SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi anak. (dok)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 68.785 siswa SD di Klaten dalam kondisi siap mengikuti vaksinasi Covid-19, dalam waktu dekat. Puluhan ribu siswa tersebut tergolong usia 6 tahun-11 tahun yang masuk dalam sasaran vaksinasi Covid-19.

Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Yunanto, mengatakan Kabupaten Bersinar terdapat 660 SD negeri dan 83 SD swasta. Sejauh ini, Disdik Klaten turut membantu pendataan calon peserta vaksinasi Covid-19 kategori anak yang sedang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jumlah siswa SD negeri mencapai 67.356 siswa. Sedangkan SD swasta mencapai 19.429 siswa. Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinkes Klaten,” kata Yunanto, kepada Solopos, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga: Foto-Foto Boyongan Pedagang Warung Apung Rawa Jombor ke Plaza Kuliner

Yunanto mengatakan kalangan anak yang berusia 6 tahun-11 tahun di Klaten belum terjangkau vaksinasi Covid-19. Padahal, para anak itu juga harus memperoleh vaksinasi dalam rangka mendukung herd community.

“Kami mendukung penuh adanya program vaksinasi Covid-19 kalangan anak. Meski kasus Covid-19 di Klaten melandai, pandemi Covid-19 masih berlangsung. Semua elemen masyarakat wajib waspada karena virus corona menyerang ke siapa saja, baik anak-anak dan kalangan dewasa. Makanya, anak-anak perlu divaksinasi agar tambah aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Yunanto mengatakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Klaten sudah menyasar ke siswa SMP. Total siswa SMP di Klaten yang sudah divaksinasi Covid-19 mencapai 2.793 orang. Jumlah itu terdiri dari 2.271 siswa SMPN negeri dan 522 siswa SMP swasta.

Baca Juga: Ada Peluang Permintaan 5 Kuintal/Hari, KTNA Klaten Kembangkan Maggot

“Guru dari tingkat SMP dan SD di Klaten semuanya sudah divaksinasi Covid-19. Jadi, anak-anak usia 6 tahun-11 tahun memang perlu segera divaksinasi,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan tim nakes di Kabupaten Bersinar sedang mendata calon peserta vaksinasi anak di Kabupaten Bersinar, Selasa (14/12/2021). Proses pendaraan melibatkan pengelola sekolah dan sejumlah desa di Klaten.

“Diharapkan, vaksinasi Covid-19 yang akan menyasar ke anak berusia 6 tahun-11 tahun dapat semakin membentuk herd community. Di sisi lain, kami juga masih rutin melalukan vaksinasi Covid-19 secara door to door. Diharapkan juga, capaian vaksinasi juga segera menyentuh angka 80 persen,” katanya.

Baca Juga: Masyarakat Boyolali Diminta Mau Memilah Sampah

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten sebanyak 34.832 kasus. Jumlah tersebut tercatat hingga, Selasa (14/12/2021).

“Sebanyak dua orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.907 orang dinyatakan sudah sembuh. Sebanyak 2.923 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya