6 Kali Tes Swab, 1 Pasien Asal Wonosari Klaten Masih Positif Covid-19
Ilustrasi tenaga kesehatan dan pasien Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Satu pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Wonosari yang dirawat di RSD Bagas Waras Klaten sejak 18 April lalu hingga kini belum kunjung sembuh. Hasil pemeriksaan untuk kali keenam tersebut masih menunjukkan positif Covid-19.

Direktur RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibawa, mengatakan hingga Rabu (3/6/2020) siang ada enam pasien positif yang masih dirawat di RSD dari total 16 pasien. Sementara, 10 pasien lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Terkait kondisi pasien asal Wonosari yang dirawat selama lebih dari 45 hari terakhir, Limawan mengatakan secara umum kondisi pasien tersebut baik dan stabil. Hanya saja, dari hasil uji lab swab, pasien itu masih terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien tersebut seorang laki-laki berinisial P dan berusia lebih dari 60 tahun.

Seorang Ibu Hamil di Solo Reaktif Rapid Test Corona, Harus Operasi Caesar

“Sebenarnya kondisi pasien stabil, tinggal menunggu hasil negatif saja. Mungkin tipe virusnya yang berbeda. Faktor usia pasien juga bisa jadi berpengaruh. Kami melakukan swab lagi. Ini tidak hanya di Klaten. Di daerah lain juga ada yang seperti itu,” kata Limawan saat ditemui Solopos.com di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (3/6/2020).

Terkait perawatan pasien positif Covid-19, Limawan mengatakan dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti diberikan obat antiretroviral dan vitamin. “Kalau ada penyakit penyerta diobati penyakit penyertanya juga. Jadi satu pasien itu bisa saja tidak hanya dirawat dokter paru,” kata Limawan.

Pasien Diajak Berjemur

Selain pengobatan, Limawan menuturkan pasien secara berkala juga diajak keluar dari ruang isolasi untuk senam serta berjemur dan masih berada di kompleks bangsal perawatan pasien Covid-19. Dia memastikan ketika pasien keluar dari ruang isolasi, mereka melewati jalur khusus atau tak bersinggungan dengan pasien lain. “Ini untuk meningkatkan imunitas serta menghilangkan kejenuhan,” jelas dia.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan pasien positif Covid-19 asal Wonosari itu sudah dilakukan enam kali pemeriksaan swab.

13 Provinsi Laporkan Penurunan Kasus Baru Positif Covid-19

“Hasil swab terakhir keluarnya sekitar dua hari lalu dan masih positif. Ya tidak apa-apa. Tetap dilakukan perawatan. Yang jelas pengobatan serta penatalaksanaan sudah sesuai. Secara psikologis pasien masih oke-oke saja,” kata Anggit.

Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kondisi pasien berisinial P masih terus diawasi. Selama ini, pasien tersebut masih beraktivitas normal meski di dalam ruang isolasi. “Pasien ini yang kami awasi betul. Untuk aktivitasnya ya biasa. Karena di ruang isolasi rumah sakit ya tetap di kamar. Melakukan peribadatan seperti biasa. Komunikasi dengan keluarga juga di rumah. Di ruangan itu juga disediakan fasilitas wifi,” kata dia.

Sementara itu, selama tiga hari berturut-turut ada penambahan tiga pasien positif di Klaten. Jumlah total pasien positif Covid-19 sebanyak 25 orang dengan 16 pasien sudah dinyatakan sembuh dan sembilan pasien masih dirawat. Tidak ada kasus pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Klaten hingga kini.

Terkait rencana penerapan kenormalan baru secara bertahap dimulai dari tingkat pemerintahan di Klaten, Cahyono mengatakan menjadi kewenangan gugus tugas tingkat kabupaten. “Penerapan itu bukan dari kami. Jadi menunggu kebijakan dari gugus,” kata dia.

Jual Miras Anggur Secara Online, 2 Pemuda Solo Diringkus Tim Sparta


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho