7 Alasan Kamu Harus Punya Kanopi di Rumah

Kanopi membantu menjaga kesejukan rumah serta menghalangi masuknya air hujan dan menjaga kebersihan. Selain itu berfungsi juga sebagai tempat parkir mobil semi tertutup.

 Ilustrasi kanopi minimalis (rumah190)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kanopi minimalis (rumah190)

Solopos.com, SOLO — Kanopi adalah atap yang biasanya berada terpisah dari bangunan utama rumah. Penempatannya bisa di teras, garasi maupun halaman. Apa pun bentuk dan desain rumahmu, sangat disarankan untuk memasang kanopi. Kenapa? Berikut beberapa alasannya, seperti dikutip dari intiland.com:

Melindungi dari cuaca
Kanopi rumah umumnya berfungsi sebagai pelindung rumah dari berbagai keadaan cuaca seperti panas terik, angin, dan hujan. Kanopi membantu menjaga kesejukan rumah serta menghalangi masuknya air hujan dan menjaga kebersihan. Selain itu berfungsi juga sebagai tempat parkir mobil semi tertutup.

Fungsi tambahan pada bagian luar rumah
Selain sebagai garasi mobil, kanopi rumah dengan penampilannya yang menawan juga bisa dipakai sebagai tempat berkumpul keluarga atau kerabat. Kamu bisa menaruh beberapa kursi dan meja di teras depan untuk bercengkerama. Dengan bahan yang ringan dan hanya menggunakan tiga tiang pancang sebagai penahan atap kanopi, desainnya yang menarik juga mengizinkan cahaya masuk yang membuat rumah menjadi terang.

Baca Juga: 7 Tips Interior Musim Panas untuk Rumah Idamanmu

Menangkal bias cahaya
Jika kamu mempunyai halaman rumah cukup luas, kanopi bisa membuat suasana rumah lebih nyaman. Menikmati hari yang tenang sendiri atau bersama keluarga di ruang terbuka menjadi lebih nikmat. Atapnya didesain khusus untuk menangkal pembiasan cahaya yang biasanya membuat silau. Apalagi jika sedang melihat layar elektronik seperti handphone atau laptop. Dengan bahan yang berfungsi seperti kaca film, kanopi menolak panas namun tetapi mengijinkan cahaya yang cukup untuk menembusnya.

Menghemat listrik
Khusus untuk kanopi rumah dari panel surya yang menyerap panas pada siang hari dan memberikan listrik yang cukup untuk kebutuhan rumah. Dengan ini, rumah bisa menjadi lebih sejuk. Menghindari penggunaan kipas angin atau AC yang berlebihan dan menghemat listrik. Selain itu, atap panel surya juga tahan lama dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik di malam hari.

Memperkuat Desain Rumah

Memperkuat desain rumah
Fungsi lain kanopi rumah yang jarang dimanfaatkan adalah sebagai alat untuk memperkuat kesan pada desain rumah itu sendiri. Kanopi tidak hanya berfungsi melindungi dari panas dan hujan, namun juga sebagai penunjuk ruangan tertentu sehingga terlihat seperti terpisah dari bagian rumah yang lain.

Baca Juga: Pakai Kain Tradisional, Interior Ruangan Jadi Unik dan Berkarakter

Atap rumah
Kamu mungkin sering melihat bangunan dengan konstruksi kanopi di atasnya. Teras maupun tempat parkir mobil mungkin juga menggunakan konstruksi kanopi. Konstruksi kanopi dapat digunakan sebagai atap bangunan, dengan kombinasi material yang kuat seperti besi maka dapat dipadukan dengan material atap yang mungkin memiliki berat yang ringan hingga sedang.

Atap dari seng, asbes hingga kaca pun dapat digunakan. Selain itu, ada juga material yang lebih ringan seperti fiber dan membrane. Kanopi yang digunakan sebagai atap bangunan memiliki keuntungan seperti jarak bentang yang cukup lebar, apalagi jika material atap yang digunakan ringan tentu menambah bentangan yang ditopang lebih luas lagi. Selain itu konstruksi kanopi memiliki bobot yang lebih ringan dibanding konstruksi atap konvensional.

Memberikan penekanan bangunan
Fungsi atap kanopi yang tidak boleh dianggap remeh adalah memberikan penekanan pada sebuah rumah atau bangunan. Penekanan yang dimaksud bisa berupa fokus terhadap desain, alur, ataupun bagian tertentu dari sebuah bangunan.

Pada beberapa bangunan fasilitas umum, fungsi atap kanopi bisa menjembatani atau memisahkan peran satu bangunan terhadap yang lain. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak bangunan penting atau bersejarah yang sengaja memilih atap kanopi dengan karakter mencolok sebagai penekanan desain, fitur, alur, atau detail pada sebuah bangunan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Salut! Demi ke Sekolah, Bocah Ini Lewati Laut dengan Styrofoam

Untuk menuju sekolah, bocah itu memanfaatkan busa kotak putih untuk menopang tubuhnya saat mengarungi laut.

Ngeden Ternyata Memicu Pendarahan Otak, Waspada!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang efek mengejan yang bisa memicu pendarahan otak.

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis atau Bocor

Tidak perlu panik bila menghadapi masalah tabung gas mendesis atau bocor. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah itu.

Ibu Positif Covid-19, Bolehkan Berikan ASI Eksklusif ke Buah Hati?

Diperlukan dukungan baik kepada ibu menyusui agar tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayinya apa pun status kesehatan sang ibu.

Hari Paru Sedunia 2021, Momen Kampanye Kesehatan Paru

Kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan masih menjadi perhatian dunia.

Setor Tunai Sampai Bikin 5 Teller Kerepotan, Jumlah Uangnya Bikin Warganet Halu

Alhasil sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa nasabah tersebut tak dilayani di loket khusus setoran tunai di atas Rp50 juta.

Dialami Tukul Arwana, Apakah Pendarahan Otak Bisa Sembuh?

Seperti dialami presenter Tukul Arwana, kira-kira apakah pendarahan otak bisa sembuh? Begini jawaban dari dokter.

Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

Viral! Formulir Pekerjaan Berisi Syarat Mesum, Disuruh Foto Tak Senonoh

Seorang pelamar kerja mendapatkan sesuatu yang tak wajar saat mengisi formulir, dia mendapati pertanyaan berbau pornografi.

Miris! Tiktoker Cantik ini Dibully Gegara Miliki Tanda Lahir di Wajah

Meski mempunyai wajah rupawan, Tiktoker Ika Masriana sering mendapatkan bully-an lantaran memilliki tanda lahir di mukanya.

Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Video wanita yang dijodohkan dengan tetangganya ini memperlihatkan momen pertama mereka bertemu.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi.

Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Meski tidak ada riwayat sakit sebelum terkena pendarahan otak, namun sebenarnya Tukul Arwana sudah menunjukkan sejumlah gejala.

3 Doa Agar Dagangan Laris, Mari Diamalkan

Salah satu ihktiar agar dagangan laris adalah dengan berdoa memohon kepada Allah SWT.

9 Daerah di Jawa Tengah Endemis, Begini Cara Pencegahan Kaki Gajah

Sebelum melakukan pencegahan, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab penyakit kaki gajah.