SOLOPOS.COM - Ilustraso mudik dengan kereta api. (JIBI/Solopos/Antara/Yustinus Agyl)

Layanan kereta api (KA) rute Purwokerto-Yogyakarta akan diberi tarif khusus. 

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO- PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka layanan dengan tarif khusus, baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi pada rute Purwokerto-Yogyakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu diungkapkan Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi (Daops) V Purwokerto, Surono, Rabu (19/8/2015).

“Pembukaan layanan dengan tarif khusus pada rute Purwokerto-Yogyakarta/Lempuyangan pp [pergi pulang] ini untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat pada angkutan kereta api di rute tersebut,” kata Surono di Purwokerto Jawa Tengah, Rabu.

Sebelumnya KAI Daops V membuka layanan dengan tarif khusus pada rute Kutoarjo-Yogyakarta-Solo untuk beberapa KA eksekutif dan bisnis sejak 21 Juli lalu.

Surono mengatakan layanan KA dengan tarif khusus yang mulai berlaku pada hari Kamis (20/8/2015) akan disediakan pada KA eksekutif Taksaka, KA bisnis Fajar Utama dan Senja Utama Yogyakarta, serta KA ekonomi komersial Bogowonto dan Gajahwong untuk rute Purwokerto-Yogyakarta/Lempuyangan atau sebaliknya (Yogyakarta/Lempuyangan-Purwokerto).

Menurut dia, harga tiket dengan tarif khusus untuk KA Taksaka hanya Rp100.000, KA Fajar Utama Yogyakarta dan Senja Utama Yogyakarta senilai Rp80.000, serta KA Bogowonto dan KA Gajahwong sebesar Rp60.000.

“Yang membedakan tiket dengan tarif khusus dengan tiket reguler adalah tempat penjualan dan waktu pembelian. Jika tiket reguler bisa dibeli sejak H-90 di seluruh kanal penjualan tiket KA, baik eksternal maupun internal, maka tiket tarif khusus hanya bisa dibeli di loket stasiun pada hari keberangkatan atau go show,” katanya.

Dalam hal ini, kata dia, penjualan tiket dengan tarif khusus tersebut akan dibuka dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api di loket stasiun.

Ia mengatakan bahwa penjualan tiket dengan tarif khusus di loket Stasiun Purwokerto untuk KA Taksaka Siang akan dibuka mulai pukul 12.00 WIB, KA Fajar Utama mulai pukul 09.42 WIB dan KA Gajahwong mulai pukul 10.07 WIB.

Sementara untuk KA malam dengan tarif khusus, yakni KA Taksaka Malam akan dibuka mulai pukul 23.55 WIB, KA Senja Utama Yogyakarta mulai pukul 22.26 WIB, dan KA Bogowonto mulai pukul 00.57 WIB.

Selain rute Purwokerto-Yogyakarta/Lempuyangan pp, lanjut Surono, tiket dengan tarif khusus tersebut juga dibuka untuk rute Banjarpatroman-Tasikmalaya-Bandung pp.

“Pada rute ini disediakan tarif khusus untuk KA eksekutif Turangga, Lodaya, dan Malabar senilai Rp70.000. Sementara untuk kelas Bisnis KA Lodaya, Malabar dan Mutiara Selatan Rp60.000, serta kelas ekonomi KA Malabar Rp50.000,” katanya.

Ia mengharapkan layanan KA dengan tarif khusus tersebut akan memberikan kemudahan dan pilihan transportasi yang cepat, nyaman, dan semakin banyak untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya