6 Manfaat Pelukan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung
Ilustrasi pelukan. (freepik)

Solopos.com, MADIUN – Berpelukan mungkin bagi sebagian orang bukan hal yang mudah dilakukan. Ini mungkin berkaitan dengan faktor kebiasaan.

Memeluk atau mendapatkan pelukan dari orang-orang terdekat memang menjadi momen paling damai. Dalam hubungan apa pun, mulai dari hubungan suami istri, orang tua dan anak, hingga pertemanan, pelukan menjadi salah satu simbol yang mendekatkan diri.

Pelukan umumnya membuat seseorang merasa lebih baik. Sebuah pelukan tak sekedar rangkulan tangan yang hangat. Tanpa disadari, pelukan memberikan beragam manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari suara.com Sabtu (16/1/2021), berikut adalah beberapa manfaat dari berpelukan.

1. Mengurangi stres dan sebagai dukungan

Selain bersama pasangan, pelukan juga bisa diberikan kepada keluarga, teman atau kerabat dekat. Biasanya pelukan diberikan sebagai bentuk dukungan dan rasa nyaman atas kesedihan yang dialami orang tersebut. Oleh karena itu, pelukan dapat menenangkan dan mengurangi stres orang yang bersedih.

Para ilmuwan mengatakan memberi dukungan kepada orang lain melalui sentuhan dapat mengurangi stres orang yang sedang dihibur.

2. Melindungi dari berbagai penyakit

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 400 orang dewasa, para peneliti menemukan, berpelukan dapat mengurangi kemungkinan seseorang sakit. Para peserta dengan sistem pendukung yang lebih baik cenderung tidak sakit. Dapat dikatakan, efek pelukan bisa mengurangi stres sehingga menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Dalam sebuah studi, ditemukan orang yang berpegangan tangan dan berpelukan menunjukkan penurunan tingkat tekanan darah dan detak jantung lebih baik dari yang tidak melakukannya. Dikatakan, berpelukan dapat memberikan hubungan kasih sayang yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Membuat bahagia

Para ilmuwan mengatakan, oksitosin (hormon pelukan) dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres. Dikatakan, hormon ini sangat baik untuk wanita. Hal itu karena oksitosin menyebabkan penurunan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.

Oksitosin memberikan manfaat positif pada wanita yang memiliki hubungan yang lebih baik dan lebih sering berpelukan dengan pasangannya.

5. Mengurangi rasa takut

Menurut ilmuwan, pelukan dapat mengurangi kecemasan pada seseorang. Sentuhan pada seseorang dapat mencegah seseorang untuk mengunci dirinya sendiri. Dapat dikatakan, pelukan meningkatkan rasa percaya diri seseorang sehingga bisa mengurangi rasa takut.

6. Membantu komunikasi

Melalui pelukan, seseorang dapat berbicara walaupun tidak mengucapkan kata. Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang asing mampu mengekspresikan berbagai macam emosi kepada orang lain dengan menyentuh bagian tubuh yang berbeda.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom