Stadion Manahan Solo. (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO — Penikmat sepak bola di Solo dan sekitarnya deg-degan menunggu kepastian stadion yang akan digunakan sebagai lokasi pelaksanaan Piala Dunia (PD) U-20 2021. PSSI memang sudah mengajukan Stadion Manahan, Solo, sebagai satu dari enam venue yang akan menghelat ajang bergengsi itu.

Namun FIFA dikabarkan hanya akan memilih empat stadion untuk efisiensi dan kemudahan koordinasi. Sesepuh Pasoepati, Mayor Haristanto, mengaku harap-harap cemas menanti keputusan resmi FIFA.

Dia berharap Stadion Manahan dapat terpilih menjadi salah satu venue PD U-20 tahun depan. Menurut Mayor, stadion yang baru saja direnovasi dengan biaya Rp317 miliar itu memiliki fasilitas lengkap untuk menggelar ajang berskala internasional.

Letak geografis Kota Solo, imbuhnya, juga strategis karena berada di tengah-tengah Pulau Jawa. “Antusiasme publik Solo maupun daerah lain untuk datang ke Stadion Manahan tentu sangat besar. Apalagi Solo sudah didukung akomodasi, transportasi dan penginapan yang lengkap. Pengoperasian kereta yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun Balapan juga bisa menjadi nilai plus,” ujar Mayor saat dihubungi Solopos.com, Senin (20/1/2020).

Sebagai informasi, Stadion Manahan harus bersaing dengan lima stadion lain yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) untuk menjadi tuan rumah PD U-20.

Gelora Bung Karno disebut hampir pasti terpilih karena daya tampung dan fasilitas pendukung lain relatif lengkap. Adapun Stadion Gelora Bung Tomo diyakini berpeluang tipis karena masih perlu renovasi total. Akses menuju stadion juga kurang menunjang.

6 Stadion yang Diusulkan Sebagai Venue Piala Dunia U-21:
– Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)
– Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor)
– Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)
– Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)
– Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi)
Stadion Manahan (Solo)

Cadangan:
– Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)
– Stadion Mandala Krida (Jogja)
– Stadion Jakabaring (Palembang)
– Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar)

Sumber: Diolah dari berbagai sumber (Chrisna Chanis Cara)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten