SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Anda berencana piknik ke Kota Solo, Jawa Tengah dan turun di Stasiun Solo Balapan? Jangan khawatir, ada sejumlah wisata dekat stasiun yang sayang untuk dilewatkan.

Kota Solo memiliki banyak tempat wisata yang ramah anak, edukatif, menyimpan cerita bersejarah, Instagramable, dan layak dikunjungi untuk sekadar melepas penat dan menyegarkan pikiran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan, ada yang buka selama 24 jam. Anda bisa membuktikannya.

Di dekat Stasiun Solo Balapan terdapat sejumlah tempat wisata yang dapat Anda kunjungi dengan berjalan kaki, mengendarai motor atau ojek online maupun konvensional, mengendarai mobil, maupun menumpang transportasi umum.

Terkait jam buka dan tutup maupun harga tiket di masing-masing tempat wisata itu bisa saja berubah. Solopos.com menghimpun data dari berbagai sumber, salah satunya aplikasi Google Maps.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Sate Kambing Enak di Solo, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Berikut Solopos.com merekomendasikan 7 tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan:

1. Monumen 45 Banjarsari

wisata dekat stasiun solo balapan
Suasana taman setelah selesai proses renovasi di Monumen 45 Banjarsari, Solo, Kamis (25/2/2016). Warga menyayangkan tidak adanya fasilitas toilet umum serta air mancur di monumen tersebut yang jarang dihidupkan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Salah satu ikon publik Kota Solo di Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, yakni Taman Monumen 45 Banjarsari. Kini tampak cantik, rapi, dan bersih dengan penataan taman.

Lokasinya dekat dengan Stasiun Solo Balapan. Anda dapat berjalan kaki selama 8 menit atau sejuah 850 meter. Apabila mengendarai motor dapat ditempuh selama 2 menit. Taman Monumen 45 Banjarsari buka 24 jam.

Taman dilengkapi air mancur, jalur pedestrian, dan penghijauan hutan kota. Taman yang juga dikenal dengan Monjari ini dibagi empat segmen, yakni arena olahraga, taman bermain, tempat kebugaran, dan hutan kota.

Tetapi ingat, Anda harus ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan jangan mencorat-coret ruang publik.

Selain dekat Stasiun Solo Balapan, Monumen 45 Banjarsari ini juga dekat Pasar Legi atau sekitar 400 meter. Anda bisa berjalan kaki selama 5 menit ke Pasar Legi untuk sekadar berbelanja sayuran segar maupun kebutuhan lain.

Baca Juga : Wajib Dikunjungi, Ini 6 Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh di Solo

2. Tirtonadi Park atau Taman Tirtonadi

wisata dekat stasiun solo balapan
Suasana senja yang cantik terlihat dari Taman Bendung Karet Tirtonadi Solo, Rabu (6/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Berikutnya, wisata dekat Stasiun Solo Balapan adalah spot foto yang kece. Spot foto itu berada di Bendung Tirtonadi. Lokasinya di utara Terminal Tirtonadi atau Jl. A. Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Jarak dari Stasiun Solo Balapan ke ke Tirtonadi Park adalah 1 kilometer. Anda dapat mengendarai motor selama 7 menit untuk sampai Tirtonadi Park. Tirtonadi Park buka selama 24 jam.

Di sini, terdapat beberapa spot yang bisa Anda gunakan untuk memotret keindahan Kota Solo. Pertama, ada Tirtonadi Frame yang lokasinya berada di utara Bendung Tirtonadi.

“Bingkai Tirtonadi Solo. Ada yang baru di kawasan Bendung Karet Taman Tirtonadi Solo. Sebuah instalasi persegi berbentuk bingkai foto (frame) terpasang di sudut utara Jembatan Keris Tilamsari,” tulis pengelola akun Instagram @agendasolo dan @skycrapercitysolo.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Sate Kambing di Solo, Ada yang Jadi Langganan Presiden Lo

Selain itu, juga dibangun taman cantik yang bisa digunakan sebagai lokasi foto. Di bagian selatan atau lebih dekat dengan Terminal Tirtonadi terdapat kursi-kursi cantik dengan pemandangan Bendung Tirtonadi.

Anda bisa berswafoto bersama teman-teman, keluarga, pasangan, ataupun sanak saudara. Selain berfoto, Anda juga bisa menongkrong sembari menikmati udara segar dari Kota Bengawan.

3. Pura Mangkunegaran

harta karun pura mangkunegaran solo aset wisata ramah anak solo, wisata dekat stasiun solo balapan
Istana Pura Mangkunegaran. (Puromangkunegaran.com)

Pura Mangkunegaran berada di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Jarak dari Stasiun Solo Balapan ke Pura Mangkunegaran ini 1,9 kilometer (km).

Anda dapat menempuh perjalanan selama 5 menit dengan mengendarai motor maupun mobil. Pura Mangkunegaran buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Pura Mangkunegaran ini istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan tempat kediaman para Adipati Mangkunegaran. Saat ini Pura Mangkunegaran dipimpin Mangkunagoro X, K. G. P. A. A Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Baca Juga : Turun dari Bus, Lapar? Ini 8 Kuliner Dekat Terminal Tirtonadi Solo

Dilansir dari laman wikipedia.org, istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunagoro I dengan mengikuti model keraton, yakni pamedan, pendapa, pringgitan, dalem, dan keputren.

Anda dapat menikmati kunjungan wisata sejarah ke sejumlah bangunan di Pura Mangkunegaran.

4. Monumen Pers Nasional

wisata dekat stasiun solo balapan
Monumen Pers Nasional Solo. (Istimewa/mpn.kominfo.go)

Wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang berikutnya adalah Monumen Pers Nasional di Jl. Gajahmada No.59, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Jarak dari Stasiun Solo Balapan 950 meter dan dapat ditempuh dengan sepeda motor selama 3 menit atau mengendarai mobil selama 4 menit. Anda juga bisa berjalanan kaki selama 12 menit.

Monumen Pers Nasional buka pada Senin-Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Monumen Pers menyimpan sejumlah koleksi di bidang teknologi komunikasi dan teknologi reportase, seperti mesin ketik, pemancar, telepon, kentongan besar, dan lain-lain.

Wisata dekat Stasiun Solo Balapan ini juga memiliki perpustakaan, terkadang sebagai lokasi pameran, dan menyimpan koleksi lebih dari satu juta surat kabar.

Baca Juga : 8 Kuliner Dekat Stasiun Solo Balapan, Enggak Jauh Kok Jalan Kaki Saja

5. Loji Gandrung

Kondisi citywalk, Loji Gandrung, Solo, setelah ditata. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos), wisata dekat stasiun solo balapan
Kondisi citywalk, Loji Gandrung, Solo, setelah ditata. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Kemudian ada Loji Gandrung di Jl. Slamet Riyadi, Penumping, Kecamatan Laweyan sebagai wisata dekat Stasiun Solo Balapan. Lokasinya berjarak 4,6 km dari Stasiun Solo Balapan.

Anda dapat menggunakan motor dan menempuh perjalanan selama 10 menit dari Stasiun Solo Balapan ke Loji Gandrung. Jam operasional Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.



Loji Gandrung difungsikan sebagai rumah dinas Wali Kota Solo saat ini. Anda bisa berfoto bersama keluarga, teman, sahabat, maupun kekasih di halaman Loji Gandrung dan trotoar depan rumah dinas Wali Kota Solo ini.

Rumah bergaya khas kolonial ini dahulunya merupakan rumah tinggal Johannes Augustinus Dezentje.

Baca Juga : Nikmatnya Kopi Khas Solo di Pasar Gede, Cuma Rp5.000 Lur

6. Pasar Malam Ngarsopuro

wisata dekat stasiun solo balapan
Salah satu produk kreatif berupa tas kanvas lukis dijajakan di Night Market Ngarsopuro, Solo, Sabtu (14/11/2015) malam. Pasar malam yang dibuka pada 2009 ini mulai ditata kembali sejak Oktober lantaran semrawut. (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Lokasi wisata berikut ini bisa disebut dekat Stasiun Solo Balapan. Pasar Malam Ngarsopuro hanya berjarak 1,9 kilometer dari Stasiun Solo Balapan. Anda bisa mengendarai motor dan menempuh perjalanan selama 5 menit.

Lokasinya di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari atau dekat dengan Pura Mangkunegaran. Pasar Malam Ngarsopuro buka setiap Sabtu saja mulai pukul 18.00 WIB hingga 22.45 WIB.

Kawasan ini juga dikenal dengan koridor Ngarsopuro. Ada aneka kuliner, produk fesyen, pernak-pernik, dan oleh-oleh khas Solo yang dijajakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pasar Malam Ngarsopuro.

Selain Pura Mangkunegaran dan Pasar Malam Ngarsopuro, masih ada lokasi lain yang layak Anda kunjungi di kawasan Ngarsopuro, yakni Pasar Triwindu. Anda bisa berburu benda-benda antik di tempat itu.

Baca Juga : Murah! Segini Harga Teh Oplosan, Oleh-Oleh Favorit di Pasar Gede Solo

Ada sejumlah kuliner yang bisa Anda nikmati di kawasan ini. Ada Omah Sinten Heritage Hotel & Resto, Tiga Tjeret Cafe, Soto Triwindu, Gudeg Bu Yati, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Sekutu Kopi, hingga McDonald’s Slamet Riyadi.



7. Tumurun Private Museum

museum tumurun, wisata dekat stasiun solo balapan
Koleksi mahakarya di Tumurun Private Museum Solo. (Istimewa/Dok)

Satu lagi, wisata dekat Stasiun Solo Balapan adalah Tumurun Private Museum. Lokasinya di Jl. Kebangkitan Nasional No.2 RW 004 Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Solo.

Anda cukup menempuh perjalanan selama 6 menit atau 1,7 kilometer dari Stasiun Solo Balapan ke Tumurun Private Museum.

Dilansir dari wikipedia, Tumurun Private Museum buka setiap Selasa-Minggu pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tetapi, Anda disarankan untuk menghubungi pihak pengelola Tumurun Private Museum satu minggu sebelum kunjungan.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Solo Ini Ternyata Warisan Tionghoa

Sebagian besar karya seni yang dipamerkan di museum ini merupakan koleksi pribadi keluarga Lukminto. Dia adalah salah satu pengusaha tekstil di Kota Solo dan pendiri PT Sri Rejeki Isman (Sritex).

Tumurun Private Museum menyimpan 150 koleksi karya seni berupa lukisan, instalasi seni hingga mobil antik.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya