SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kuala Lumpur – Enam warga Malaysia yang berada di kapal Rachel Corrie akan dilepaskan oleh otoritas Israel pada Minggu (6/6).

Demikian dikatakan Deputi PM Tan Sri Muhyiddin Yassin seperti dilansir The Star. Muhyiddin menyatakan, Menlu Yordania menginformasikan Kedubes Malaysia bahwa 6 warga Malaysia yaitu Shamsul Akmar, pengacara Mathias Chang, anggota parlemen Parit Mohd Nizar Zakaria, aktivis Ahmad Faizal Azumu dan kru TV3 yaitu Halim Mohamed dan Mohd Jufri Judin — diperkirakan memasuki Yordania melalui Jembatan King Hussein pada pukul 6 petang waktu Malaysia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berdasarkan status terakhir Rachel Corrie, saya diberitahu oleh Menlu Datuk Seri Anifah Aman bahwa kapal itu telah ditangkap tentara Israel sekitar 30 mil laut dari Gaza. Mereka dibawa ke Pelabuhan Ashdod dan 19 penumpang dan kru, termasuk warga Malaysia, selamat,” kata Muhyiddin pada reporter di Bandara KLIA hari ini.

Kantor berita AFP sebelumnya menyatakan, di dalam kapal itu terdapat 4 WNI sebagai kru. Namun Kemlu RI memastikan tidak ada WNI di kapal tersebut.

Muhyiddin berada di KLIA untuk menerima 12 warga Malaysia yang ditahan Israel dalam misi kemanusiaan ke Gaza. Mereka adalah penumpang kapal Mavi Marmara yang diserang tentara Israel Senin dinihari lalu.

Secara terbuka Muhyiddin menyatakan, pemerintah Malaysia akan terus membantu misi-misi kemanusiaan yang bertujuan membantu warga Palestina. Malaysia juga akan mendukung usaha atau seruan siapa pun untuk mengutuk kekerasan pemerintah Israel.

“Itu terserah masyarakat, bila mereka ingin melakukan aksi, pemerintah tidak akan menghentikan mereka. Kami akan mendukung inisitiaf tersebut, termasuk yang dilakukan mantan PM Tun Dr Mahathir Mohammad, yang memulai misi itu. Kami akan memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan,” ujarnya.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya