SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN: Panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menemukan tujuh nomor PIN peserta ujian tulis yang sama. Dobel nomor ditengarai karena sistem komputerisasi yang bermasalah.

Ketua Panitia SNMPTN lokal Universitas Gadjah Mada (UGM), Budi Prasetyo mengatakan, nomor PIN ganda ditemukan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak empat nomor, dua nomor di UGM dan satu nomor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Dia mencontohkan satu nomor PIN digunakan dua orang. Meski terjadi kasus PIN ganda, namun seluruh peserta dipastikan tetap mengikuti ujian hingga hari kedua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah siapkan perangkat untuk mengatasi masalah itu. Hak peserta ikut ujian tidak akan dikurangi,” ujar dia saat memantau pelaksanaan SNMPTN hari pertama di kampus setempat, Selasa (31/5).

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun, peserta menggunakan nomor PIN sepanjang 16 karakter pascaregistrasi pendafataran via online. Nomor PIN berfungsi untuk login data peserta. Sesuai dengan website resmi SNMPTN nasional, nomor identitas dan PIN bersifat sangat rahasia. Nomor PIN hanya dapat digunakan untuk mendaftar secara online satu kali dan mendapat nomor kartu peserta. Kejadian PIN ganda berdampak pada data identitas peserta yang sama. (Harian Jogja/Shinta Maharani)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya