SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sekitar 600 aparatur sipil negara atau ASN Pemkab Sukoharjo yang berkantor di Menara Wijaya telah menjalani uji swab untuk mendeteksi sebaran Covid-19.

Informasi yang Solopos.com peroleh, hingga Senin (5/10/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo telah mengambil sampel swab 728 orang selama Oktober ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah itu, 600-an orang merupakan ASN Pemkab Sukoharjo. Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan tes swab itu upaya Pemkab menekan persebaran virus corona.

3 Orang Jadi Korban Pemukulan Saat Bentrok Pedan Klaten, Salah Satunya Pedagang Satai

Ekspedisi Mudik 2024

Uji swab terhadap ASN itu terutama untuk mencegah meluasnya persebaran Covid-19 pada klaster perkantoran Pemkab Sukoharjo. Menurutnya, Gugus Tugas terus melacak kontak erat kasus positif maupun pada kasus suspek.

"Selama Oktober ini Gugus Tugas telah mengambil swab PCR pada 728 orang. Namun, kami masih menunggu hasil dari uji swab itu," katanya ketika berbincang dengan Solopos.com via telepon, Senin (5/10/2020).

Yunia mengatakan uji swab 728 ini, paling banyak yakni mencapai 600 orang merupakan ASN di Gedung Menara Wijaya dan kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

24 ASN Positif Covid-19, Bupati Sukoharjo Jamin Pelayanan Tetap Optimal

Kasus Positif Aktif

Pengambilan sampel uji swab PCR dengan sasaran ASN guna mengetahui persebaran virus corona dalam lingkungan perkantoran Pemkab Sukoharjo. Sebab, sebelumnya ada 24 ASN Pemkab Sukoharjo yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"ASN Gedung Menara Wijaya kami swab semua sebagai tindak lanjut dari tracing kasus positif sekaligus memutus penyebarannya," katanya.

Sebelumnya, pada September Gugus Tugas juga telah melakukan uji swab terhadap 3.492 orang. Hasilnya 233 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 3.259 orang negatif.

HUT Ke-75 TNI, Korem Warastratama Surakarta Dapat Kejutan Ini Dari Polresta Solo

Sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini secara keseluruhan Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo telah melaksanakan uji swab terhadap 8.715 orang termasuk ASN Pemkab.

Hasilnya 7.394 orang negatif dan 593 orang positif. Merujuk data per 4 Oktober, jumlah kasus positif corona yang aktif masih 203 orang yang tersebar pada 12 kecamatan.

Masing-masing yakni Kartasura 73 orang, Grogol 28 orang, Sukoharjo 20 orang, Mojolaban tiga orang, Tawangsari satu orang. Lalu Baki sembilan orang, Bulu lima orang, dan Nguter 11 orang. Polokarto masih ada 10 orang, Gatak delapan orang, Bendosari tujuh orang, dan Weru 28 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya