7 Orang Satu Keluarga di Wonosari Klaten Terpapar Covid-19

 Temuan kasus Covid-19 dalam satu keluarga itu bermula ketika salah satu kerabat berniat pulang ke Mandalika, NTB.

 Ilustrasi Covid-19. (Dok. Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Dok. Bisnis)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak tujuh warga di Kecamatan Wonosari, Klaten, terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka masih satu keluarga dan kini menjalani isolasi mandiri di satu rumah.

Camat Wonosari, M. Nur Rosyid, menjelaskan ketujuh warga itu kini menjalani isolasi mandiri di satu rumah di Desa Teloyo. Temuan kasus Covid-19 dalam satu keluarga itu bermula ketika salah satu kerabat berniat pulang ke Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Saat menjalani tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan menggunakan transportasi udara, dia dinyatakan positif Covid-19 hingga diharuskan menjalani isolasi.

Baca Juga: Siswa Positif Covid-19, PTM di 2 SMPN di Klaten Disetop

“Awalnya dia kan datang dari Mandalika dan negatif Covid-19 karena sudah melewati serangkaian tes untuk syarat perjalanan ke sini. Saat mau balik pada hari Minggu [23/1/2022], dia menjalani tes Covid-19 untuk syarat naik pesawat. Setelah diperiksa ternyata positif, akhirnya menjalani isolasi,” kata Nur Rosyid saat ditemui di Pemkab Klaten, Kamis (27/1/2022).

Satgas lantas bergerak cepat melakukan pelacakan kontak erat terhadap anggota keluarga lainnya. Hasilnya, enam orang anggota keluarga lainnya yang masih satu keluarga dinyatakan positif Covid-19, Rabu (26/1/2022) sore.

“Langsung satu keluarga itu diisolasi di rumah. Kebetulan rumahnya besar dan layak untuk isolasi. Selain itu, salah satu dari tujuh orang dalam satu keluarga itu juga ada yang berprofesi sebagai dokter. Akhirnya diputuskan menjalani isolasi di rumah,” kata Nur Rosyid.

Baca Juga: Covid-19 di Klaten Kembali Meningkat, Operasi Yustisi Digencarkan Lagi

Nur Rosyid menjelaskan kasus Covid-19 kembali meningkat di Wonosari setelah sekitar sebulan tak ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia menjelaskan penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap diberlakukan.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta agar penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan kembali digencarkan. Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan maupun desa diminta memantau kondisi para pendatang.

“Saya tekankan untuk camat, kepala desa, maupun Satgas kecamatan untuk benar-benar protokol di wilayah diperketat, Jogo Tonggo diperkuat. Pendatang dari luar daerah yang masuk harus bawa hasil tes Covid-19 dan negatif. Dan tentu kalau saudara atau tenggal pualng dari rantau serta tidak ada kejelasan sudah divaksinasi atau belum serta tidak bawa hasil tes Covid-19 yang menunjukkan negatif, lebih baik diminta untuk isolasi mandiri di rumah saja,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Keluarga Remaja Wonogiri yang Hilang Adukan Guru Silat ke Polisi

Keluarga perempuan asal Kabupaten Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun, MD, 17, mengajukan laporan pengaduan (Lapdu) ke polisi.

Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo mengadakan pertemuan selama dua jam di salah satu hotel di Kota Bengawan.

Serunya CFS Wonogiri, Pengunjung hingga Bakul Tengkleng Semuanya Girang

Car free sunday (CFS) di Kota Wonogiri akhirnya digelar, Minggu (26/6/2022).

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.

Geronjal! Jalan di Palang Sepur Dagen Berbatu & Sempit

Kondisi palang sepur di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, terus menjadi keluhan warga.