Tutup Iklan

7 Tentara Pembunuh 10 Warga Rohingya Dibebaskan

Pemerintah Myanmar membebaskan tujuh tentara yang dipenjara atas tuduhan membunuh 10 warga etnis Rohingya. Pembunuhan tersebut terjadi saat kerusuhan antara warga etnis Rohingya bentrok dengan militer Myanmar di Desa Inn Din, Rakhine, 2017 lalu.

7 Tentara Pembunuh 10 Warga Rohingya Dibebaskan

SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya di Cox\'s Bazaar, Bangladesh. (Reuters-Mohammad Ponir Hossain0

Solopos.com, YANGONPemerintah Myanmar membebaskan tujuh tentara yang dipenjara atas tuduhan membunuh 10 warga etnis Rohingya. Pembunuhan tersebut terjadi saat kerusuhan antara warga etnis Rohingya bentrok dengan militer Myanmar di Desa Inn Din, Rakhine, 2017 lalu.

Dikutip dari Reuters, Senin (27/5/2019), ketujuh tentara itu dibebaskan pada November 2018. Dengan demikian, tujuh orang tersebut hanya dibui kurang dari setahun dari hukuman maksimal 10 tahun. Ketujuh tentara tersebut bahkan menjalani masa hukuman yang lebih sedikit dari dua wartawan Reuters, Wa lone dan Kyaw Soe Oo, yang melakukan reportase atas pembunuhan warga Rohingya di Rakhine. Kedua wartawan itu dibebaskan lewat amnesti presiden pada 6 Mei 2019.

Kepala sipir penjara Sittwe di Naypitaw dan seorang pejabat senior Myanmar membenarkan pembebasan ketujuh tentara itu. “Hukuman mereka dikurangi oleh militer,” demikian keterangan pejabat senior yang dirahasiakan identitasnya seperti dikutip dari Asia One.

Ketujuh tentara Myanmar itu dihukum akibat operasi militer yang dilakukan di negara bagian Rakhine pada 2017. Operasi militer itu membuat sekitar 730.000 warga Rohingya melarikan diri dan berlindung ke Bangladesh. Tim investigasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, tindak kekerasan itu dilakukan sebagai upaya genosida atau pembersihan etnis.

Berita Terkait

Berita Terkini

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.