SOLOPOS.COM - GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (tengah), berbincang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), pada malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi diumumkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria (KGPAA) Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo pada Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 10.40 WIB.

Jumenengan atau penobatan Bhre dijadwalkan pada Sabtu (12/3/2022). Pengumuman tersebut disampaikan Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, didampingi Raden Tumenggung Supriyanto Waluya dan KPH Cuk Susilo, dan RMH Haryo Dananjoyo AB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga : Resmi! Mangkunegaran Solo Umumkan Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunagoro X

Lilik membacakan wara-wara yang ditulis menggunakan Bahasa Jawa atas nama GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat. “Anemtokaken putra Dalem GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo SH kajumenengaken KGPAA Mangkunagoro X. Dene tata cara adat Jumenengan Dalem badhe kalampahan ing dinten Sabtu Pahing 8 Ruwah Alip 1955,” ujarnya.

“Waktu penobatan atau naiknya GPH Bhre sebagai KPGAA Mangkunagoro X dalam kalender Masehi jatuh pada 12 Maret 2022. Tertanda GRAy Retno Rosati Notohadiningrat, tertanda GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat,” lanjutnya.

Baca Juga : Begini Penampakan Surat Wara-Wara GPH Bhre Sebagai Mangkunagoro X

Berikut ini 7 fakta menarik GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang resmi diumumkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X dilansir dari berbagai sumber:

1. GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo lahir pada 29 Maret 1997.

Artinya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo akan berusia 25 tahun pada 29 Maret mendatang.

2. Bhre merupakan putra bungsu KGPAA Mangkunagoro IX bersama permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi.

Bhre memiliki seroang kakak perempuan bernama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo.

Baca Juga : Jadi Mangkunagoro X, Ini Tanggal Jumenengan Bhre Cakrahutomo

3. KGPAA Mangkunagoro X merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Tim Mooting Vis Fakultas Hukum UI, Bhre pernah menorehkan prestasi tingkat internasional. Kelompoknya menjadi jawara pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Ke-10 di Praha, Republik Ceko, 2018.

Ini merupakan kompetisi bergengsi di Eropa, diikuti oleh 30 universitas dari seluruh dunia. Setelah lulus dari FH UI, Bhre bergabung di salah satu firma hukum Jakarta yang digarap bersama rekan-rekannya.

4. Penyuka fotografi dan adventure.

Dilihat dari unggahan akun Instagramnya, @bhresudjiwo, Bhre penyuka fotografi dan kegiatan alam liar atau adventure. Ia mengunggah banyak foto pemandangan alam seperti pegunungan, pantai, puncak gunung bersalju, di beberapa negara.

Baca Juga : Segera Jadi Mangkunagoro X, Ini Pesan Pemerhati Budaya Solo untuk Bhre

5. Founder Mangkunegaran Jaz Festival.

Bhre juga mengunggah mengenai acara kesenian di Pura Mangkunegaran seperti Mangkunegaran Jazz Festival 2019. KGPAA Mangkunagoro X itu kerap terlibat dalam agenda kebudayaan di Pura Mangkunegaran.

Ia juga dipercaya sebagai penanggung jawab proyek renovasi Pura Mangkunegaran yang didanai pemerintah. Pada upacara tradisi, seperti Kirab Pusaka Malam 1 Sura, Bhre pernah menjadi cucuk lampah atau orang yang berada di barisan terdepan.

Pada 2019, Bhre aktif dalam pergerakan seni Mangkunegaran, khususnya untuk milenial dengan menjadi Founder Mangkunegaran Jaz Festival 2019. Acara itu diklaim cukup sukses dan mendatangkan lebih dari 10.000 orang. Bhre berencana menggelar Mangkunegaran Jaz Festival kedua.

Baca Juga : Suksesi Mangkunegaran Solo, Ini Tanda Seseorang Dapat Wahyu Keprabon

6. Bhre fans garis keras Persis Solo.

Bhre merupakan seorang pendukung Persis Solo. KGPAA Mangkunagoro X terlihat menyaksikan pertandingan ketujuh Liga 2 antara Persis Solo melawan Persijap Jepara di Stadion Manahan pada Selasa (9/11/2021) malam. Laga dimenangkan Persis Solo dengan skor 5-2.

Bhre mengenakan kaus bertuliskan 1923 yang merupakan tahun berdirinya Persis Solo. “Sudah beberapa kali, mungkin enam kali menyaksikan laga. Persis Solo kan kebanggaan kami juga. Sebagai masyarakat Solo saya salut sekali,” kata dia.

Baca Juga : Tanpa Ini, Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Tidak akan Punya Otoritas

7. Sosok visioner.

Salah satu kerabat keluarga Pura Mangkunegaran Solo, Irawati Kusumorasri, melihat Bhre Cakrahutomo sebagai sosok yang visioner. Pegiat budaya yang juga penggagas Solo International Performing Arts (SIPA) ini berharap pemimpin baru bisa mempertahankan posisi Pura Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan sekaligus kesenian.

“Gusti Bhre sosok muda yang visioner. Punya jaringan yang luas. Saya yakin bisa menjaga dan mengembangkan Pura Mangkunegaran dengan baik,” kata Ira kepada Solopos.com di Solo, Rabu (19/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya