6 Peserta Workshop Bawa Pulang Penghargaan Festival Ayo Membaca 2021

Enam orang peserta membawa pulang penghargaan dalam workshop penulisan cerpen dan artikel sebagai rangkaian Festival Ayo Membaca (FAM) 2021.

 Pengumuman pemenang lomba artikel dan cerita pendek (cerpen) Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 via Zoom, Sabtu (4/12/2021). (Istimewa)Pengumuman pemenang lomba artikel dan cerita pendek (cerpen) Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 via Zoom, Sabtu (4/12/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pengumuman pemenang lomba artikel dan cerita pendek (cerpen) Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 via Zoom, Sabtu (4/12/2021). (Istimewa)Pengumuman pemenang lomba artikel dan cerita pendek (cerpen) Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 via Zoom, Sabtu (4/12/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Enam peserta yang terdiri atas tiga peserta workshop cerita pendek (cerpen) dan tiga peserta workshop penulisan artikel membawa pulang penghargaan Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 yang digelar Solopos Media Grup (SMG). Pengumuman lomba artikel dan cerpen dilakukan secara hybrid, Sabtu (4/12/2021).

PromosiGaya Bahasa Khusus Wong Gemolong Sragen, Sudah Tahu Belum?

Juara I artikel diraih Bahar Sungkowo, juara II Kurnia Gusti Waiji, dan juara III Tri Apriyati. Selanjutnya, pemenang cerpen kategori SD yakni Fahmi Jalu Maheswara, kategori SMP dimenangi Nadhira Kamalia Athiya Rifai, dan kategori SMA dimenangi Zahra Rosaline Putria Cahyo.

Pengumuman dipandu Senior Manager IMS SMG, Ivan Indrakesuma, yang juga Ketua Panitia FAM 2021. Ivan mengatakan kompetisi ini merupakan bentuk apresiasi serta ruang bagi para peserta.

Baca Juga: Kisah Eric, Trader Saham asal Boyolali Sukses lewat DNA Pro Akademi

Sebelumnya, mereka telah mengikuti workshop sebagai serangkaian acara Festival Ayo Membaca 2021. Workshop menulis artikel diikuti 51 guru se-Soloraya. Sementara pelatihan menulis cerpen diikuti 21 peserta tingkat SD hingga SMA.

Mengusung tema Giatkan Literasi, Raih Prestasi, FAM 2021 memang bertujuan menghidupkan semangat menulis di semua lini. SMG ingin memberikan ruang berkarya bagi siapapun, khususnya dalam hal peningkatan literasi prublik.

Pelatihan artikel, kata Ivan, dipandu Redaktur Pelaksana Solopos, Syifaul Arifin. Sementara, cerpen dipandu penulis Solo, Indah Darmastuti. Sesi pelatihan cerpen juga menghadirkan putra bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Anugrah Baskoro Sutopo, yang sebelumnya merilis buku berjudul “Siapa Bilang Jadi Anak Bupati Selalu Enak?”.

Baca Juga: Soal Jam Buka Saat Nataru, Pengelola Mal Solo Instruksi Resmi Wali Kota

Tips dan Trik Tembus Media

“Kalau di pelatihan artikel, ada tips dan trik menembus media juga. Sementara di sesi cerpen, ada pelatihan sekaligus motivasi untuk menulis buku,” kata Ivan.

Sementara itu, pengumuman lomba dihadiri Direktur Bisnis dan Konten Solopos Suwarmin serta Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ganjar Harimansyah. Ganjar dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digelar Solopos Media Grup.

Ia juga mendorong para peserta untuk aktif mengolah idenya dalam bentuk tulisan. “Mulai dari hal terkecil, mulai dari diri sendiri. Apa yang ada di sekitar kita, coba tuliskan,” katanya.

Baca Juga: Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Pemenang Cerpen Kategori SD, Jalu, merasa senang menang lomba. Ini merupakan penghargaan pertamanya. Ia menuliskan Cerpen berjudul Petualang Capung. Tulisan itu dibuatnya tanpa perencanaan matang.

