SOLOPOS.COM - Ilustrasi benih ikan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi benih iakan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR--Sedikitnya 660.000 benih ikan bakal disebar di 16 kecamatan di Karanganyar pada pertengahan 2013. Benih ikan tersebut terdiri atas 500.000 benih ikan lele, 85.000 nila, 50.000 patin dan 25.000 gurame.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Karanganyar, Sutardi, saat dijumpai Solopos.com awal pekan kemarin menjelaskan  kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program Forikan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sutarni mengungkapkan di Karanganyar, program yang bertujuan meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat tersebut telah dimulai awal 2013. Diketahui, tingkat konsumsi ikan di Karanganyar masih rendah, yakni 10 kg per kapita per tahun. Artinya, rata-rata tiap satu orang hanya mengkonsumsi ikan 10 kg dalam setahun. Angka tersebut tergolong rendah dibanding tingkat konsumsi ikan Provinsi Jateng, yakni 18 kg per kapita per tahun.

Oleh karena itu Pemkab Karanganyar gencar mengampanyekan program gemar makan ikan agar tingkat konsumsi ikan meningkat. Selain itu, kebutuhan gizi dan protein warga menjadi terpenuhi.

Saat ini, lanjut Sutardi, pihaknya dalam proses pengadaan benih yang bakal disebar pada akhir bulan Mei hingga Juni 2013. Pengadaan benih yang diambil dari dana aspirasi APBD itu merupakan bantuan untuk kelompok-kelompok budidaya ikan. Menurutnya, saat ini ada beberapa kelompok yang siap memelihara benih yang telah didata lewat penyuluh kecamatan.

“Saat ini kan budidaya ikan belum menjadi kegiatan utama, masih sekadar sambilan. Dengan program ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang memelihara ikan.”

Ia menambahkan dari  17 kecamatan di Karanganyar, Tawangmangu tidak menjadi sasaran karena kondisi suhu yang ekstrem. Ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara dalam kondisi air seperti apa pun. Sedangakan nila dan gurame biasanya dipelihara pada kolam yang airnya mengalir. Namun, hanya beberapa ikan yang cocok untuk suhu dingin yakni tawes, tombro dan emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya