7 Jenis Minuman Ini Bisa Kontrol Kadar Kolesterol, Mau Coba?

Ada sejumlah cara untuk kontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, salah satunya lewat makanan atau minuman.

 Teh hijau (ilustrasi/istimewa)

SOLOPOS.COM - Teh hijau (ilustrasi/istimewa)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah cara untuk kontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, salah satunya adalah lewat makanan atau minuman yang kita konsumsi. Selain itu, disarankan juga untuk rajin berolahraga.

Kadar kolesterol yang harus  kita kontrol adalah kolesterol jahat. Sebagaimana diketahui lemak  terbagi menjadi high density lipoprotein (HDL) atau sering disebut lemak baik dan low density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat. Lemak ini jahat karena tingkat kekentalannya tinggi dalam darah. LDL menyebabkan penyumbatan dalam aliran darah karena bergerak lambat. Kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, kurangi junk food dan mengurangi lemak trans dalam makanan.

Melansir dari Times of India dan Bisnis.com, Rabu (15/9/2021), konsultan jantung di HCMCT Manipal Hospitals Dwarka, New Delhi, Bipin Kumar Dubey memberi daftar minuman yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol berikut ini:

1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman tepat untuk kontrol kolesterol lantaran sumber antioksidan yang cukup tinggi. Minuman ini mengandung katekin dan epigalokatekin galat (EGCG) yang dapat menurunkan LDK dalam kadar total kolestrol. Apabila dibandingkan dengan teh hitam, kandungan katekin pada teh hijau masih lebih tinggi.

Baca Juga:  Kebiasaan Makan Ini Berdampak Buruk terhadap Otak

2. Jus Tomat

Jus tomat mengandung cukup banyak antioksidan jenis likopen yang membantu menjaga sel agar tidak rusak. Selain itu, tomat juga mengandung serat yang berguna menurunkan kolesterol.

3. Susu Kedelai

Susu Kedelai mengandung kadar lemak jenuh yang rendah. Mengganti susu sapi dengan susu kedelai akan membantu mengontrol kolesterol.

4. Susu Oat

Susu oat atau oat milk sangat efisien dalam menurunkan kadar kolesterol. Jenis susu ini mengandung beta-glukan yang berinteraksi dengan asam empedu dan membentuk lapisan seperti gel di usus. Lapisan ini akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol.

Baca Juga:  Sering Putus Nyambung dengan Pasangan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

5. Smoothies

Smoothies yang dibuat dari beragam jenis beri mengandung antioksidan tinggi. Jenis beri seperti stroberi, rasberi, dan blueberi kaya akan antioksidan dan serat. Konsumsi setiap hari minuman ini secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

6. Cokelat/Kakao

Cokelat atau kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanol. Jenis antioksidan ini membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam yang mengandung tinggi asam lemak tak jenuh tunggal. Cokelat olahan harus dihindari karena tinggi akan lemak jenuh.

Baca Juga:  Susu Kental Manis Hanya untuk Topping, Bukan Diseduh dan Diminum

7. Sterol/Stanol

Sterol dan stanol adalah bahan kimia dari tanaman yang bentuk dan ukurannya mirip dengan kolesterol dan berfungsi menghalangi penyerapan kolesterol. Perusahaan makanan menambahkan bahan kimia ini ke beberapa makanan dan minuman. Food and Drug Association menyatakan bahwa 1,3 gram sterol dan 3,4 gram stanol per hari membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa dan Amalan Jika Mengalami Kesulitan Keuangan, Biar Rezeki Lancar

Berikut ini terdapat doa beserta amalannya ketika mengalami kesulitan keuangan biar rezeki selalu diberi kelancaran menurut NU.

Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.