Sebelum nulis, ia membaca Majalah Bobo dengan kaver bagian belakang seekor capung. “Setelah itu, ya bikinlah tulisan Mengejar capung. Senang banget bisa menang. Besok mau coba ikut kalau ada kesempatan lagi,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

IDI Sukoharjo Pantau Perkembangan Kasus Harian Covid-19

Pemerintah diharapkan terus menggenjot capaian vaksinasi dengan target sasaran beragam kelompok masyarakat di Sukoharjo.

Siswa Positif Covid-19, PTM di 2 SMPN di Klaten Disetop

Terdapat satu siswa positif Covid-19 masing-masing di SMPN 1 Karangnongko dan SMPN 1 Kemalang Klaten.

Sopir Kaget Disalip Ditanjakan, Pikap Angkut Ribuan Telur Masuk Jurang

Mobil pikap pengangkut ribuan telur ayam yang dikemudikan warga Sukoharjo masuk jurang di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Yasonna Apresiasi Inovasi Keimigrasian

Menkumham Yasona meminta agar jajaran Imigrasi di seluruh Indonesia terus meningkatkan Profesionalisme dan Integritas dalam menjalankan Tugas Negara.

8 Boks PJU di Sumberlawang Dibobol Maling, Dishub Rugi Jutaan Rupiah

Pencuri menggondol sejumlah perangkat dari delapan boks lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Sumberlawang-Purwodadi.

Disambati Bupati Sragen soal Kemiskinan, Ini Jawaban Wagub Taj Yasin

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyebut Sragen tidak masuk daerah dengan kemiskinan ekstrem di Jateng. Namun masuk zona merah di Jateng.

Prihatin Kasus Narkoba Tinggi, Kejari Solo Terjun ke Sekolah-Sekolah

Prihatin dengan angka kasus penyalahgunaan narkoba yang tinggi, Kejari Solo turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada pelajar untuk menjauhi narkoba.

14 Sertifikat Baru Lahan Terdampak JLT Sukoharjo Belum Terbit

Penerbitan sertifikat tanah yang baru setelah pelepasan hak karena terdampak JLT Sukoharjo mengacu pada ketentuan yang diatur di bidang agraria dan tata ruang.

Bupati Sragen Sambat ke Wagub Soal Angka Kemiskinan yang Tak Juga Turun

Bupati Sragen sambat ke Wagub Jateng. Ia mengaku sudah mengeluarkan anggaran banyak untuk mengentaskan kemiskinan namun angkanya tidak turun, justru naik.

Jual Minyak Goreng Rp14.000/Liter, Toko di Pasar Legi Solo Ini Diserbu

Toko Leo Jaya di lantai II Pasar Legi Solo diserbu pembeli yang antre untuk mendapatkan minyak goreng seharga Rp14.000/liter.

Jangan Macam-Macam, Kejari Karanganyar Kini Punya Satgas Mafia Tanah

Kejari Karanganyar telah membentuk Satgas Mafia Tanah sesuai instruki Kejaksaan Agung.

Dikeluhkan Warga, Tempat Karaoke di Wanglu Disegel Satpol PP Klaten

Penutupan itu dilakukan karena keberadaan karaoke dan kafe tersebut dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda).

Penyebab Minyak Goreng Rp14.000 Sulit Diterapkan di Pasar di Boyolali

Diharapkan permasalahan harga minyak goreng di pasar tradisional dapat diselesaikan sehingga pedagang dapat menjual minyak dengan harga yang sama di toko retail.

Ribuan Tenaga Honorer di Karangamyar Terancam Nganggur

Para tenaga honorer di Karanganyar resah dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan menghapuskan status mereka mulai tahun depan.

Bhayangkari Polres Wonogiri Diminta Berani Laporkan Kasus KDRT

Bantuan hukum terhadap kasus KDRT seperti mencegah, menindak pelaku, dan melindungi korban dijamin oleh negara.

Kasus Narkoba, Polres Sragen Tangkap 2 Warga Karangmalang dan Sidoharjo

Dua warga ditangkap Polres Sragen terkait kasus narkoba. Satu tersangka terjerat kasus kepemilikan sabu-sabu, lainnya terjerat kasus kepemilikan obat terlarang.