Kategori: Nasional

6 Kasus Baru Covid-19 DIY, Seluruhnya Karyawan Indogrosir Tanpa Gejala


Solopos.com/Sunartono/Harian Jogja

Solopos.com, JOGJA — Penyebaran Covid-19 melalui klaster Indogrosir di wilayah DIY kian parah seiring ditemukannya banyak karyawan yang positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium. Senin (11/5/2020), terdapat enam kasus baru positif Covid-19 di DIY yang semuanya merupakan karyawan Indogrosir.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menjelaskan kasus positif di DIY bertambah enam orang terkait swalayan itu. Dengan demikian saat ini total tercatat 159 kasus positif per Senin (11/5/2020).

Mantan Pemred Metro TV Suryopratomo Calon Dubes RI di Singapura

“Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini tanggal 11 Mei 2020 terdapat tambahan enam kasus positif. Sehingga total kasus positif Covid 19 di DIY menjadi sebanyak 159 kasus,” kata Berty.

Keenam pasien positif Covid-19 di DIY tersebut semuanya merupakan karyawan Indogrosir. Perinciannya, mereka terdiri atas empat warga Bantul, satu warga Kulonprogo, dan satu warga Kota Jogja.

Mudik Dilarang Tapi Angkutan Umum Jalan, Menhub Akui Membingungkan

Mereka yang teridentifikasi dari Bantul adalah Kasus 156 dengan identitas laki laki, 25; Kasus 157 laki laki, 32; Kasus 158 perempuan, 20; dan Kasus 159 laki laki, 25. Dua lainnya adalah Kasus 160 perempuan, 33 tahun warga Kulonprogo; dan Kasus 161 laki-laki, 33 tahun, warga Kota Jogja.

“Riwayat dari keenam kasus berhubungan dengan klaster Indogrosir,” katanya.

Orang Tanpa Gejala

Dengan demikian, sampai saat ini sudah ada 13 karyawan Indogrosir di DIY yang teridentifikasi positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium. Menurut Berty mereka semua dalam keadaan baik. Mereka tidak dalam kondisi sakit berat sehingga bisa dikategorikan sebagai orang tanpa gejala.

Kerusakan Paru-Paru Anak Akibat Covid-19, Meradang Hingga Terisi Nanah

"Ya karyawan [ Indogrosir DIY yang positif Covid-19 ], tapi untuk bagian mana tidak ada infonya [yang masuk ke Gugus Tugas DIY]. Semuanya OTG,” ujarnya.

Adapun jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil tes PCR negatif hanya ada satu orang. Pasien sembuh itu adalah Kasus 95 yang merupakan seorang laki-laki usia 67 tahun warga Sleman.

Kasus Baru Positif Covid-19 di Indonesia Turun 2 Hari, Jangan Senang Dulu!

“Jumlah PDP saat ini tercatat 1.114 orang, sebanyak 190 di antaranya masih dalam perawatan. Negatif tercatat 807 orang, proses laboratorium ada 148 pasien, kemudian jumlah total ODP per hari ini terdata 5.547 orang,” ujarnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar