SOLOPOS.COM - Menata ruang tamu (freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Satu aspek dalam penataan properti yang tidak boleh terlewati adalah ruang tamu. Ruang tamu adalah ruang pertama saat seseorang memasuki rumah.

Ruang tamu perlu ditata sedemikian rupa agar memberi kesan spesial bagi tamu. Berikut beberapa tips mengatur ruang tamu yang patut Anda coba seperti dikutip Bisnis.com dari apartmenttherapy.com:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1.Jangan gunakan warna gelap
Desainer Interior di California Utara Jeff Fiorito mengatakan jika ruang tamu berukuran kecil, jangan menggunakan warna gelap.

Hal ini akan menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih sempit. “Warna gelap akan menyamarkan ujung-ujung ruangan, sehingga dimensi ruangan itu juga terasa menjadi lebih kecil,” ujarnya.

2.Gunakan karpet kecil, disesuaikan dengan ukuran ruangan
Pam Faulkner, desainer interior asal Virginia, mengatakan dengan ruang bersusunan sofa, meja kopi, dan bangku, umumnya banyak orang menaruh karpet permadani di bawah meja. Jangan ragu menggunakan karpet kecil dengan perpaduan warna tegas.

“Padu padan warna dan pola tertentu akan membuat ruang tamu yang umumnya kecil menjadi terasa lebih luas,” kata Faulkner.

3.Plafon tidak harus berwarna putih
Mewarnai plafon ruang tamu dengan warna lebih cerah dari dinding, tidak hanya dengan warna putih, bisa membantu merefleksikan cahaya. Ruangan juga terasa lebih lebar dan terang.

Arsitek dan desainer interior di Massachusetts Leslie Saul mengatakan tidak ada salahnya jika mencoba lebih berani dengan menambahkan wallpaper atau warna cerah untuk mewarnai bagian plafon supaya tidak membosankan.

4.Jangan menaruh terlalu banyak barang
Tren minimalis untuk merias ruang tamu kini sudah ketinggalan zaman. Desainer interior di New Jersey Blanche Garcia menyarankan untuk mendekorasi ruang tamu dengan pendekatan maksimalis. Taruh pernik-pernik berpola menarik dengan warna cerah, tapi jangan terlalu banyak. Jangan gunakan warna serupa.

5.Gunakan pernak-pernik berpola menarik
“Tidak ada salahnya mencoba menggunakan beragam pola hiasan dinding yang unik dan tegas,” kata Karin Sun, pendiri Crane & Canopy.

Coba gabungkan lukisan atau hiasan beda ukuran dengan warna yang senada. Jangan takut untuk memadupadankan ruang tamu, seperti menaruh bantal bercorak, menggelar selimut, atau menaruh furnitur berukuran besar.

6.Taruh cermin menghadap ke luar
Umumnya, cermin ditaruh menghadap ke luar. Yaitu mengarah ke pemandangan atau ke hiasan dinding lain yang ada di ruangan. Faulkner menyarankan agar tidak menaruh cermin menghadap sesuatu yang kurang menarik seperti kipas angin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya