Kategori: Bola

7 Regulasi Ini Bikin Pertandingan Piala Menpora Lebih Ketat


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA—Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta klub untuk terus mengingatkan para suporternya agar tidak datang ke stadion ketika turnamen pramusim Piala Menpora 2021 bergulir. Selain itu regulasi yang ketat diharapkan membuat pelaksanakan pertandingan berjalan lebih tertib.

“Saya titip ke beliau-beliau para manajer, tentunya juga titipkan kepada para suporter untuk bisa menaati aturan yang telah disampaikan oleh pemerintah,” kata Iriawan seusai pengundian grup Piala Menpora di Jakarta, Senin, seperti dilansir Antaranews, Selasa (9/3/2021) .

“Tidak usah nonton di stadion, tidak usah nobar, tidak usah bergerombol,” kata dia menambahkan.

Baca Juga : Menpora Kembali Soroti Prokes Pramusim

Kedatangan suporter ke stadion menjadi salah satu hal yang dilarang selama Piala Menpora bergulir. Selain itu, PSSI dan PT LIB juga melarang adanya kegiatan nonton bersama atau nobar serta berkerumun di area sekitar stadion.

Oleh karena itu, klub-klub peserta Piala Menpora diminta untuk terus melakukan sosialisasi ajakan nonton di rumah. Jika aturan tersebut dilanggar akan berdampak pada nasib kompetisi sepak bola Indonesia yang sudah susah payah diperjuangkan agar bisa kembali bergulir.

“Jadi mudah-mudahan ini awal bagus bagi sepak bola Indonesia, di mana kita sudah diizinkan oleh pemerintah dan Polri. Piala Menpora yang berikutnya ini menjadi penilaian untuk kompetisi akan bergulir kembali,” ujar Iriawan.

Baca Juga : Mundur Dari Piala Menpora, Persipura Kecewa Panitia Pelaksana

 

Regulasi Piala Menpora 2021

-Turnamen diikuti 17 klub dan dibagi menjadi empat grup dengan sistem setengah kompetisi (single round robin).

-Dua tim terbaik setiap grup masuk babak selanjutnya.

-Tuan rumah tidak bermain di homebase.

-Empat tim khusus tidak masuk dalam satu grup dengan alasan keamanan. Arema bermain di Solo, Persib di Sleman, Persija di Malang, Persebaya di Bandung.

-Setiap klub bisa mendaftarkan 30 pemain dan 8 official dan 10 cadangan yang diperbolehkan duduk di bench.

-Jumlah maksimal kehadiran orang yang terlibat dalam pertandingan di stadion sebanyak 229 orang.

-Pertandingan berlangsung 2 x 45 menit dan disetiap pertandingan dilakukan cooling break di menit 30 dan menit 75 dengan durasi 3 menit.

 

Sumber: Diolah dari berbagai sumber (cha)

Share
Dipublikasikan oleh
Alvari Kunto Prabowo