7 Destinasi Wisata Dalam Negeri yang Tak Kalah dari Luar Negeri
Pemandangan matahari tenggelam di Tanjung Tinggi, Belitung (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Meskipun saat ini kita tak berlibur, tak salahnya merencanakan liburan di masa yang akan datang bukan? Faktanya, pemerintah sendiri memprediksi bahwa pada tahun 2021 sektor pariwisata akan kembali booming, termasuk destinasi wisata dalam negeri.

Tentu kamu tak ingin kelewatan untuk menyegarkan pikiran setelah sekian lama tidak bisa berlibur.

Berbicara soal liburan impian, destinasi liburan terbaik tak harus selalu berada di luar negeri. Ada banyak sekali destinasi liburan dalam negeri yang tak kalah menarik yang bisa kamu jelajahi. Yuk, supaya nggak ketinggalan kita intip lebih dahulu berbagai destinasi wisata dalam negeri yang tak kalah dari luar negeri berikut!

1. Batam

Bicara soal wisata pulau, umumnya Bali menjadi salah satu pilihan favorit wisata dalam negeri. Padahal ada banyak sekali destinasi wisata pulau di Indonesia yang tak kalah menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Batam.

Asyik, Warga Karanganyar Sekarang Bisa Belanja Online di 4 Pasar Tradisional Ini

Pulau yang sangat dekat dengan Singapura ini memiliki banyak sekali pilihan resort cantik yang bisa maksimalkan. Ada banyak sekali pula aktivitas olahraga air seru yang bisa kamu lakukan di Batam mulai dari jetski hingga parasailing.

Selain itu, destinasi wisata dalam negeri ini juga terkenal akan ragam kuliner unik yang dimilikinya.

2. Danau Sentani

Destinasi wisata nan indah di tanah Papua tak hanya seputar di Raja Ampat saja, ada pula Danau Sentani yang menawarkan keindahan alam tak kalah memukau.

Suasana danau yang namanya memiliki makna “di sini kami tinggal dengan damai” ini memang memiliki atmosfer yang sangat damai dan menenangkan.

Ini Dia Sejarah Benteng Willem II Ungaran

Tak cuma keindahan alamnya, setiap Juni kerap diselenggarakan Festival Danau Sentani yang akan memperkenalkan berbagai budaya dan adat yang ada di Papua mulai dari tari-tarian adat serta pertunjukkan seni lainnya.

3. Kepulauan Derawan

Ingin menikmati keindahan bak di Maldives? Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur.

Tak hanya menawarkan pemadangan pantai dan laut yang indah lengkap dengan resort-resort indah yang berdiri diatar permukaan air laut, destinasi wisata dalam negeri ini juga merupakan destinasi diving dan snorkeling yang terkenal akan keindahan pemandangan alam bawah lautnya.

4. Desa Adat Wae Rebo

Tak hanya keindahan alamnya, Indonesia terkenal akan kekayaan adat dan tradisi yang dimilikinya. Salah satu destinasi wisata dalam negeri yang tepat untukmu mengenal lebih dekat adat yang ada di Nusantara adalah Wae Rebo.

Kisah Dokter Pasien Covid-19 Wonogiri, Nangis Karena Tak Bisa Salaman dengan Orang Tua

Desa adat yang dijuluki negeri di atas awan ini terkenal akan indahnya arsitektur tradisionalnya yang berdiri megah berdampingan dengan alam yang masih sangat asri. Tak heran jika Wae Rebo telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCA pada 2012 silam.

5. Belitung

Destinasi wisata dalam negeri yang wajib kamu jelajahi selanjutnya adalah Belitung. Terkenal lewat film Laskar Pelangi, Belitung memang memiliki banyak sekali pantai-pantai yang sangat eksotis dan khas dengan bebatuan granit-nya.

Tak cuma pantai, beberapa obyek wisata di Belitung lainnya yang tak kalah indah adalah Danau Kaolin, Hutan Lindung Gunung Tajam, hingga Museum Kata Andrea Hirata.

6. Danau Toba

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar tak cuma di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara. Jadi, jangan heran kalau destinasi wisata dalam negeri satu ini sudah memiliki popularitas yang mendunia.

Seniman Solo Kolaborasi Bikin Lagu Ndanku Kempot, Lagunya Bikin Mewek

Tak cuma bisa menikmati keindahan alam Danau Toba yang eksotis dan asri, kamu juga bisa mengunjungi berbagai desa-desa yang ada di sekitar Danau Toba untuk melihat lebih dekat berbagai adat masyarakat Batak yang mendiami kawasan tersebut.

7. Goa Gong

Jika kamu memiliki jiwa petualang, Goa Gong yang berada di Pacitan bisa jadi destinasi wisata dalam negeri alternatif liburanmu.

Menawarkan keeksotisan stalaktit dan satalkmit yang masih alami, Goa Gong bahkan disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah yang ada di Asia Tenggara, lho!

Aktivitas Pendakian Ditutup, Mbok Yem Pilih Turun Gunung Lawu & Lebaran di Rumah

Sudah dapatkan inspirasi liburan dalam negeri yang cocok untuk isi jadwal traveling-mu nanti? Supaya bisa buat rencana liburan bisa lebih hemat.

Tak ada salahnya mulai booking hotel dari jauh-jauh hari. Tak cuma bisa dapatkan penawaran harga tebaik, kamu juga bisa memiliki lebih banyak waktu untuk temukan promo hotel murah untuk buat liburan impian jadi lebih hemat!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho