7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

 Candil Khas Banyumas (Sumber: Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - Candil Khas Banyumas (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, PURWOKERTO — Datang ke Banyumas tidak lengkap jika tidak mencicipi jajanan khas setempat karena selain memiliki kawasan wisata alam yang beragam, Banyumas juga memiliki jajanan yang sudah pasti membuat lidah bergoyang.

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut. Berikut ini jajanan khas Kabupaten Banyumas yang wajib dicoba :

Cimplung

Jajanan ini berbahan dasar singkong dan gula merah. Singkong dikupas lalu dipotong sesuai selera. Kemudian direbus bersama deresan pohon aren atau pohon kelapa yang menjadi cikal bakal gula merah. tekstur gula yang lengket menyerap dalam singkong. Bagi penyuka jajanan manis, Cimplung bakal jadi jajanan yang menggiurkan.

Cenil

Warna-warni dari jajanan yang satu ini menarik siapa pun yang melihatnya. Terbuat dari adonan tepung kanji yang dicampur dengan air panas dan pewarna makanan. Bentuk cenil yang bulat kecil dan kenyal dipadu dengan taburan kelapa parut serta gula pasir, jadi salah satu kuliner Banyumas yang sangat dikenal.

Candil

Mirip dengan cenil, candil tidak diberikan pewarna makanan. bedanya lagi, candil dimasak dengan santan dan gula merah yang membuatnya manis. tak lupa potongan kelapa muda menambah variasi tekstur dan rasa candil. Teksturnya kenyal dan rasanya manis dan gurih, rasa gurih ini berasal dari saus santan kelapa.

Lupis

Mirip dengan ciwel, bedanya lupis terbuat dari beras ketan. Cara makannya pun sama, dibungkus dengan daun pisang.Mengutip dari situs Liputan6.com, Kamis (22/7/2021),  Lupis diberi taburan kepala parut serta gula merah. Bila sudah makan lupis, pasti akan beli lagi bila berkunjung lagi ke Banyumas.

Tempe Mendoan

Siapa tak kenal mendoan? Tempe khas Banyumas dengan ciri tempe yang lebar dan digoreng setengah matang ini sudah banyak dikenal dan dijual di banyak daerah di Indonesia. Mendoan biasa dimakan bersama cabai sebagai camilan atau pendamping makan nasi. Sebaiknya tempe mendoan selagi hangat dengan teman teh atau kopi. Uniknya dari Tempe  Mendoan khas Banyumas adalah ukuran tempenya yang besar


Berita Terkait

Berita Terkini

Kena PHK Imbas Pandemi, Pria di Kendal Raup Untung dari Bisnis Tanaman

Kisah inspiratif kali ini dibagikan seorang pria di Kendal yang sukses menekuni bisnis tanaman setelah terkena PHK imbas pandemi Covid-19.

Jadi Korban Pinjol Ilegal? Ini Cara Lapor ke Polda Jateng

Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng meminta masyarakat yang jadi korban teror pinjol ilegal tak ragu lapor ke polisi.

Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak - Kelabang Raksasa

Pabrik karet di Mijen, Semarang, menyimpan kisah misteri dengan penampakan sosok hantu kuntilanak hingga kelabang raksasa.

Buntut Video Viral, Orangtua Siswa di Pekalongan Polisikan Guru

Orangtua siswa di salah satu SMP di Kabupaten Pekalongan melaporkan seorang guru ke polisi buntut video viral di media sosial.

Jepara Masih PPKM Level 3, Ini Penyebabnya

Kabupaten Jepara hingga kini masih berstatus PPKM Level 3 sesuai Instruksi Mendagri terbaru.

Semarang Level 1, Ini Pesan Wali Kota Hendi ke Warga

Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu daerah yang masuk level 1 dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali.

Capaian Vaksinasi Dosis Satu 40,92 Persen, Grobogan Bertahan Level 3

Kabupaten Grobogan sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Protes Tempat Karaoke & Prostitusi Ditutup, Ormas di Pati Surati Jokowi

Penutupan prostitusi dan tempat karaoke ilegal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng) mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas).

Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Bendungan atau waduk Wadaslintang di wilayah Wonosobo dan Kebumen memiliki panorama yang indah hingga disebut sebagai mini Danau Toba.

Kisah Petani Magelang Raup Cuan dari Porang

Petani di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sedang bersemangat dalam menggeluti budi daya tanaman porang.

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Hore! Magelang PPKM Level 2, Taman Kyai Langgeng Segera Dibuka

Objek wisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang akan kembali dibuka atau menerima kunjungan wisatawan, akhir pekan ini.

Emoh Banteng Vs Celeng, Ketua PDIP Salatiga Ingin Jokowi Tiga Periode

Ketua PDIP Salatiga, Teddy Sulistio, mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Pemuda Nekat Sebar Foto Bugil Mantan Pacar Gegara Sakit Hati Diputus

Seorang pemuda menyebarkan foto bugil mantan pacarnya karena sakit hati diputuskan.

Kawasan Industri Batang Bencana untuk Warga Lokal?

Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang menyebabkan sejumlah bencana bagi masyarakat lokal, seperti banjir yang membawa material pembangunan serta lumpur.