SOLOPOS.COM - Sekumpulan pemuda pencinta alam yang berada di kawasan sekitar Rawa Pening, Dusun Sumurup, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. (Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com)

Setidaknya tujuh jurusan ini cocok untuk para pencinta alam.

Solopos.com, JAKARTA — Mengeksplorasi alam menjadi kegemaran banyak anak muda. Tak jarang, ketika SMA atau kuliah kegiatan yang berbau pencinta alam semakin diminati oleh para pelajar.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Kegiatan tersebut antara lain, mendaki gunung, menyelam atau diving, jelajah hutan, dan lain sebagainya. Bagi yang suka petualangan, ternyata terdapat beberapa jurusan kuliah yang mengaplikasikan kegiatan eksplorasi alam dalam pembelajarannya.

Berikut ini tujuh jurusan aneh di dunia yang cocok dipilih oleh para pencinta alam tersebut sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Okezone, Rabu (21/9/2016):

Ekspedisi Mudik 2024

1. Adventure Education

Sesuai dengan namanya, jurusan ini mengajarkan mengenai bagaimana memanfaatkan alam untuk dapat dieksplorasi oleh anak-anak dan dewasa, termasuk memikirkan risiko populasi di dalamnya.

Jurusan Adventure Education tersedia di Plymouth State University. Beberapa mata kuliah yang diambil mahasiswa jurusan adventure education, seperti dasar-dasar panjat tebing dan mendayung kano, serta ekspedisi alam liar.

2. Diving Business and Technology

Jurusan Diving Business and Technology terdapat di Florida Keys Community College. Beberapa hal yang dipelajari adalah mengenai manajemen bisnis penyelaman, penyelamatan darurat, dan fotografi bawah air. Adapun prospek karier di bidang ini, yakni bisnis penyelaman, peneliti bawah air, fotografer bawah air, dan lain sebagainya.

3. Nautical Archaeology

Bidang ini berhubungan dengan sejarah namun masih cocok dengan pencinta alam. Nautical archaeology mempelajari tentang sisa-sisa perahu, dan masa budaya terkait saat perahu tersebut diciptakan. Universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Texas A&M University. Menjadi mahasiswa jurusan ini mahasiswa berkesempatan untuk berlayar menggunakan kapal kayu, serta melakukan penelitian arkeologi bawah air.

4. Oceanography and Coastal Science

Fokus jurusan Oceanography and Coastal Science adalah pada proses ekologi dan oseanografi di sepanjang pesisir hingga laut dalam. Beberapa mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa jurusan ini, di antaranya pengantar ilmu kelautan, geologi dan fisika, pengantar gelombang dan pantai, hingga sikul badai dan topan. Jurusan oseanografi ini bisa diambil di Louisiana State University. Sedangkan beberapa profesi yang membutuhkan ahli di bidang ini, seperti peneliti, ahli konservasi, dan ahli oseanografi.

5. Recreation and Leisure Studies

Jurusan ini cukup unik. Mahasiswa recreation and leisure studies akan mempelajari program di daerah rekreasi, taman, dan jasa hiburan. Selain itu belajar mengenai perencanaan, kepemimpinan, perancangan, serta desain dan pemeliharaan area rekreasi atau taman.

Jurusan ini tersedia di University of North Texas. Prospek kerja bidang ini mencakup pengelolaan area rekreasi, program taman dan rekreasi, hingga industri dalam bidang kesehatan atau kebugaran.

6. Surf Science and Technology

Jurusan Surf Science and Technology sangat cocok bagi orang yang suka berselancar. Beberapa mata kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa jurusan ini, seperti budaya berselancar, pengaruh fisik dan geografis pada berselancar, dan bisnis di bidang selancar.

Universitas yang menyediakan program studi ini, yaitu Cornwall College (UK). Lulus jadi jurusan ini, mahasiswa bisa menjadi peselancar hebat, dan berpeluang membuka bisnis di bidang selancar atau menjadi instruktur selancar.

7. Wildlife

Sesuai dengan namanya, jurusan Wildlife fokus pada pelestarian semua spesies dan habitatnya. Jurusan ini dapat ditemukan di Humboldt State University. Prospek kerja di bidang ini cukup banyak, di antaranya organisasi konservasi, ahli biologi satwa, pengelola satwa liar, konsultan, dan pusat rehabilitasi dan perlindungan satwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya