SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Presiden SBY meminta agar pemberantasan narkoba dilaksanakan dengan agresif dan ambisius. SBY pun mengeluarkan instruksi untuk memantapkan langkah Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memerangi kejahatan narkoba.

Seperti disampaikan SBY dalam pidato menyambut ‘Hari Anti Narkotika Internasional, Menuju Indonesia Bebas Narkoba 2015’, Minggu (26/6/2011) di Monas, Jakarta pusat, ada 6 instruksi yang disampaikan SBY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“BNN saya instruksikan berada di depan dan aktif mensukeskan gerakan ini, kampanye nasional untuk mencegah dan telah saya keluarkan isntruksi presiden termasuk pemerintahan daerah untuk sungguh-sungguh menjalankan dan menyukseskan gerakan nasional. Kita berantas dan cegah narkoba,” terang SBY dalam sambutannya.

Berikut 6 langkah yang disampaikan SBY dalam pidatonya untuk memerang kejahatan narkoba:

1. “Mari kita tingkatkan intensitas dan ekstensitas pemberantasan pencegahan penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkoba, jangan menunggu hari esok mulai”.

2. “Mari kita tingkatkan kerjasama regional dan internasional yang lebih efektif agar tidak semudah itu pengaruh sindikat narkoba intenasional mengobok-obok negeri kita”.

3. “Para pendidik, orang tua, pemuka agama, dan semua pihak untuk lebih aktif dalam membimbing, menyadarkan masyarakat kita utamanya generasi muda agar tidak tersesat di jalan yang salah”.

4. “Aparat penegak hukum, kepolisian, saya harapkan lebih aktif membongkar, mengadili para pelaku kejahatan narkoba, berikan sanksi yang keras namun tetap adil”.

5. “Saya sungguh berharap masyarakat kita memiliki kepedulian yang tinggi di RT/RW, kelurahan, desa. Harus ada kepedulian masyarakat lokal di negeri ini, tidak boleh terjadi ada sebuah rumah yang dijadikan pabrik narkoba dan tetangganya tidak tahu”.

6. “Pemerintah akan terus bekerja sekeras-kerasnya, saya ajak dunia usaha yang memiliki kemampuan untuk bersama-sama membangun pusat-pusat rehabilitasi korban narkoba agar mereka bisa kembali ke masyarakat luar”.

“BNN tentu harus terus berinisiatif dan bekerja lebih keras dengan didukung senap komponen bangsa yang lain,” tutur SBY.

Dalam acara itu hadir Kepala BNN Gories Mere, Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Wagub DKI Prijanto.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya