SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

BOYOLALI – Jumlah total jemaah calon haji (calhaj) yang termasuk kategori risiko tinggi (risti) sebanyak 7.109 dari 10.837 calhaj yang terbagi menjadi 29 kloter. Kategori calhaj risiko tinggi adalah calhaj usia lanjut dan memiliki penyakit bawaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Usia lanjut itu usia di atas 60 tahun. Sedangkan yang dimaksud penyakit bawaan adalah penyakit yang sudah diderita pasien sebelum masuk ke embarkasi, contohnya jantung, hipertensi dan anemia,” ungkap Sekretaris Tim Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Badar Kirwono, saat dihubungi JIBI/SOLOPOS, di sela-sela memeriksa kesehatan calhaj, Minggu (30/9/2012).

Menurut Badar, jumlah calhaj risti keberangkatan Embarkasi Solo cukup banyak karena banyak calhaj yang berusia di atas 60 tahun. Untuk itu, Badar mengimbau kepada calhaj untuk menjaga kondisi supaya tidak mudah sakit.

Data yang dihimpun Espos menunjukkan dari jumlah total calhaj sebanyak 32.821 yang berangkat dari Embarkasi Solo, sebanyak 34,66% atau 11.375 calhaj berusia di atas 60 tahun. Sampai Minggu, tercatat masih ada tiga calhaj yang dirawat di RS Moewardi. Ketiga calhaj tersebut adalah Sukasno dari kloter 16 serta Sudiyanti dan Muslimah dari kloter 31.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya