621 GTT SD-SMP di Wonogiri Diusulkan Jadi PPPK Tanpa Seleksi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengusulkan 621 guru tidak tetap atau GTT SD-SMP menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat memberikan sambutan sekaligus mengumumkan adanya pengusulan pengangkatan 621 GTT menjadi PPPK tanpa proses seleksi di acara Sarasehan Bupati Wonogiri dengan Forum GTT Wonogiri, di Gedung Sasono Mulyo, Wonogiri, Selasa (21/6/2022). Bupati belum bisa memastikan kapan SK pengangkat tersebut turun karena kewenangan berada di pemerintah pusat. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat memberikan sambutan sekaligus mengumumkan adanya pengusulan pengangkatan 621 GTT menjadi PPPK tanpa proses seleksi di acara Sarasehan Bupati Wonogiri dengan Forum GTT Wonogiri, di Gedung Sasono Mulyo, Wonogiri, Selasa (21/6/2022). Bupati belum bisa memastikan kapan SK pengangkat tersebut turun karena kewenangan berada di pemerintah pusat. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengusulkan 621 guru tidak tetap atau GTT SD-SMP menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Mereka diusulkan setelah pemerintah pusat membuka formasi PPPK tanpa proses seleksi.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan pemerintah pusat memberikan kuota sebanyak 623 GTT di Wonogiri menjadi PPPK tanpa proses seleksi. Pemkab sudah mengusulkan formasi PPPK bagi GTT yang tidak lolos seleksi tes PPPK I dan II. Mereka yang diusulkan minimal sudah mengabdi selama tiga tahun.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Pemerintah pusat membuat kebijakan untuk daerah-darah agar menginventarisasi GTT yang belum lolos seleksi diusulkan menjadi PPPK. Kami mempunyai formasi 623 orang. Sementara stok [formasi GTT SD-SMP] yang dimiliki Pemkab sebanyak 621. Kami mengusulkan semua,” kata Jekek, sapaan akrabnya kepada wartawan selepas acara sarasehan Forum GTT Wonogiri di gedung Sasono Mulyo Wonogiri, Selasa (21/6/2022).

Bupati Jekek belum dapat memastikan kapan surat keputusan (SK) pengangkatan GTT menjadi PPPK akan turun ke Wonogiri. Pemkab hanya mengusulkan dan menunggu instruksi dari pusat. Meski kewenangan SK di pusat, beban gaji tetap akan ditanggung Pemkab melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Tanggung jawab kami mengusulkan GTT menjadi PPPK sudah selesai. Sekarang domainnya berada di pemerintah pusat. Nanti, sistem penggajian berada di Pemkab. Anggaran senilai Rp175 miliar sudah kami siapkan, termasuk formasi PPPK I dan II,” jelas dia.

Baca Juga: Rekrut 3.545 Orang, Anggaran Gaji PPPK Wonogiri Rp229 Miliar Setahun

Pengangkatan menjadi PPPK merupakan bentuk kepekaan dan apresiasi pemerintah terhadap para GTT yang telah mengabdi sampai belasan tahun. Para GTT akan dilakukan observasi lapangan untuk penempatan formasi. Mereka akan ditempatkan pada formasi terdekat dengan rumah/tempat tinggal.

Setelah proses administrasi dan legalitas PPPK sudah selesai, para guru tersebut harus mempersiapkan generasi-generasi yang berkualitas. Mereka dituntut mendampingi siswa melalui metodologi pengajaran yang baik.

“Formasi ini untuk GTT yang sudah mengabdi minimal tiga tahun. Ada yang sudah mengabdi sampai 17 tahun. Selama itu, gaji yang didapat hanya Rp150.000 per bulan,” ucap Jekek.

Salah seorang guru asal Giriwoyo, Yeti Nur Latifah, mengaku sudah mengabdi selama enam tahun. Pada selesi PPPK I dan II dia belum sempat lolos.

Baca Juga: 215 Peserta Tes PPPK Wonogiri Lolos Ambang Batas

Dia hampir menyerah mengabdi menjadi guru. Begitu mengetahui akan diangkat menjadi PPPK, harapan dan semangat mengajar kembali muncul.

“Enggak bisa berkata-kata. Mungkin saya berjuang baru enam tahun. Tapi rasa hampir menyerah itu ada di tengah-tengah jalan. Setelah adanya ini, bisa semangat lagi. Bisa berjuang lagi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Yeti.

Yeti mengaku tidak menyangka jika dia dan GTT lain akan diangkat menjadi PPPK tanpa proses seleksi. Mereka tidak mengetahui jika para GTT akan mendapat kabar pengangkatan PPPK.

“Saya merinding, enggak bisa berdiri. Sudah enggak sabar untuk pulang. Ingin bertemu suami, anak, terutama bapak karena ini semua berkat doa orang tua,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

Jembatan Mojo-Jurug B Solo Direhab, DPRD: Jangan Sampai Seperti Jonasan

Ketua Komisi III DPRD Solo YF Sukasno mengingatkan Pemkot agar mengantisipasi jangan sampai rehab proyek Jembatan Mojo dan Jembatan Jurug B justru merusak jembatan lain.

Listrik Dari PLTSa Putri Cempo Solo Bakal Dibeli PLN, Segini Harganya

Listrik dari PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang rencananya beroperasi mulai Desember 2022 mendatang akan dibeli oleh PT PLN.

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Kereta Kuda dan Permainan Volume Besar Dilarang di CFD Klaten

CFD Jl Mayor Kusmanto Klaten digelar di sepanjang ruas jalan dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Begini Alasan Organda Wonogiri Pamor Bus Bumel Makin Menurun

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri, Edi Purwanto, menyebut menurunnya pamor bus bumel tak terlepas oleh sikap masyarakat yang memiliki kecenderungan mulai meninggalkan transportasi umum.

Polisi Selidiki Kasus Meninggalnya Warga Sragen Wetan, Ada Kejanggalan?

Polres Sragen tengah menangani kasus kematian seorang ibu di Sragen Kota yang dinilai ada kejanggalan

Warung Makan Solet di Makamhaji Kartasura, Lokasi Ndelik Tapi Ramai

Warung Solet menyajikan aneka menu masakan jawa. 

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.