SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, PONOROGO — Sebanyak 60.000 benih ikan ditebar di Telaga Ngebel, Ponorogo. Selain menebar benih ikan, sebanyak 7.500 bibit pohon juga ditanam di kawasan wisata tersebut.

Kepala Kanwil Madiun Pengelola Air Telaga Ngebel Perum Jasa Tirta, Indra Nurdianyoto, mengatakan sebanyak 60.000 benih ikan nila dan tombro disebar di Telaga Ngebel, Selasa (15/1/2019). Kegiatan itu untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keanekaragaman hayati di Telaga Ngebel.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain itu, penebaran benih ikan ini juga bisa menjadi indikator keadaan ekosistem air di Telaga Ngebel. “Jika kondisi airnya cukup bersih, bagus, dan tidak tercemar, maka ikan-ikan tersebut akan hidup dan berkembang dengan cukup bagus. Kalai tidak bagus ya sebaliknya,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Rabu (16/1/2019).

Benih-benih ikan yang ditebar diperkirakan sudah bisa dipanen atau dipancing warga pada tiga hingga empat bulan mendatang. Jenis ikan yang dipilih yaitu nila dan tombro karena dinilai cocok dengan kondisi air di telaga.

Selain menebar benih ikan, kata Indra, pihaknya juga menanam 7.500 bibit pohon di Desa Pupus dan Desa Talun. Tanaman yang dipilih yaitu pohon durian, manggis, alpukat, dan sengon.

Dia menuturkan desa-desa lain di Kecamatan Ngebel yang merupakan daerah tangkapan hujan sekaligus hulu dari Telaga Ngebel juga akan ditanami bibit pohon pada program selanjutnya.

“Penghijauan ini penting sebagai usaha menjaga daya dukung lingkungan penyuplai air telaga. Pohon yang ditanam diharapkan menjadi tempat penyimpanan air hujan sebelum masuk ke telaga,” terangnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya