7 Tanaman Herbal Ini Dipercaya Mampu Halau Stres dan Cemas

Di antara sekian banyak tanaman, terdapat tanaman herbal yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, terkadag kita bingung tentang manfaat dan khasiatnya masing-masing.

 Ginseng korea salah satu tanaman herbal yang bisa mengusir stres(Veryweallhealth)

SOLOPOS.COM - Ginseng korea salah satu tanaman herbal yang bisa mengusir stres(Veryweallhealth)

Solopos.com, SOLO– Di antara sekian banyak tanaman, terdapat tanaman herbal yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, saking banyaknya tanaman herbal yang tersebar di alam sekitar terkadag membuat Anda bingung tentang manfaat dan khasiatnya masing-masing.

Padahal beberapa di antaranya disebut bisa mengatasi stres, cemas, dan komplikasi lainnya.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Seiring bertambahnya usia dan beragamnya masalah, tak sedikit orang mengalami tekanan, cemas, atau stres.

Seperti beban pekerjaan, keuangan, kesehatan, masalah sosial, dan masih banyak lagi. Namun banyak cara pula untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengonsumsi tanaman herbal.

Nah berikut sejumlah tanaman herbal yang disebut bisa meredakan gejala-gejala tersebut seperti melansir dari dari Boldsky, belum lama ini:

Ginseng korea

Termasuk ke dalam jenis tumbuhan adaptogen, gingseng korea memiliki kekuatan untuk menghilangkan stres. Khasiatnya dapat meningkatkan suasana hati, fungsi kekebalan tubuh, serta mendukung kesehatan seksual.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Ginseng Research, tanaman ini dapat mengatur respons imun, perubahan hormon karena stres, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, serta depresi akibat stres.

Namun perlu diperhatikan, ginseng korea ternyata dapat berinteraksi dengan obat medis terutama obat penyakit jantung dan obat tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan pada dokter terkait pengonsumsian gingseng korea yang dibarengi dengan obat-obatan yang Anda minum.

Suruh Diam Di Rumah, Jumlah Ibu Hamil Di Sukoharjo Diprediksi Melonjak Bulan Juni

Jahe

Jahe (Freepik)
Jahe (Freepik)

Sama seperti gingseng, jahe juga dapat mengobati stres karena diperkaya dengan sumber antioksidan. Penelitian dalam jurnal ilmiah Biomolecular and Clinical Aspects, menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif. Stres ini terjadi karena banyaknya radikal bebas yang menupuk di dalam tubuh.

Karena hal itu, ketika Anda mengonsumsi jahe dengan tingkat antioksidan yang tinggi, ini menjadi cara efektif untuk menghilangkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Chamomile

Chamomile (Unsplash)
Chamomile (Unsplash)

Tumbuhan yang berasal dari benua eropa ini memiliki zat anti-inflamasi yang bersifat menenangkan dan dapat membantu mengatasi sakit perut. Tak hanya itu, chamomile juga bermanfaat meringankan efek samping dari stres, seperti sindrom iritasi usus, diare, pergerakan usus yang tidak beraturan, serta masalah tidur.

Hal tersebut diperkuat dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Phytomedicine, yang menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi 1500mg chamomile setiap harinya menunjukkan penurunan tingkat stres dan kecemasan secara signifikan. Namun karena chamomile memiliki efek yang menenangkan dan menyebabkan kantuk, maka tidak disarankan mengonsumsi chamomile saat akan pergi bekerja, mengemudi, atau ujian.

Prediksi Akhir Pandemi Covid-19 Indonesia Mundur, Dari Juni Ke Oktober

Lavender

Lavender (Unsplash)
Lavender (Unsplash)

Bunga yang dipercaya ampuh mengusir nyamuk ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi stres. Melansir dari Healthline, lavender memiliki efek sedatif halus yang berpengaruh pada sistem saraf pusat dan membantu mengurangi kecemasan serta depresi.

Karena kemampuannya dalam mengatasi stres, bunga lavender banyak digunakan sebagai bahan utama anti-depresan dengan campuran bahan herbal lainnya. Jadi ketika Anda mengalami stres namun tidak menemukan bunga lavender yang masih segar, Anda dapat mengonsumsi pil yang mengandung bunga lavender.

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba (Freepik)
Ginkgo biloba (Freepik)

Tumbuhan yang juga disebut sebagai pohon rambut gadis ini berasal dari Tiongkok. Ekstra daun ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenoid yang mampu meredakan kecemasan dan stres.

Cara kerja tumbuhan ini ialah menangkal efek produksi hormon stres yang tidak terkendali, seperti adrenalin dan kartisol. Selain itu, ginko biloba juga dapat mengatasi gangguan eksternal secara alami seperti depresi musiman, Gangguan Kecemasan Umum (GAD), fobia sosial, serta serangan panik.

Seluk Beluk Budi Daya dan 5 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Catnip

Catnip (Thespruce)
Catnip (Thespruce)

Catnip atau yang dikenal dengan nama kumis kucing ini merupakan agen penenang alami untuk kucing. Namun, catnip juga dipercaya memiliki sifat penenang yang dapat membantu proses relaksasi pada manusia.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh US Enviromental & Protection Agency, mereka menemukan bahwa teh catnip bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres, seperti kecemasan dan insomnia.

Passion flower

Passion flower (Peoplespharmacy)
Passion flower (Peoplespharmacy)

Bunga berwarna ungu ini terbukti mampu meningkatkan kadar neurotransmitter gamma-aminobutyric acid yang bekerja di dalam otak Anda. Tak hanya itu, passion flower juga dapat mengurangi kecemasan, stress, dan meningkatkan ketenangan.

Menurut studi dalam Journal of Clinical Pharmacy Therapeutics, pengujian dilakukan pada individu yang menderita kecemasan.

Mereka diberi ekstrak passion flower selama satu bulan, lalu individu tersebut melaporkan penurunan perasaan cemas dan stres serta peningkatan kualitas tidur. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan passion flower kering untuk membuat teh atau bisa juga ekstrak lain dalam bentuk cair, kapsul, atau tablet.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk Dibandingkan Orang Lain

      Lantas apa penyebab ada beberapa orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain?

      Arti Mimpi Gigi Patah, Pertanda bakal Kehilangan Seseorang?

      Arti mimpi gigi patah sering dikaitkan sebagai pertanda bakal kehilangan orang yang kita sayangi, benarkah?

      Berapa Ukuran Normal Mr P saat Ereksi? Simak Penjelasannya

      Daripada merisaukan berapa ukuran normal Mr P saat ereksi, kaum pria sebaiknya fokus menjaga kesehatan organ reproduksi mereka itu.

      Beda Kecap Asin dan Kecap Ikan untuk Makanan, Jangan Tertukar ya!

      Agar tidak salah, ketahui beda kecap asin dan kecap ikan.

      Viral Penumpang Bus Ambil Tas Pengemudi, Warganet Riuh Bahas Motif

      Warganet riuh membahas motif penumpang ambil tas pengemudi bus TransJogja.

      Siapa Pendiri Pramuka Indonesia? Ini Penjelasannya

      Untuk mengetahui siapa pendiri Pramuka, ketahui terlebih dulu sejarahnya.

      Hukum Potong Rambut saat Haid Menurut Islam

      Bagaimana hukum potong rambut saat haid?

      Apa itu Kelapa Genjah yang Ditanam Presiden Jokowi di Sukoharjo?

      Dikenal memberi manfaat ekonomi, apa itu kelapa genjah?

      Siapa Seali Syah di Kasus Ferdy Sambo?

      Jadi sorotan warganet, siapa Seali Syah di kasus Ferdy Sambo?

      Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      Observatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, yang berkatnya pengamatan langit dari bumi dapat mendukung pengembangan astrofisika dalam topik bintang, namun kini terancam polusi cahaya.

      Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

      Jelang peringatan Hari Pramuka pada 14 Agustus 2022 mendatang, ketahui sejarahnya.

      Arti Mimpi Melihat Kucing Hitam, Pertanda Kesialan bakal Menghampiri?

      Arti mimpi kucing hitam sejak zaman kuno dikaitkan dengan sesuatu yang buruk.

      Ucapan Selamat Hari Pramuka, Cocok untuk Perayaan 14 Agustus 2022

      Berikut ini sejumlah ucapan selamat Hari Pramuka yang bisa kamu berikan kepada teman-teman atau kakak pembina.

      Kenali Ciri-Ciri Gigi Gingsul pada Anak Sebelum Terlambat

      Jika orang tua kenali ciri-ciri gigi gingsul pada anak, maka kasus ini dapat dicegah di usia dini.

      Kenali Dampak Negatif Punya Gigi Gingsul Seperti Chelsea Olivia

      Sebelum memutuskan mempertahankan atau menghilangkan, kenali dulu dampak gigi gingsul seperti dimiliki Chelsea Olivia.