Kategori: Tips

6 Tips Membuat Rumah Terasa Baru Kembali


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO – Berbelanja merupakan sesuatu yang umum dan mudah dilakukan. Tetapi ini tidak berlaku untuk membeli produk jangka panjang, yang harus dengan banyak pertimbangan.

Terlebih pembelian produk perawatan rumah. Belilah dengan pertimbangan yang matang. Pilih produk dengan kualitas tinggi dan dengan harga yang menarik agar rumah selalu terlihat segar dan tidak kusam.

Selain kecermatan dalam berbelanja, dibutuhkan kedisiplinan pula dalam perawatan rumah, di antaranya membersihkan dan memperbaruinya secara berkala. Berikut tips dari forbes.com, tentang bagaimana merawat rumah agar terlihat baru kembali sehingga sedap dipandang dan ditempati.

Ini Tips Membeli Properti Agar Tidak Menyesal Belakangan

Pertama, hilangkan bekas goresan atau lecet pada dinding dengan mengecat ulang. Goresan maupun benturan benda dapat membuat tampilan dinding kurang baik dan terlihat usang. Perbaikilah dengan menggosok bagian tersebut, menambal, dan memperbaiki atau mengoleskan cat kembali, sehingga tampak perbedaan pada dinding.

Kedua, buat furnitur terlihat mengkilap. Nah, cara  ini dapat dilakukan agar perabot rumah terlihat bersih, mengkilap, dan selalu baru. Jenis furnitur menentukan dengan media apa kamu akan memolesnya. Jika furnitur tersebut dari kayu mungkin dapat dipoles dengan minyak jati secara rutin.

Ketiga, jaga kebersihan kain di rumah. Perawatan rutin tidak hanya memperbarui cat dan mengilapkan furnitur, namun juga menjaga kain-kain yang ada di dalam rumah bersih dari tumpukan debu. Seperti kain penutup kulkas, keset, karpet, sprei, tirai, dan lain sebagainya.

Ini Tips Merombak Sudut Rumah Jadi Ruang Kerja

Perhatikan furnitur dari kayu

Untuk membersihkannya cukup cuci atau sedot dengan vacuum cleaner kualitas terbaik. Lakukan secara rutin agar kain yang ada di rumah tidak apek, dan agar selalu sedap dipandang dan terlihat baru kembali.

Keempat, perawatan untuk furnitur kayu. Jika terdapat goresan ringan atau noda di kayu tersebut, gosokkan pasir pada area tersebut dengan lembut hingga noda tersebut hilang. Setelah itu gosokkan minyak yang biasa digunakan untuk kayu dengan media lap lembut untuk mencegah kerusakan barang.

Kelima, membuat lantai kayu tua terlihat segar kembali. Jika tidak ingin merombak lantai kayu secara besar-besaran maka cara berikut mungkin dapat menjadi alternatif. Penyegaran lantai kayu usang sangat tergantung dengan jenis finishing lantai yang digunakan sebelumnya.

Untung Besar! Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dari Properti

Jika sebelumnya finishing lantai dilakukan dengan digosok menggunakan minyak alami, ulangi cara tersebut dengan menggosoknya dengan minyak yang direkomendasikan untuk pelapis kayu. Namun jika lantai tersebut benar-benar telah terlihat usang, gosokkan lilin. Sementara, jika finishing dilakukan dengan polyurethane (PU) atau bahan cat premium, kamu dapat membersihkannya dengan air dan cuka putih.

Dalam perawatan lantai kayu tersebut, hindari lantai menjadi sangat basah. Gunakan lap pel lembap dengan kadar air yang tidak terlalu banyak. Setelah itu segera seka permukaan lantai dengan lap  kering, karena kelembapan dapat memicu kerusakan pada lantai.

Keenam, hapus noda dari marmer. Permukaan berpori seperti marmer sangat rentan pada noda yang berwarna dan cairan, jadi pembersihan yang dilakukan secepat mungkin sangat perlu dilakukan.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma