SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada (Solopos-Dok.)

Pilkada serentak akan digelar di sejumlah daerah termasuk Sragen.

Solopos.com, KARANGANYAR-Di sisi lain agenda Pilkada Sragen diyakini bakal menarik partisipasi sejumlah politikus Bumi Intanpari. Mereka akan mendukung pemenangan jago masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aroma pertarungan Pilkada Karanganyar 2013 bakal terasa di Pilkada Sragen. Mantan Ketua DPC PDIP Karanganyar, Paryono, diprediksi bakal kembali terlibat persaingan dengan politikus PKS, Rohadi Widodo dan politikus Partai Golkar, Juliyatmono.

Paryono yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPD PDIP Jateng siap allout membantu pasangan Sugiyamto dan Joko Saptono yang diusung koalisi PDIP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem. Sedangkan Rohadi berdiri disisi Koalisi Sukowati Bangkit yang mengusung Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Dedy Endriyatno.

Yuni dan Dedy diusung Partai Gerindra dan PKS. Sementara Juliyatmono diyakini akan berdiri di belakang koalisi Partai Golkar dan Partai Hanura yang mengusung Agus Fatchur Rahman dan Joko Suprapto. Keterlibatan para politikus Karanganyar dalam Pilkada Sragen sangat dimungkinkan lantaran tak ada pilkada di Bumi Intanpari.

Rohadi Widodo adalah politikus pertama Karanganyar yang sudah menunjukkan partisipasinya dalam Pilkada Sragen. Mantan Wakil Ketua DPRD Karanganyar yang kini menjabat Wabup Karanganyar turut serta dalam pawai pesta rakyat pendaftaran pasangan Yuni dan Dedy akhir Juli.

Saat dimintai tanggapan Rohadi menyiratkan komitmennya untuk konsisten membantu pasangan Yuni-Dedy. Tapi dia tidak menyebut spesifik bantuan yang akan dia berikan. “[Saya] support [mendukung] saja. Jadi jurkam atau tidak saya belum tahu,” kata dia.

Sikap hampir sama disampaikan Juliyatmono. Menurut dia dirinya memberikan dukungan moriil kepada pasangan yang diusung koalisi Partai Golkar. Ihwal kemungkinan dirinya turut menjadi jurkam bagi pasangan yang diusung Golkar Sragen, dia tidak mau menanggapi.

Sedangkan Paryono terang-terangan menyatakan komitmennya untuk membantu pemenangan Sugiyamto-Joko Saptono. Dia menyatakan siap melaksanakan apa pun tugas pemenangan pilkada yang diberikan partai kepadanya. Dia optimistis PDIP bias memenangi enam pilkada di Soloraya.
Soliditas dan militansi kader PDIP menjadi alasan krusial menurut Paryono.

“Tugas sebagai kader partai dan sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Jateng yaitu memenangkan calon dari PDIP. Apa saja tugas dan apa yang ditugaskan oleh partai saya siap menjalankan,” kata dia.

Paryono menepis anggapan yang menyebutkan peluang PDIP di Wonogiri, Klaten, dan Sragen, lemah. Dia menyatakan seluruh kader dan pengurus PDIP akan bergerak serentak,bergotong-royong memenangi pilkada. “Saya yakin PDIP menang pilkada di Soloraya,” sambung dia.

Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, mengatakan sistem gotong royong memang menjadi tradisi di internal PDIP. Kader dan pengurus partai di daerah yang tidak menyelenggarakan pilkada memang diminta membantu pemenangan pilkada di sekitarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya