SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji kloter pertama dikumpulkan di Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan, Boyolali, untuk mendapatkan pengarahan, Jumat (3/6/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Total 2.117 jemaah calon haji (calhaj) yang terbagi dalam enam kelompok terbang atau kloter telah diberangkatkan dari Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali hingga Selasa (7/6/2022).

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, sebanyak 2.117 calhaj tersebut berasal dari Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari jumlah itu, sebanyak 1.761 jemaah sudah tiba di Tanah Suci hingga Selasa siang. Mereka ditemani 19 petugas haji dari lima kloter berbeda. Tahun ini, terdapat dua gelombang pemberangkatan jemaah calhaj.

Gelombang pertama dimulai pada 4 Juni 2022 hingga 18 Juni 2022, sedangkan gelombang kedua dimulai 19 Juni 2022 dan berakhir 3 Juli 2022. Perbedaan gelombang pertama dan kedua calhaj yang berangkat Embarkasi Solo terletak di lokasi kedatangan.

Gelombang pertama akan tiba di Madinah menuju Mekkah, sedangkan gelmbang kedua akan tiba di Makkah menuju Madinah. Di Asrama Donohudan Boyolali, sejauh ini total sudah ada 21 calhaj yang sempat tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Baca Juga: 15.477 Calhaj akan Berangkat dari Embarkasi Haji Donohudan Boyolali

Sebanyak 13 orang di antaranya sempat dinyatakan positif berdasarkan hasil tes PCR. Namun 13 orang itu kemudian dinyatakan negatif saat dites di Asrama Haji Donohudan dan sudah diberangkatkan. Terbaru, ada dua calhaj yang dinyatakan tidak layak terbang karena kondisi badan kurang fit.

Tahun ini, sebanyak 15.305 calhaj akan datang ke Asrama Haji Donohudan dan berangkat melalui Embarkasi Solo. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 calhaj, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 jamaah dan 172 petugas kloter jamaah haji. Dengan 39 kloter dari Jawa Tengah dan 4 kloter dari DIY.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menyebut tahun 2022 atau 1443 H ada total 100.051 jamaah yang akan berangkat di seluruh Indonesia. Dengan rincian 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 haji khusus.

Baca Juga: 6 Jemaah Calhaj Embarkasi Solo Sempat Tak Boleh Terbang, Ini Kondisinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya