Tutup Iklan

69 Orang Terkonfirmasi Covid-19, Klaster PTM di Jateng?

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah memunculkan klaster Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng).

 Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.)

Solopos.com, SEMARANG — Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah memunculkan klaster atau kasus baru penularan Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng).

Catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, total ada sekitar 69 kasus baru Covid-19 yang ditemukan dari kegiatan PTM di sekolah. PTM mulai digelar sejak 30 Agustus 2021 lalu.

Dari 69 kasus itu, paling banyak terjadi di sebuah madrasah tsanawiyah (Mts) di wilayah Kabupaten Jepara. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan adanya penemuan kasus Covid-19 dari klaster PTM atau klaster sekolah itu.

Baca juga: Duh, Vaksinasi 4 Daerah di Jateng Ini Masih Lemot

Meski demikian, ia memastikan kasus tersebut sudah ditangani secara intensif. Salah satunya dengan menutup sekolah yang menjadi klaster penularan Covid-19.

“Beberapa kejadian klaster sekolah memang terjadi di Jateng, salah satunya di Mts Jepara itu. Ada 28 orang yang terdeteksi Covid-19, 25 siswa dan 3 guru. Saya sudah komunikasi ke Kemenag [Kementerian Agama] agar sekolahnya ditutup, jangan sampai kita jadi stempel gagal [pelaksanaan PTM],” ujar Ganjar seusai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021).

Selain di Jepara, Ganjar juga mendapat laporan adanya kasus penularan Covid-19 di lingkungan sekolah di Kabupaten Blora.

Baca juga: Sudah Alami Kecelakaan, Belasan Pegawai RSUD Terancam Sanksi dari Wali Kota Semarang

Covid-19 di Blora Sebelum PTM

Meski demikian, Ganjar memastikan jika penularan Covid-19 di sekolah di Blora tersebut bukan berasal dari kegiatan tatap muka atau PTM.

“Saya sudah cek yang di Blora. Saya sudah kontak Bupati, ternyata klaster di sana itu bukan karena PTM, tapi persiapan. Sebelum PTM, dilakukan skrining dan ditemukan ada yang terpapar,” ujar Ganjar.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, dr. Yulianto Prabowo, yang justru memuji langkah sekolah di Blora yang menggelar testing Covid-19 sebelum menggelar PTM.

Baca juga: Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

“Kita justru apresiasi itu [kasus penularan di Blora]. Mereka ada inisiatif melakukan skrining sebelum menjalani PTM. Itu sebagai langkah pencegahan dan antisipasi penularan. Itu bagus, harusnya jadi contoh semua daerah,” tutur Yulianto.

Yulianto mengatakan dari hasil pemeriksaan tersebut setidaknya ditemukan 40 orang yang terpapar Covid-19 dari 8 sekolah di Blora. Dari 40 orang yang terpapar Covid-19 itu mayoritas merupakan orang dewasa, atau guru dan bukan siswa.

“Jadi bukan karena PTM, karena yang terpapar itu guru semua,” ujarnya.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Ini 5 Wisata Jateng yang Aman Dikunjungi

Inilah lima objek wisata di Jawa Tengah yang aman dikunjungi meski di tengah pandemi Covid-19.

Bertambah! Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Maut di Pantura Demak

Korban kecelakaan maut yang melibatkan minibus atau mikrobus di jalur pantura Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, bertambah.

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Terguling di Demak, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan maut terjadi di ruas Jalan Semarang-Demak, Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (8/12/2021).

18 Kasus Kekerasan Seksual Banjarnegara, Terbaru Ayah Tiri Cabuli Anak

Sebanyak 18 kasus kekerasan seksual di wilayah hukum Polres Banjarnegara sejak Januari hingga November 2021, terbaru ayah tiri mencabuli anaknya selama satu tahun.

Minibus Kecelakaan Tunggal di Jalur Pantura Demak, 2 Orang Meninggal

Sebuah minibus mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Pantura Semarang-Demak, Kabupaten Demak, hingga menyebabkan dua penumpang meninggal dunia.

Gunung Semeru Erupsi, Ganjar: Warga Merapi Kudu Siaga!

Gubernur Ganjar mengingatkan warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi agar lebih siaga menghadapi kemungkinan terjadinya erupsi, mengingat aktivitas vulkanik belum stabil.

Kemenpan RB Visitasi Perubahan IAIN Salatiga Jadi UIN Salatiga

Visitasi ini memeriksa kesesuaian data proses alih bentuk dari IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga secara langsung ke lapangan.

Kepala Lapas Purwodadi Diganti, Pejabat Lama Pindah Larantuka

Jabatan Kepala Lapas Purwodadi diserahterimakan dari pejabat lama Solichin kepada pejabat baru Soebiyakto yang sebelumnya menjabat Kepala Rutan Kebumen.

Kronologi Penemuan Sopir Truk yang Tersapu Lahar Dingin Merapi

Seorang sopir truk pengangkut pasir ditemukan meninggal dunia setelah tersapu banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Bebeng, Kabupaten Magelang.

Disdikpora Kudus Kebut Proses Perbaikan 11 Sekolah yang Rusak

Perbaikan 11 sekolah rusak tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kudus, dikebut agar bisa selesai dan bisa segera digunakan untuk belajar mengajar.

Bupati Jepara Ancam Tutup Sekolah yang Berani Tahan Ijazah Siswa

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengaku menerima laporan adanya sekolah yang menahan ijazah siswanya.

Brati Grobogan Masih Banjir, Kades Lemahputih Usulkan Sudetan Sungai

Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Jumlah rumah dan sawah terdampak bertambah.

Ungguli Jatim, Jabar, dan DKI, Pemprov Jateng Raih Anugerah Meritokrasi

Selain Pemprov Jateng, tiga pemerintah kabupaten di Jateng juga mendapat penghargaan yakni Pemkab Purworejo, Pemkab Sragen, dan Pemkab Wonogiri dengan kategori Baik.

PPKM Level 3 Batal, Salatiga Tetap Lakukan Penyekatan Jalan

Pemerintah Kota Salatiga tetap akan menerapkan penyekatan ruas jalan di wilayahnya, kendati PPKM Level 3 nasional dibatalkan.

Air Terjun Sekar Langit Magelang, Tempat Jaka Tarub Ketemu Nawangwulan

Air Terjun Sekar Langit merupakan tetesan mata air dari puncak Gunung Telomoyo, gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan Kabupaten Magelang yang lekat dengan legenda Jaka Tarub dan Dewi Nawangwulan.