SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor matic. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat harga BBM naik, motor matic paling irit bisa jadi  pilihan tepat untuk menghemat pengeluaran. Terlebih sepeda motor roda dua saat ini sudah menjadi salah satu pilihan untuk menunjang aktivitas harian. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Motor matic memang jadi kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Selain lebih mudah untuk dikendarai, motor matic juga dikenal lebih hemat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, di antara banyaknya motor matic yang dikenal irit, setidaknya ada 7 motor matic paling irit yang bisa kamu jadikan sebagai daily riding. Berikut ini ulasannya dikutip dari  IBID member of Astra pada Kamis (2/2/2023) :

1. All New Honda BeAT

Lahir sejak tahun 2008, Honda BeAT memang jadi pelopor motor matic berkapasitas kecil yang menjadikannya sebagai motor sejuta umat pada saat itu.  Pada bulan Januari 2022 lalu, Astra-Honda Motor sebagai pabrikan motor matic ini meluncurkan seri terbaru dari Honda BeAT dengan pilihan mesin baru yaitu eSP 4 langkah berkapasitas 110 cc.

Melalui pengujian yang dilakukan dengan metode ECE R40 dengan Idling Stop System aktif, All new Honda BeAT bisa mengkonsumsi BBM hingga 60,6 Km/liter.  Namun di lapangan, dengan rute kombinasi perkotaan dengan kecepatan konstan dan Idling Stop System aktif, hasil konsumsi BBM menunjukkan angka yang berbeda-beda.  All New Honda BeAT bisa menghabiskan sekitar 62 Km/liter dan paling boros mencapai angka 56 Km/liter.

2. Honda Vario 125

Honda Vario 125 merupakan salah satu motor matic paling irit BBM. Bentuknya yang compact memang membuat motor satu ini cukup diminati oleh banyak orang. Berbekal kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc 1 silinder, All new Honda Vario juga dikenal sebagai motor matic paling irit.

Melalui pengetesan lab dengan ECE R40 dengan sistem Idle Stop System menyala dan pengisian full to full, motor dengan tenaga 11,1 PS pada 8.500 rpm ini mampu menghabiskan bahan bakar pada angka 50,2 Km/liter atau jika ditarik garis lurus, jarak tersebut seperti dari Jakarta ke Cibinong.

Namun pengetesan tersebut tidaklah mutlak. Pada rute sebenarnya dan kecepatan konstan, hasil yang didapat bisa berada di bawah atau di atas hasil pengetesan tadi tergantung bagaimana cara kamu memperlakukan motor matic tersebut.

3. Yamaha Fino 125 Blue Core

Dengan embel-embel blue core-nya dengan mesin berkapasitas 125 cc, Yamaha Fino hadir sebagai salah satu motor matic skutik yang paling irit untuk seukuran merek dengan tiga garputala ini.  Memiliki torsi 9,6 nm dalam rentang 5.500 rpm, motor skutik bergaya retro-modern ini mampu melaju membawa bahan bakar hingga 47,6 km/liter.

Dari segi keamanan, motor ini juga sudah dilengkapi dengan LED headlight, Advance Key System, hingga ban tubeless tapak lebar yang membuat berkendara jadi lebih nyaman.

4. All New Vario 160

Semenjak perilisannya, motor dengan bobot maksimal 115 kg ini menjadi motor yang cukup laris di pasaran. Bukan hanya “kegantengan”-nya, motor dengan mesin PGM-Fi berkapasitas 156,9 cc ini juga dikenal irit.

All New Vario 160 mampu melibas jalanan dengan menghabiskan bahan bakar hingga 48,6 km/liter. Angka yang cukup irit untuk motor skutik bongsor satu ini.  Bukan hanya itu, motor skutik keluaran Astra-Honda Motor ini juga memiliki port charger USB, Smart Key System, dan bagasi yang luas hingga 18 liter.

5. Honda Genio

Seperti kakak-adik, Genio dan Scoopy memiliki bahasa desain yang sama, bahkan mirip. Dimana keduanya sama-sama mengusung konsep skutik dengan sentuhan retro-modern.  Namun bagaimana dengan daya konsumsi bahan bakarnya? Di atas kertas, Honda Genio menghabiskan 60 km/liter atau lebih tepatnya 59,1 km/liter.

Selain irit, Honda Genio juga dilengkapi dengan LED headlamp, USB Power Charger, smart lock key system, dan juga panel meter digital dengan eco indicator.

6. All New Honda Scoopy

Honda Scoopy masuk daftar motor matic paling irit di tahun 2022. Dikenal sebagai motor skutik berkonsep retro, Scoopy memang memiliki kesan yang manis namun juga compact.  Berbekal mesin baru, All New Honda Scoopy mampu menahan daya hingga 9,4 Nm pada rentang 6.000 rpm dan mampu menahan bahan bakar hingga 59 km/liter.

Selain dikenal irit, Honda Scoopy juga memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar yaitu 15 liter, ban 12 inchi, dan LED projector headlamp.

7. Yamaha Fazzio Hybrid

Terakhir, ada Yamaha Fazzio Hybrid. Mengusung nama Hybrid di belakang, Fazzio diklaim sebagai motor skutik keluaran Yamaha paling irit yang mampu menghabiskan bahan bakar hingga 51 km/liter.  Memiliki kapasitas mesin 125 cc, Fazzio memiliki torsi 10 Nm pada rentang putaran 4.500 rpm. Ditambah, motor keluaran terbaru ini juga memiliki beberapa fitur menarik mulai dari smart key, smart motor generator, hingga Y-Connect.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya