi bukan untuk bangun kedekatan dengan si kecil sedini mungkin? (Ads)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho