SOLOPOS.COM - UPT Puskesmas Colomadu I Karanganyar. (Youtube)

Solopos.com, KARANGANYAR – Tujuh hasil uji PCR atau swab yang diambil dari delapan orang kontak erat pegawai Puskesmas Colomadu I yang terpapar Covid-19 sudah keluar pada Jumat (13/11/2020). Tujuh orang nakes tersebut dinyatakan negatif Covid-19 dan satu sampel lainnya masih menunggu hasil.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati, mengatakan hasil uji PCR tersebut baru diterima Jumat kemarin. Meskipun hasil uji PCR tujuh dari delapan kontak erat pegawai Puskesmas Colomadu I sudah keluar, menurutnya total kontak erat dari klaster tersebut sebanyak 30 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau untuk internal puskesmas itu total ada delapan orang. Tujuh hasilnya sudah keluar tapi satunya belum. Biasa memang tidak semua hasilnya bersamaan keluarnya. Kemungkinan yang satu belum keluar ini masih dalam proses atau antre karena banyak yang diuji sampelnya. Tapi total kontak erat itu ada 30 orang. Sisa dari delapan orang itu ada tetangga dan keluarga kontak erat,” jelas dia.

Heboh Buaya "Jadi-Jadian" Muncul di Makassar, Sepasang Wanita dan Pria Mengaku Keluarga Si Reptil 

Terkait pasien nakes Puskesmas Colomadu I yang kali pertama terpapar dari anggota keluarga menurutnya masih belum diuji PCR untuk menentukan kesembuhan.

Sementara itu, Kabid Yankes Dinkes Karanganyar, Dwi Rusharyanti, menambahkan tujuh orang pegawai puskesmas Colomadu I yang hasil uji PCR keluar saat ini sudah beraktivitas normal. Sedangkan satu orang lainnya masih mengikuti anjuran karantina mandiri lantaran hasil yang belum keluar.

“Kami di dinas tidak henti mengingatkan ke teman-teman puskesmas untuk menerapkan protokol kesehatan. Kami sudah workshop pencegahan dan pengendalian infeksi [PPI]. Pandemi ini PPI memegang peran penting. Kalau saat pelayanan PPI diterapkan, akan aman,” ujar dia.

Bupati Usul UMK Karanganyar 2021 Naik 3,27 Persen

Sebelumnya, delapan pegawai Colomadu I menjalani rapid test lantaran termasuk dalam kontak erat dari satu pegawai yang terpapar Covid-19. Meskipun ada kasus Covid-19, pelayanan puskesmas Colomadu I tetap berjalan normal lantaran delapan pegawai tersebut tidak terlibat langsung dalam pelayanan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya