SOLOPOS.COM - Striker Liverpool Christian Benteke yang tinggal berhadapan dengan kiper Arsenal Petr Cech, gagal menjebol gawang karena aksi Cech yang sangat gemilang. JIBI/Reuters/Tony O'Brien

Arsenal vs Liverpool berakhir dengan hasil kacamata 0-0. Hasil akhir itu tak lepas dari peran kiper baru Arsenal Petr Cech yang bermain brilian.

Solopos.com, LONDON—Duel akbar Arsenal dan Liverpool di pekan ketiga Liga Premier di Stadion Emirates, London, menampilkan aksi gemilang para debutan. Hal itu salah satunya berlaku untuk penjaga gawang tim tuan rumah, Petr Cech.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cech layak dilabeli sebagai juru selamat The Gunners, julukan Arsenal, menyusul penampilan gemilang dirinya dalam 90 menit. Kiper internasional Republik Cheska itu di antaranya membuat dua penyelamatan krusial yang membuat gawang timnya tetap perawan di babak pertama.

Cech, sebagaimana dicatat espnfc.com, Selasa, lebih dulu menangkis tembakan jarak dekat Christian Benteke sebelum kemudian mementahkan peluang emas lain tim tamu melalui Philippe Coutinho.

Cech menjadi palang pintu sempurna Arsenal untuk menutup kelemahan di lini pertahanan. Dalam sejumlah kesempatan, barisan belakang The Gunners yang tidak diperkuat dua pilar penting mereka, Laurent Koscielny dan Per Mertesacker, terlihat tampil keteteran.

Duet Calum Chambers dan Gabriel Pauleta di jantung pertahanan tak cukup tangguh meredam serangan lawan. Namun, pada saat itulah Cech menunjukkan kualitasnya sebagai kiper kelas dunia. Penjaga gawang 33 tahun itu seolah ingin pamer kemampuan setelah tampil tak memuaskan di pertandingan pembuka liga melawan West Ham United di mana timnya bertekuk lutut 0-2.

Saat melawan Liverpool, sejumlah peluang  nyaris membobol gawang Arsenal kalau saja Cech tak bermain gemilang. Pada menit ke-24 Liverpool nyaris menciptakan gol lewat James Milner. Tapi sepakannya ke tiang dekat sukses diamankan Petr Cech.

Memanfaatkan Benteke sebagai tembok pantul di lini depan, beberapa kali Liverpool mampu mencuri peluang lewat skema demikian. Bola panjang dari daerah pertahanan diarahkan langsung kepada Benteke, yang kemudian diarahkan kepada Coutinho, Roberto Firmino, atau Milner. Namun Cech bermain sempurna.

Di menit ke-38 peluang terbaik Liverpool hadir lagi. Dari sebuah kesalahan Hector Bellerin dalam menguasai bola, membuat Firmino mampu mencurinya dan mengirim umpan tarik ke muka gawang. Benteke menyontek bola dari jarak dekat tapi Cech dengan sigap mampu menepis.

Pemain Brasil Coutinho kembali bikin peluang semenit sebelum turun minum. Dari sisi kanan, dia coba mendapatkan ruang tembak dan berhasil melepaskan bola ke tiang jauh. Tapi jari Cech sempat menyentuh bola sebelum menghantam mistar. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya