638 Calon PPPK di Sragen yang Ikut Tes Dipastikan Lolos 100%

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 638 calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Kabupaten Sragen siap mengikuti computer assisted test (CAT) ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMKN 2 Sragen, Sabtu-Minggu (23-24/2/2019). Semua atau 100% dipastikan lolos.

Mereka dipastikan lolos karena tidak ada ketentuan passing grade seperti dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen Sarwaka bersama Kabid Perencanaan dan Penataan Pegawai BKPP Sragen, Dwi Agus Prasetyo, saat berbincang dengan Solopos.com di BKPP Sragen, Jumat (22/2/2019).

Sarwaka dan Agus sudah melakukan uji coba CAT UNBK di SMKN 2 Sragen pada Jumat pagi hingga siang. Mereka juga memastikan segala persiapan untuk CAT UNBK bisa dijalankan dengan baik.

BKPP menyiapkan tujuh ruang dan masing-masing ruang terdapat 25 unit komputer (PC) plus dua komputer cadangan per ruang. BKPP menargetkan ujian 175 peserta CAT UNBK bisa selesai pada hari pertama tes. Selebihnya dilanjutkan pada hari kedua, Minggu (24/2/2019).

“Hasil verifikasi awal ada 635 orang yang memenuhi syarat. Hingga Jumat ini bertambah tiga orang, yakni dua orang kiriman dari provinsi dan satu orang yang sebelumnya tidak memenuhi syarat [TMS] menjadi memenuhi syarat (MS) karena setelah diteliti ulang memiliki ijazah liner. Jadi yang TMS tujuh orang dari total pendaftar 645 orang dan kuota 689 lowongan,” jelas Agus.

Ke-638 orang akan mengikuti dua jenis tes di SMKN 2 Sragen, yakni tes kompetensi dan tes wawancara. Tes kompetensi terdiri atas tes managerial, sosiokultural, dan teknis. Sementara tes wawancara juga dilakukan dengan model CAT. Tes kompetensi berlangsung selama 100 menit dan tes wawancara selama 20 menit.

Sarwaka menambahkan peserta hadir satu jam sebelum tes dan mengenakan pakain atas putih dan bawahan hitam. Peserta wajib membawa kartu ujian, kartu tanda penduduk (KTP), dan pensil 2B.

Tes pada hari pertama terbagi atas empat sesi dengan durasi 2 jam per sesi. Sesi pertama pukul 07.30WIB-09.45 WIB untuk persiapan tes. Dia mengatakan tes sebenarnya dilakukan pada sesi kedua, pukul 10.00 WIB-12.15 WIB, sesi ketiga pukul 13.00 WIB-15.15 WIB, dan sesi keempat pukul 15.30 WIB-17.45 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, menyampaikan Pemkab Sragen sudah mengalokasikan Rp28,3 miliar untuk gaji PPPK pada APBD 2019. Anggaran tersebut sudah termasuk gaji ke-14 bagi PPPK yang diangkat.

“Semua PPPK yang lolos seleksi digaji tanpa terkecuali. Para calon PPPK yang ikut tes dipastikan lolos 100% kecuali mereka tidak mengerjakan soal sama sekali. Perbandingan 1:0, jadi tidak ada yang tidak diterima. Kalau ada eks K2 yang tidak diterima maka K2 itu dipertanyakan apakah KW-1 atau KW-2. Database K2 yang diberikan BKN sudah sesuai dengan data dari Kemenpan & RB dan linier,” tambah dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.