SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NELSPRUIT— Chile bukanlah negara yang akrab dengan kemenangan di pentas Piala Dunia. Sudah 48 tahun berlalu, atau enam windu lamanya sejak La Roja berjaya, kini mereka punya kans untuk melakukannya lagi.

Kemenangan terakhir direngkuh Chile pada 16 Juni 1962 di Piala Dunia yang berlangsung di negeri mereka sendiri. Menghadapi Yugoslavia di perebutan tempat ketiga, Chile ketika itu berhasil unggul tipis 1-0.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak itu, Chile sudah pernah lolos ke empat Piala Dunia, yakni pada 1966, 1974, 1982 dan 1998. Negeri Amerika Selatan itu bermain 13 kali, namun sayangnya tidak ada satu pun yang berujung kemenangan.

Pada Rabu (16/6) ini, tepat 48 tahun sejak kemenangan terakhir, Chile akan memainkan laga perdananya di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan meladeni Honduras di Mbombela, Nelspruit. Di atas kertas, Chile seharusnya tidak sulit meraih kemenangan.

Tapi, mematahkan rekor bukanlah tujuan utama yang ada di benak bek Chile Gonzalo Jara, mewakili pikiran rekan-rekannya. “Fakta bahwa Chile belum pernah menang di Piala Dunia dalam waktu lama, bagi saya pribadi maupun buat tim adalah yang kedua terpenting,” ujar Jara dikutip Reuters, Selasa (15/6).

“Jelas, kami tahu tentang rekor itu. Pertandingan pertama memang sangat penting, tapi lebih penting lagi buat kami untuk bermain dan merebut tiga poin. Apakah itu 3-0 atau 1-0, semuanya sama,” lanjut Jara.

Melihat perimbangan kekuatan terkini, Chile memang di atas angin. Keberhasilan tim asuhan Marcelo Bielsa itu lolos dari kualifikasi zona Amerika Selatan sebagai runner-up di bawah Brazil, membuktikan ketangguhan mereka.

“Memenangi tiga angka dan bermain seperti yang kami inginkan adalah yang terpenting,” tegas Jara, yang saat ini tercatat sebagai pemain klub West Bromwich Albion, Inggris.

JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya