SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Meskipun sudah tidak melakukan kegiatan yang berat dan sudah cukup istirahat, Anda tetap saja merasa lelah.  Bahayanya, orang yang sering merasa lelah sering kali depresi. Apakah ada yang salah dengan tubuh Anda? Atau Anda memang butuh lebih banyak istirahat daripada orang lain?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1.  Kurang minum
Karena setengah dari tubuh terdiri dari air, maka tidak aneh kalau Anda merasa lelah jika Anda kurang minum. Ini karena air membantu reaksi metabolisme terjadi. Kalau tidak ada cukup air, Anda menjadi lelah.

2.  Tidak cukup olahraga

Meskipun olahraga membuat Anda merasa lelah, tidak berolahraga justru membuat Anda merasa lebih sering lelah. Hal ini karena tingkat metabolisme turun dan kalori yang terbakar sedikit sehingga Anda lebih merasakan lelah.

3.  Multi-tasking

Multi –tasking atau melakukan banyak pekerjaan sekaligus bisa membuat Anda merasa lelah. Beberapa penelitian menunjukkan berganti-ganti dari satu hal ke hal yang lain dalam satu waktu bisa menyebabkan Anda membuat kesalahan dan merasa lelah. Mengonsumsi gula  bisa membuat Anda terus beraktivitas tapi lama kelamaan Anda akan merasa lelah juga.

4.  Postur tubuh jelek
Postur tubuh yang tegap ternyata tidak hanya enak dilihat tapi juga baik untuk kesehatan.  Postur tubuh yang cenderung bungkuk tidak menopang berat secara merata. Menurut fisioterapis dari Cleveland Clinic, ini bisa membuat Anda merasa lebih sering lelah karena kerja jantung dan paru-paru jadi lebih berat.

5. Terlalu banyak kafein
Telalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan Anda merasa lelah. Pasalnya, kafein yang biasanya ada dalam kopi memaksa otak Anda bekerja lebih keras. Cobalah untuk mengurangi jumlah gelas kopi yang Anda minum.

6. Bosan

Kebosanan yang muncul karena tidak melakukan apa pun bisa jadi penyebab Anda selalu merasa lelah. Karena ketika Anda melakukan sesuatu, otak Anda terstimulasi dan ini membuat Anda tidak terlalu merasakan lelah. Tapi, ketika tidak melakukan apa pun, Anda kehilangan energi yang besar dan lebih cepat merasakan kelelahan.

7. Penyakit Jantung

Kalau 6 alasan bukanlah penyebabnya, berarti ada kemungkinan Anda memeriksakan kesehatan Anda. Pasalnya, jantung yang tidak berfungsi dengan baik membutuhkan lebih banyak energi untuk memompa darah. Jadi, bisa saja Anda memiliki penyakit jantung yang tidak terdeteksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya