SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

SLEMAN—Guna menumbuhkembangkan minat peserta didik dan generasi muda terhadap sains, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman menggelar kontes roket air. Kontes roket air ini diikuti siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Sleman di Lapangan Pemda Sleman, Selasa (13/11/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan tahunan ini mengusung tema Peran Aktrif Peserta Didik Mendukung Kemajuan Teknologi khususnya di Kabupaten Sleman. Melalui kegiatan roket air ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik.

Salah satu panitia, Halim Sutono mengatakan, bahwa tujuan penyelenggaraan lomba ini adalah guna melaksanakan pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan yang ikut dalam perlombaan kali ini mencapai 62 peserta didik dan empat SMK, delapan SMA dan lima SMP.

“Masing-masing sekolah bisa mengirimakn lebih dari satu wakilnya. Di sini mereka beradu ketepatan jatuhnya roket air pada zona tertentu yang berjarak 100 meter,” kata Halim di sela-sela lomab.

Halim menambahkan, jika roket air tersebut tidak bisa meluncur dengan stabil sudah dipastikan akan menyimpang dari jalur. Demikian pula dengan kecematan, jika terlalu jauh atau terlalu dekat nilai akan semakin jelek.

Sementara itu, Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Seyegan, Ganis Karlinawati mengatakan keikutertaannya dalam lomba ini baru pertama kali. Dia mengaku baru pertama kali membuat roket air ini.

“Luncuran pertama sangat jelek. Tapi luncuran kedua sudah bagus. Kami puas dengan itu, sebab baru pertama namun sudah bisa mengenai zona yang ditentukan,” kata Ganis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya