7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

SOLOPOS.COM - Candil Khas Banyumas (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, PURWOKERTO — Datang ke Banyumas tidak lengkap jika tidak mencicipi jajanan khas setempat karena selain memiliki kawasan wisata alam yang beragam, Banyumas juga memiliki jajanan yang sudah pasti membuat lidah bergoyang.

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut. Berikut ini jajanan khas Kabupaten Banyumas yang wajib dicoba :

Cimplung

Jajanan ini berbahan dasar singkong dan gula merah. Singkong dikupas lalu dipotong sesuai selera. Kemudian direbus bersama deresan pohon aren atau pohon kelapa yang menjadi cikal bakal gula merah. tekstur gula yang lengket menyerap dalam singkong. Bagi penyuka jajanan manis, Cimplung bakal jadi jajanan yang menggiurkan.

Cenil

Warna-warni dari jajanan yang satu ini menarik siapa pun yang melihatnya. Terbuat dari adonan tepung kanji yang dicampur dengan air panas dan pewarna makanan. Bentuk cenil yang bulat kecil dan kenyal dipadu dengan taburan kelapa parut serta gula pasir, jadi salah satu kuliner Banyumas yang sangat dikenal.

Candil

Mirip dengan cenil, candil tidak diberikan pewarna makanan. bedanya lagi, candil dimasak dengan santan dan gula merah yang membuatnya manis. tak lupa potongan kelapa muda menambah variasi tekstur dan rasa candil. Teksturnya kenyal dan rasanya manis dan gurih, rasa gurih ini berasal dari saus santan kelapa.

Lupis

Mirip dengan ciwel, bedanya lupis terbuat dari beras ketan. Cara makannya pun sama, dibungkus dengan daun pisang.Mengutip dari situs Liputan6.com, Kamis (22/7/2021),  Lupis diberi taburan kepala parut serta gula merah. Bila sudah makan lupis, pasti akan beli lagi bila berkunjung lagi ke Banyumas.

Tempe Mendoan

Siapa tak kenal mendoan? Tempe khas Banyumas dengan ciri tempe yang lebar dan digoreng setengah matang ini sudah banyak dikenal dan dijual di banyak daerah di Indonesia. Mendoan biasa dimakan bersama cabai sebagai camilan atau pendamping makan nasi. Sebaiknya tempe mendoan selagi hangat dengan teman teh atau kopi. Uniknya dari Tempe  Mendoan khas Banyumas adalah ukuran tempenya yang besar

Berita Terkait

Espos Premium

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Berita Terkini

Polda Jateng Bekuk 2 Orang terkait Provokasi Ajakan Demo Penanganan Covid-19

N berperan sebagai inisator dan host zoom meeting untuk rapat aksi, sementara B berperan sebagai penyebar ajakan aksi di media sosial dan grup WA.

Karena Salah Melafal, Nama Camilan Khas Tegal ini Muncul

Olos adalah berasal pada saat si penemu jajanan ini yang berawal dari berjualan Risoles, namun anak-anak kecil waktu itu tidak menyebut risoles melainkan oles.

Disparpora Magelang Ajak Warga Tulis Pengalaman Wisata Lokal

Dispapora Kabupaten Magelang menggelar lomba penulisan artikel dengan tema Wisata Asyik Kabupaten Magelang, yang digelar secara daring melalui akun Instagram promosi wisata @officialwisatamagelang

Watu Nganten, Wisata Unik di Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi punya spot menarik bernama Watu Nganten. Suara aliran air terjun hingga bebatuan alam membuat tempat ini sangat indah dan cocok digunakan untuk melepas penat.

Bantuan Sosial Jateng Akhirnya Cair dalam Program Keluarga Harapan

Setelah tertunda tanpa kepastian jelas, Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau bansos PKH Jateng akhirnya dinyatakan bakal dicairkan.

Ruang Tahanan Polrestabes Semarang Overload, Ini Sebabnya

Ruang tahanan Mapolrestabes Semarang mengalami overkapasitas atau kelebihan penghuninya selama masa pandemi Covid-19 karena tahanan titipan.

Luar Biasa, Paguyuban Peternak Ayam Kendal Sumbang Telur Ayam untuk Nakes

Pemerintah Kabupaten Kendal menerima bantuan ribuan butir telur dari paguyuban peternak ayam kabupaten setempat.

Viral Bakul Hik Terapkan Sistem Drive Thru, Begini Faktanya

Seorang bakul angkringan atau hik di Kabupaten Rembang, Kurnia Setiawan, viral setelah disebut menerapkan sistem drive thru selama PPKM Darurat.

Sejak Januari Terjadi 51 Kebakaran di Grobogan, Kerugian Rp6,5 Miliar

Memasuki musim kemarau, warga diminta waspada karena ada kecenderungan peningkatan musibah kebakaran di Grobogan.

Diletakan di Alun-Alun Banyumas, Pesawat Buatan Rusia Ini Pernah Berjasa Merebut Irian Barat

Alun-alun kota Banyumas dikenal dengan terpampangnya pesawat legendaris milik TNI AU, MIG 17 Fresco. Pesawat itu berjasa merebut Irian Barat.

ODGJ Ditemukan Meninggal di DAS Bengawan Solo Blora, Awalnya Mandi Lantas Tenggelam

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tenggelam saat mandi di DAS Bengawan Solo di Blora dan ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa.

Siswa SD Asal Banyumas Sambat Kangen Sekolah & Bosan di Rumah Langsung ke Presiden Jokowi

Seorang siswa sekolah dasar asal Banyumas, Jawa Tengah, mengeluh kangen sekolah dan bosan belajar di rumah di hadapan Presiden Jokowi.

Lepas Ketegangan Suntik Vaksin di Sky View Banaran

Vaksinasi Covid-19 di lokasi wisata di Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang memberikan rasa nyaman bagi peserta.

Ini Dia Fakta-Fakta Unik Seputar Kabupaten Blora

Kabupaten Blora yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur ini memiliki luas 1.890,59 km2 dan setengah dari wilayah kabupaten ini adalah kawasan hutan.

Curug Sidok Pemalang, Keasrian Alamnya Bantu Refresh Pikiran

Salah satu tempat di Jawa Tengah dengan segala keasrian adalah Air Terjun Sipendok atau lebih dikenal dengan sebutan Curug Sidok.

Inilah Sosok Paling Berjasa di Kabupaten Kudus

Masyarakat di Kabupaten Kudus pasti sudah mengenal Jalan H.M. Subhan Z.E. yang lokasinya berada di Kecamatan Kota hingga ke selatan.

Salak Nglumut, Pengembangan Petani di Lereng Barat Merapi

Salak Nglumut memiliki rasa yang lebih segar dibanding salak lainnya. Bentuk buahnya segi tiga atau bulat telur terbailk dengan pangkal meruncing.

Tingkatkan Literasi Anak Saat Pandemi, Dongeng Dibacakan via Daring

Program ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak sebelum  pandemi yang secara langsung menghadirkan Bunda PAUD di hadapan anak-anak.

Penutupan Exit Tol di Jateng Diperpanjang

Polda Jateng memperpanjang penutupan seluruh exit tol di Jateng sejalan dengan penerapan PPKM Level 3-4 hingga 25 Juli 2021.

Masih PPKM, 4 Hajatan di Grobogan Dihentikan Satgas Covid-19

Satgas Covid-19 empat acara hajatan yang digelar di lokasi berbeda di Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Gubug di saat PPKM Level 4.

Pelaku Begal di Semarang Ditangkap, Salah Satunya Perempuan

Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang mengungkap kasus perampasan atau begal mobil Toyota Fortuner oleh empat orang.

Wisata Air Terjun Jurang Nganten Jepara, Saksi Bisu Pengorbanan Sepasang Pengantin

Sesuai namanya, Wisata Air Terjun Jurang Ngaten ini memiliki legenda sepasang pengantin hingga akhirnya mejadi sebuah misteri.

PPKM Darurat, Pemkot Semarang Klaim Sudah Salurkan BST 96 Paket Sembako

Selama PPKM darurat, 3-20 Juli, Pemkot Semarang telah mendistribusikan bantuan sosial tunai (BST) kepada warga berupa 96.000 paket sembako

Menko Luhut Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus Covid-19

Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan, seiring dengan menurunnya pasien di rumah sakit.

Bangga, Siswa SMAN 1 Purwodadi Wakil Jateng di Paskibraka Nasional

Zaidaan Kamal Anwar, siswa SMAN 1 Purwodadi, Grobogan terpilih mewakili Provinsi Jawa Tengah sebagai anggota paskibraka tingkat nasional.

Pemkab Banjarnegara Siapkan Telaga Merdada Jadi Wisata Alam Bebas Sampah

Bupati Budhi Sarwono mengatakan, pembersihan Telaga Merdada dari sampah merupakan komitmennya dalam mendukung pariwisata di Banjarnegara.

Canangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen, Wali Kota Salatiga akan Awali dari ASN

Wali Kota Salatiga menyerukan gerakan donor plasma konvalesen untuk membantuk penyembuhan pasien Covid-19.

Selama PPKM Darurat, Bandara Ahmad Yani Masih Layani 6.437 Penumpang

Jumlah penumpang yang dilayani Bandara Ahmad Yani Semarang menurun 89,5% atau 6.437 orang selama PPKM Darurat.

4 Keunikan Salatiga, Salah Satunya Kota Paling Toleran di Indonesia

Salatiga berdiri pada 24 Juli 750 Masehi sehingga usianya sudah lebih dari 1000 tahun. Bukti berdirinya kota ini berdasarkan prasasti Plumpungan di Desa Kauman Kidul.

7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

Kudus PPKM Level 4, Pemkab Lanjutkan Penyekatan Jalan

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus melanjutkan penyekatan kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan selama pelaksanaan PPKM level 4.

PPKM Diperpanjang, Selebgram Magelang Ini Malah Tiduran di Jalan

Selebgram bernama Indi Adisty ini melakukan aksi protes terhadap kebijakan PPKM Darurat yang diperpanjang dengan cara yang tak biasa.

Penutupan Candi Arjuna Diperpanjang hingga 2 Agustus

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyebut penutupan objek wisata Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021.

Ganjar Ingin Semua Daerah di Jateng Berlakukan PPKM Level 4

Agar tidak kendur, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, ingin semua daerah di wilayahnya menerapkan PPKM Level 4.

PPKM Darurat Berakhir, Tingkat Kematian Covid-19 di Kota Semarang Masih di Atas Nasional

Kasus kematian pasien Covid-19 di Kota Semarang selama PPKM Darurat menurun, tapi tidak signifikan. Persentasenya masih di atas persentase kematian nasional.

Salatiga Diminta Terapkan PPKM Level 4, Wali Kota Yuliyanto Galau

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mempertanyakan indikator penentuan level tingkat risiko penyebaran Covid-19.

Ajak Warga Tolak PPKM Darurat, Pemuda di Brebes Diciduk Polisi

Pelaku berinisial MI diduga jadi provokator aksi penolakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Kabupaten Brebes.

Warga Jarang Makan Daging, Presiden Kirim Sapi Kurban ke Karanganyar

Kriteria desa penerima sapi kurban dari Presiden Jokowi, yakni desa tertinggal, banyak warga kurang mampu dan warganya jarang makan daging

Kuliah Umum UKSW: Olah Spiritual Bisa Jadi Kunci Bertahan Di Masa Pandemi

Kuliah Umum MKU Pendidikan Agama (Kristen) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) digelar secara virtual menghadirkan empat narasumber.

Salut, Sisihkan Gaji, Ketua DPRD Jateng Sumbang 3,6 Ton Beras

Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto berinisiatif menyisihkan gaji untuk membeli beras dan dibagikan ke warga terdampak PPKM Darurat.

Pecel Semanggi Khas Kendal, Langka Tapi Masih Jadi Primadona

Pecel Semanggi merupakan makanan khas Kabupaten Kendal. Meski sudah langka, kuliner ini tetap menjadi primadona masyarakat.

Seorang Santri Ditemukan Meninggal Seusai Dilaporkan Hilang Saat Mencuci Jeroan Hewan Kurban

Seorang santri ditemukan meninggal dunia di perairan Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara Kecamatan Sarang, Rembang,

Pemprov Jateng Kebut Penyaluran Beragam Bansos Rp418,8 M, Ini Perinciannya

Pemprov Jateng menyiapkan berbagai bansos sebagai kompensasi perpanjangan PPKM Darurat.

BPS Jateng: Penduduk Miskin di Desa Bekurang Setelah Setahun Pandemi, Di Kota Malah Naik

BPS merilis data angka kemiskinan di Jateng justru menurun setelah setahun pandemi Covid-19 berjalan.

Exit Tol Ditutup, Kendaraan Masuk Jateng Turun 48%

Jumlah kendaraan yang masuk ke Jateng diklaim turun hingga 48% seiring dengan penutupan exit tol selama PPKM Darurat.

Waduh! Dispangtan Salatiga Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Dispangtan Kota Salatiga menemukan adanya cacing hati di jeroan hewan kurban yang disembelih di RPH saat perayaan Iduladha, Selasa (20/7/2021).

Wisata Kedung Bening Pemalang, Suguhkan Pengalaman Seperti di Martvili Canyon Georgia

Kedung Bening yang berada di Desa Majalangu,  Kecamatan Watukumpul ini memberikan suasana Martvili Canyon versi mini.

Patut Dicontoh, Polisi Jepara Sisihkan Gaji untuk Warga Terdampak Pandemi

Personel Polres Jepara berinisiatif menggalang dana untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat.

Kerajinan Unik dari Magelang Berbahan Dasar Ijuk Sapu

Usaha yang diberi nama ‘Fahrudin Sapu’ ini membuat kerajinan tangan yang sering dijadikan hiasan dinding atau ornamen rumah dengan bahan dasar ijuk sapu

Inisiasi Gedor Lakon, Gus Yasin Ajak Penyintas Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen

Gus Yasin mengajak penyintas dari klaster Pemprov Jateng untuk mendonorkan plasma darah untuk kesembuhan pasien Covid-19 atau plasma konvalesen.

Gubernur Ganjar Keliling Tegur Panitia Kurban Iduladha Abaikan Prokes di Semarang

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berkeliling memantau pelaksanaan kurban di Semarang pada Hari Raya Iduladha, Selasa (20/7/2021).

Tradisi Apitan, Peninggalan Wali Sanga yang Masih Digelar Turun Temurun di Demak

Tradisi Apitan diyakini mulai diperkenalkan pada masa penyebaran agama Islam di tanah Jawa oleh para Wali Sanga sekitar 5 abad yang lalu.

Sambut Iduladha 1442 H di Tengah Pandemi, SG Salurkan 47 Hewan Kurban untuk Masyarakat

PT Semen Gresik (SG) menyalurkan total 47 hewan kurban dalam menyambut momen Iduladha 1442 H kepada masyarakat Kabupaten Rembang dan Blora

Warga Jateng Malas Buka Jendela Rumah? Padahal Bisa Cegah Penyebaran Corona

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau masyarakat untuk buka jendela rumah sesering mungkin sebagai upaya pencegahan Covid-19.

PD Muhammadiyah Grobogan Sarankan Daging Kurban Diantar ke Penerima

Hindari kerumunan selama pandemi, PD Muhammadiyah Kabupaten Grobogan menyarankan hewan kurban diantarkan panitia ke rumah para penerima.

Seorang Pria Di Brebes Ditangkap, Sebar Hoax Demo Tolak PPKM Darurat

Seorang pria ditangkap jajaran Polres Brebes, karena diduga menyebarkan video hoax atau berita bohong terkait demo penolakan PPKM Darurat.

Jateng Butuh 2 Juta Vaksin per Pekan Untuk Capai Herd Immunity

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) sedang mengajukan alokasi vaksin sekitar 2 juta dosis per pekan untuk capai Herd Immunity.

Tegakkan Aturan PPKM Darurat, Satpol PP Kota Semarang Janji Lebih Humanis

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang bertekad melakukan penegakan aturan PPKM darurat dengan lebih santun dan humanis.

Penjual Ikan Pesan 1 Kg Sabu-Sabu dari Malaysia, Terbongkar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Polda Jateng berhasil membongkar upaya penyelundupan 1 kg sabu-sabu dari Malaysia menuju Madura, Jawa Timur.

Salut! Pengusaha Restoran di Pekalongan Ini Suplai Makanan untuk Warga Isoman

- Sebuah restoran di Kota Pekalongan menyuplai makanan gratis untuk warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Pendaftaran CASN Pemprov Jateng Diminati 14.107 Pelamar

Pendaftaran calon apartur sipil negara atau CASN Pemprov Jateng tahun 2021 menarik minat 14.107 pelamar baik melakukan submit atau belum.

Vaksin Modena Siap Digelontorkab ke Salatiga

Pemkot Salatiga sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Prasit Alhakim, bersiap menerima vaksin Modena dari pemerintah pusat.

Ajak Warga Tetap di Rumah, Pemuda Salatiga Bagikan Bibit Sayuran

PPKM Darurat mengharuskan warga untuk menjalani aktivitas di rumah sehingga pemuda Salatiga justru membagikan bibit sayuran ke warga.

35 Formasi CASN Pemprov Jateng Nihil Pelamar

Sebanyak 35 formasi calon ASN Pemprov Jateng tidak diminati pelamar, baik untuk empat formasi CPNS maupun 31 formasi PPPK non guru.

Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Salatiga

Gempa berkekuatan Magnitudo 3,0 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (18/7/2021) sore, sekitar pukul 15.39 WIB.

Soegeng Boedhiarto, Pejuang Pribumi Keturunan Tionghoa Dimakamkan di Banjarnegara

Soegeng Boedhiarto alias Sie Ing Biaw, wafat pada usia usia 92 tahun di RSUD Banjarnegara pada Jumat (16/7/2021) pukul 05.45 WIB.

Tinggal 3 Hari Lagi, Lowongan 4 Formasi CPNS dan 31 Formasi PPPK di Jateng Masih Nol Pelamar

Pada 2021 Pemprov Jateng mendapat jatah CASN sebanyak 11.648 formasi dan posisi paling banyak bagi PPPK sebanyak 11.347 lowongan.

Lagi, PLN Bantu Atasi Kekurangan Oksigen Bagi Rumah Sakit di Jateng

Total PLN telah mendistribusikan bantuan oksigen ke delapan rumah sakit atau RS di Jawa Tengah (Jateng) dan DIY sebesar 21,9 ton.

Ikhtiar Agar Pandemi Segera Berakhir, Pemerintah Kendal Adakan Gema Selawat

Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto bersama para alim ulama menggelar Gema Sholawat sebagai ikhtiar doa agar pandemi segera berakhir.

2 Pekan PPKM Darurat di Jateng, 6.263 Kendaraan Ditolak Masuk

Ribuan kendaraan ditolak masuk Jateng selama masa PPKM Darurat yang berjalan hampir dua pekan.

Tertibkan Pedagang, Kapolres dan Dandim Kudus Malah Borong Dagangan dan Bagikan Sembako

Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma bersama Dandim 0722/Kudus, Letkol Kav Indarto melakukan patroli PPKM Darurat dengan bagi-bagi sembako kepada pedagang.

Brebes Sidang di Tempat Pelanggar Prokes, 28 Jadi Korban

PPKM darurat di Brebes menerapkan sidang di tempat kepada warga yang dianggap melanggar protokol kesehatan.

PLN Bantu Oksigen Rumah Sakit di Jateng & DIY

PT PLN menyaalurkan bantuan oksigen ke rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penanganan Covid-19.

Jateng Jadi Fokus Percepatan Vaksinasi Setelah Jakarta & Bali

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Jabar, Jateng, dan Banten menjadi fokus percepatan vaksinasi Covid-19 setelah Jakarta dan Bali.

Viral Aksi Pemotor Roda Satu Bahayakan Pengguna Jalan di Magelang

Video pengendara motor roda satu tersebut berjalan zig-zag di jalanan Kota Magelang dan dinilai membahayakan pengendara lain viral di medsos.

Berjemur Dekat Rel, 2 Lansia di Gabus Meninggal Terserempet KA Barang

Dua orang lanjut usia Rakiman dan Suparman, di Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan meninggal terserempet KA Barang saat berjemur.

Udinus Semarang Lanjutkan Kerja Sama dengan ITS Sejak 2007

Perpanjangan kerja sama Udinus Semarang dengan ITS ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan secara virtual

Mahfud MD yang Kritik Ikatan Cinta, Pakar Hukum Undip: Saat Corona Menggila Kok Malah Asik Nonton Sinetron

Seorang profesor Undip Semarang mengkritik Mahfud MD yang masih sempat nonton Sinetron Ikatan Cinta di tengah pandemi Covid-19 yang gawat.

Kaget Didatangi Kapolres, Begini Nasib PKL Di Purwodadi

Seorang pedagang kaki lima (PKL) angkringan di Jagalan, Kelurahan Purwodadi, kaget ketika didatangi Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi

PPKM Darurat Diperpanjang, Jateng Tetap Optimistis Kejar Ekspor

Jateng tak gentar perpanjangan PPKM Darurat bahkan optimistis bisa mengejar target ekspor jika batal berakhir 20 Juli 2021.

Siapa Tanggung Jawab Pembatasan Sif Kerja saat PPKM Darurat di Jateng?

Siapa yang harus bertanggung jawab dengan pembatasan sif kerja saat PPKM Darurat di Jateng tidak memiliki kejelasan.

Exit Tol di Jateng Tutup Hingga 22 Juli, Sopir Truk Galau

Keputusan Polda Jateng menutup seluruh exit tol di Jateng membuat supir truk galau karena tidak tahu jalur mana yang diizinkan melintas.

Gegara Korsleting Listrik, 4 Rumah di Ringinpitu Ludes Terbakar

Empat rumah di Desa Ringinpitu, Tanggungharjo yang terbakar tersebut milik Sugiyono, 55, Sadimah, 65, Abdul Wahid, 57, dan Safuan, 73.

Exit Tol Tutup, Volume Kendaraan di Jateng Turun 50 Persen

Penurunan volume kendaraan di jalan tol hingga 50 persen merupakan imbas dari penyekatan dan penutupan 27 exit tol di Jateng.

Kabar Duka: Pejuang Kemerdekaan Asal Banjarnegara Soegeng Boedhiarto Tutup Usia

Pada masa penjajahan, Soegeng Boedhiarto punya peran yang vital karena mengatur strategi perang masuk Kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Uniknya Kerajinan Limbah Organik, Suvenir Khas Desa Wisata Kandri

Ada berbagai kegiatan ekonomi kreatif warga di Desa Wisata Kandri, Gunungpati, Semarang seperti pembuatan kuliner hingga beragam kerajinan.

Semester I, Bea Cukai Jateng DIY Setor Rp20,44 T ke Kas Negara

Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah atau Jateng dan DIY menggenjot penerimaan negara untuk memperkuat APBN di masa pandemi Covid-19.

Obat Antibiotik Langka, Sekda Langsung Sidak Apotek di Salatiga

Sekda Wuri Pudjiastuti dan Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, langsung menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah apotek dan toko obat.

16 Korban Meninggal Dunia, Ternyata Ada Kisah Mistis di Balik Kecelakaan Tragis Mobil Pikap di Batang

Kisah misteri terkuak dalam kecelakaan maut yang melibatkan mobil pikap di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, 4,5 tahun silam.

Soto Tauto Pekalongan, Wujud Akulturasi Budaya Lokal dan Tiongkok

Tidak jauh dari soto pada umumnya, Soto Tauto ini ditambah taucho yang merupakan saus khas Tiongkok yang berasal dari olahan fermentasi kedelai.

Ikuti Masa Taaruf Daring, Ratusan Siswa MTs NU Banat Kudus Diberi Materi Soal Covid-19

MTs NU Banat Kudus menggelar Masa Taaruf Madrasah (Matsama) secara daring yang diikuti 421 siswa.

Pelaksanaan Belum Jelas, Pemkot Salatiga Sudah Pasang Target 17.895 Anak Divaksin Covid-19

Pemkot Salatiga mendapt target vaksinasi Covid-19 untuk 17.895 anak meski belum mendapat vaksinnya.

Enggak Usah Ke Mana-Mana Lur, 27 Exit Tol Jateng Mulai Ditutup Hari ini!

Polda Jateng mulai hari ini menutup semua akses menuju Jateng, baik lewat tol maupun jalur reguler.

Dicari 400 Mahasiswa untuk Jadi Petani Organik Milenial, Yuk Buruan Daftar

Pelatihan pertanian organik bagi milenial ini bertujuan untuk mempersiapkan para milenial menjadi petani organik yang sukses.

Pastikan Hewan Kurban Aman, Ini Langkah Pemkab Rembang

Menjelang hari raya Iduladha, Pemkab Rembang melalui Dinas Pertanian dan Pangan berupaya memastikan penyelenggaraan kurban aman.

Aktivitas Masyarakat di Kantor Justru Naik, PPKM Darurat di Jateng Kurang Efektif

Hasi riset UGM Yogyakarta menyebutkan PPKM Darurat di Jawa tengah belum berjalan efektif.

33 Pasar di Kabupaten Semarang Ditutup, Pedagang Hanya Pasrah

Pemkab Semarang memutuskan untuk menutup seluruh pasar tradisional yang ada di wilayahnya selama satu hari pada Jumat (16/7/2021).

Salatiga Berlakukan Jam Malam, Warga Diminta di Rumah Mulai Jam...

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengeluarkan kebijakan jam malam untuk menekan aktivitas atau mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat.

Petani Tembakau di Temanggung Divaksin Covid-19, Ganjar Doakan Ini

Menurut Gubernur Ganjar, vaksinasi untuk petani tembakau di Temanggung itu penting, karena menjadi salah satu penggerak sektor ekonomi.

Mobilitas Warga Salatiga Turun 23,98? Selama PPKM Darurat

Kapolres mengatakan indikator penurunan pergerakan atau mobilitas warga Kota Salatiga selama PPKM Darurat itu dilihat dari beberapa aplikasi.