SOLOPOS.COM - Ilustrasi (freemagz.com)

Tips keuangan ini mengungkap 5 cara untuk berhemat.

Solopos.com, SOLO-Mengatur pengeluaran uang secara bijak membutuhkan ketelitian dan kemauan ekstra. Semua orang tentunya tidak menginginkan uang mereka habis sebelum tanggal gajian tiba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com, Sabtu (15/8/2015) dari laman Psychologicaltoday.com, mengatur pemasukan dan pengeluaran uang membutuhkan sebuah rencana finansial. Seorang psikolog dan penulis buku, Heidi Grant Halvorson, menerangkan bahwa menjalankan sebuah rencana finansial memerlukan kesadaran dan motivasi.

Halvorson membocorkan lima cara mudah untuk menjalankan rencana finansial agar uang Anda tidak terbuang percuma:

1. Tentukan tujuan finansial secara spesifik
Menyetel target berapa jumlah uang yang ingin disimpan setiap bulannya sangat penting. Menentukan jumlah pengeluaran secara spesifik akan membantu memberikan gambaran soal prioritas kebutuhan yang harus didahulukan.

2. Rencana harus dibarengi tindakan konkret
Rencana finansial harus dibarengi tindakan yang nyata. Tulis agenda kegiatan beserta uang yang harus dikeluarkan. Buatlah komitmen dengan diri sendiri mengenai rencana penghematan seperti membawa bekal ke kantor dan hanya makan di luar sekali dalam satu pekan.

3. Jangan gunakan belanja sebagai solusi masalah
Perasaan senang setelah berbelanja tidak akan bertahan lama jika Anda menyadari bahwa uang dalam rekening terkuras habis. Kontrol emosi Anda dan jangan tergesa-gesa mengambil keputusan untuk berbelanja .

4. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan
Membeli barang yang tidak mendesak atau tidak dibutuhkan akan membuat Anda merasa kecewa. Buatlah daftar prioritas untuk menghindari pembelian barang yang tidak perlu.

5. Berikah penghargaan pada diri sendiri
Berikan pengharagaan pada diri sendiri apabila target rencana finansial tercapai. Namun, tetap ingat untuk tidak menggunakan uang Anda terlalu banyak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya