Kategori: Klaten

60 Dokter Beri Pelayanan Kesehatan Gratis di Mapolres Klaten


Solopos.com/Ponco Suseno/JIBI/Solopos

IDI Klaten mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Mapolres Klaten.

Solopos.com, KLATEN –Sebanyak 60 dokter yang tergabung dalam anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Klaten memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat, Sabtu (20/5/2017). Kegiatan yang bertempat di Mapolres Klaten itu sebagai bentuk kepedulian dokter terhadap kesehatan masyarakat di Kabupaten Bersinar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun solopos.com, pelayanan kesehatan yang diberikan puluhan dokter, meliputi pelayanan mata, telinga, dan deteksi kanker serviks dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tes.

Selain pemeriksaan gratis, ratusan anggota Polres Klaten, anggota IDI Klaten, dan masyarakat umum mengikuti pendonoran darah di Mapolres Klaten.

“Kegiatan ini menjadi rangkaian Hari Bakti ke-109 Dokter Indonesia dan HUT ke-71 Bhayangkara. Seluruh rumah sakit (RS) di Kabupaten Bersinar turut mendukung acara ini,” kata Ketua IDI Klaten, Muhammad Husen Prabowo, saat ditemui wartawan di Mapolres Klaten.

Husen mengatakan jumlah pelajar yang mengikuti pelayanan kesehatan mata dan telinga mencapai 124 pelajar di Klaten. Sedangkan, peserta yang mengikuti pelayanan IVA tes secara gratis mencapai 50 orang.

“IVA tes diikuti anggota Bhayangkari Polres Klaten. Kami sengaja memberikan pelayanan itu karena kanker serviks menjadi penyebab kematian wanita di Indonesia [di Klaten terdapat 112 wanita yang dicurigai menderita penyakit kanker serviks],” katanya.

Perwira Urusan (Paur) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Klaten, Iptu Sriyanta, mewakili Kapolres Klaten, AKBP M. Darwis, mengakui pelayanan gratis yang dilakukan anggota IDI Klaten sangat membantu masyarakat di Klaten.

“Selama ini, banyak pelajar yang mengalami gangguan di telinga dan mata kendati tidak parah. Ratusan pelajar yang mengikuti kegiatan ini berasal dari semua daerah di Klaten. Nantinya, juga dibagikan kacamata bagi yang sakit mata secara gratis,” kata dia.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati