SOLOPOS.COM - Kacang mete bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi berlebihan. (Istimewa)

Fakta kesehatan kali ini akan menjelaskan makanan yang memiliki kandungan racun.

Solopos.com, SOLO – Makanan-makanan sehari-hari memiliki fakta tersembunyi yang belum banyak diketahui banyak orang. Fakta kesehatan kali ini akan menjelaskan makanan-makana yang ternyata mengandung racun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siapa sangka makanan yang kita makan sehari-hari memiliki kandungan racun berbahaya bagi tubuh. Meski begitu, bukan berarti orang yang mengonsumsi makanan ini akan ada dalam kondisi yang berbahaya. Hanya saja mengonsumsi secara berlebihan dapat membuat efek racun yang terkandung di dalamnya bisa membahayakan bagi tubuh.

Dihimpun dari Boldsky, Rabu (7/9/2016), berikut ini tujuh jenis makanan yang mempunyai kandungan racun berbahaya bagi manusia:

Ekspedisi Mudik 2024

Kacang Mete

Kacang mete adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang lumrah dikonsumsi khalayak. Kacang jenis ini ternyata mengandung racun bernama urushiol.

Bagi orang yang alergi dengan urushiol bisa mengalami iritasi kulit hanya jika terjadi kontak langsung. Urushiol dalam jumlah yang besar juga bisa menyebabkan kematian. Hati-hati saat mengonsumsi kacang mete mentah.

Madu

Madu yang belum terpasteurisasi disebut-sebut mengandung racun bernama grayanotoxin. Racun tersebut dapat menyebabkan mual, pusing, keringat dingin, hingga kecapaian. Dosis besar dari grayanotoxin bisa menyebabkan kematian.

Almond Pahit

Almond pahit mengandung hidrogen sianida dan sangat berbahaya bagi manusia. Dalam satu biji saja terdapat 4-9 mg hidrogen sianida. Untuk makanan yang satu ini diperlukan penanganan khusus untuk bisa dikonsumsi secara aman.

Minuman Berkarbonansi

Selain memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Minuman berkarbonansi disebut memiliki kandungan yang bersifat racun. Unsur racun itu dianggap mampu menaikkan resiko kanker sebesar 55%.

Apel

Buah apel sangat jamak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Buahnya memang baik dan bergizi bagi kesehatan. Akan tetapi biji apel ternyata mengandung asam yang bersifat racun. Unsur asam yang terdapat di biji apel bisa memberi efek negatif bagi jantung manusia.

Keripik Kemasan

Beberapa keripik kemasan mengandung acryclamide yang bersifat karsinogenik. Kandungan acryclamide yang besar bisa berakibat negatif bagi tubuh.

Pala

Pala memang memiliki fungsi anti bakteri dan dapat memicu perasaan tenang. Akan tetapi, mengonsumsi pala dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kejang-kejang, halusinasi, hingga kematian.

 (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya