Tutup Iklan

6 Negara ASEAN Ikuti Piala Presiden Esports 2020

Enam negara di Asia Tenggara mengikuti kejuaraan Piala Presiden Esports (PPE) 2020.

 Kick off Piala Presiden Esports 2020 di Tennis Indoor Stadium, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/10/2019). (Shofi Ayudiana/Antara)

SOLOPOS.COM - Kick off Piala Presiden Esports 2020 di Tennis Indoor Stadium, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/10/2019). (Shofi Ayudiana/Antara)

Solopos.com, JAKARTAEnam negara di Asia Tenggara mengikuti kejuaraan Piala Presiden Esports (PPE) 2020. Turnamen ini ditandai dengan seremoni kick off di Tennis Indoor Stadium, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Kejuaraan ini diharapkan mampu meningkatkan prestasi atlet e-sports Indonesia. Kali ini, ada atlet dari enam negara yang ikut bertanding, yakni Malaysia, Kamboja, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

PPE tahun kedua ini mempertandingkan beberapa game, yakni Free Fire, eFootball PES 2020, satu gim kasual Mobile Premier League, dan satu gim nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional. Free Fire dan PES dipilih karena memiliki standar internasional dan jenjang karier yang jelas.

“Free Fire memiliki jenjang karier internasional jelas seperti turnamen Free Fire World Cup. PES juga punya komunitas besar di Indonesia. Kita berharap atlet kita bisa memiliki kualitas yang meningkat,” tutur Giring Ganesha, Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 seperti diberitakan Antara.

Adapun lima gim nasional yang telah lolos tahap kurasi pertama antara lain Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Soace Battle Brawl. Dari kelima gim tersebut akan dikurasi lagi dan dipilih menjadi satu untuk dipertandingkan di PPE 2020.

Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto, menyambut positif pergelaran PPE 2020. Ia mengatakan e-sports segera diatur dalam Undang-Undang Menteri. “Meskipun di UU SKN belum disebut, nanti sebelum SEA Games akan ada peraturan Menpora yang mengatur soal e-sport,” ungkap Gatot.

Seusai kick off, rangkaian PPE 2020 akan dilanjutkan ke tahapan kualifikasi, baik regional, nasional, dan negara-negara di Asia Tenggara. Tahap kualifikasi nasional akan dibagi menjadi dua wilayah, yakni Indonesia Timur dan Indonesia Barat, yang masing-masing dilaksanakan di Surabaya dan Bandung. Terakhir, babak final akan mempertemukan para juara final kualifikasi di Jakarta pada 1-2 Februari 2020 mendatang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sport Tourism Didorong Jadi Tulang Punggung Pariwisata di Indonesia

Pemerintah konsisten mendorong pengembangan sport tourism menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di masa mendatang.

Tanpa Elkan dan Egy, Timnas Indonesia Yakin Cemerlang di Laga Perdana

Salah satu andalan Timnas Asnawi Mangkualam yakin Indonesia akan mendapat hasil memuaskan di laga pertama.

Lolos ke Final Liga 3 Jateng, Persebi Ketemu Lagi dengan Persipa

Persebi Boyolali akan dipertemukan kembali dengan Persipa Pati pada laga final Liga 3 Zona Jateng.

Jos! Persebi Boyolali ke Final Liga 3 Jateng Usai Kalahkan Persak 2-1

Persebi Boyolali memastikan langkahnya ke babak final Liga 3 Zona Jateng setelah menaklukan Persak Kebumen dengan skor 2-1.

Pemain-Pemain Ini Terancam Terdepak dari MU, Siapa Saja?

Sejak kedatangan CR7 pada musim panas 2021, Cavani selalu menjadi pihak yang kalah saing.

Hasil Liga 1: Jonathan Cetak Brace, PSIS Taklukkan Persita 3-2

PSIS Semarang meraih kemenangan tipis 3-2 dari Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1 musim 2021-2022.

Ini Jadwal Pertandingan Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo memastikan lolos sebagai kontestan babak delapan besar Liga 2 2021 di Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan.

Punya Rekor Apik, Persebi Pede Hadapi Persak di Semifinal Liga 3 Jateng

Persebi Boyolali akan melakoni laga semifinal Liga 3 Jateng menghadapi Persak Kebumen di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang.

Laga Final, Barcelona!

Jika Barcelona kalah dan Benfica menang, mimpi Barcelona lolos ke babak berikutnya harus terhenti.

Menang Adu Penalti, Persipa Pati Kunci Tiket ke Final Liga 3 Jateng

Persipa Pati memastikan lolos ke babak final Liga 3 Jateng setelah mengalahkan PSIP Pemalang melalui drama adu penalti.

Suporter Persis Solo Sambut Baik Liga 2 Disaksikan Penonton

Aulia Haryo mengatakan kuota terbatas jumlah penonton harus disikapi dengan baik oleh wadah organisasi suporter.

Jelang Babak 8 Besar, Persis Solo Harus Lupakan Catatan Buruk 1 Dekade

Skuat Laskar Sambernyawa, julukan Persis Solo, memiliki dua catatan buruk gagal melaju ke babak semifinal setelah tumbang di babak delapan besar dalam satu dekade lalu.

Tekad FC Porto Mendampingi Liverpool

FC Porto juga berupaya menjaga rekor lima kemenangan beruntun di rumah mereka dalam semua ajang.

Gagal ke 8 Besar Liga 2, PSG Pati Lepas Pemain Pilar

Manajemen tim berlogo kuda hitam dikatakannya juga membuka pintu lebar-lebar untuk tim-tim Liga 1 ataupun tim delapan besar Liga 2 2021 yang ingin memakai jasa pemain tim PSG Pati.

Prediksi Persita Vs PSIS: Bangkit atau Kian Terpuruk

Prediksi laga Liga 1 2021 pekan ke-16 antara Persita Tangerang dengan PSIS Semarang akan berlangsung sengit.