Ilustrasi diskusi (Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Banyak orang yang menjalani hidupnya tanpa motivasi, karena terjebak pada rutinitas. Mereka bangun setiap pagi, mandi, bersiap, dan bekerja tetapi merasa tidak puas dengan semua kegiatan itu.

Hal ini bisa membawa kebingungan sehingga pada titik tertentu Anda bertanya mengapa Anda tidak puas dengan hidup ini dan segala aktivitas di dalamnya. Persoalannya mungkin saja tidak terletak pada kehidupan itu, tetapi pada diri Anda sendiri.

Berikut ini 6 alasan yang biasanya dapat menyebabkan seseorang mengalami ketidakpuasan akan hidup:

1. Anda tidak sadar sedang membuang-buang waktu

Banyak orang yang tidak puas akan hidupnya karena dia tidak berani melakukan aktivitas yang berguna dan bermanfaat. Pencuri waktu yang sering kali menjadi pelakunya adalah kebiasaan menghabiskan waktu di media sosial atau melakukan kegiatan kurang berfaedah lainnya. Karena terbuai dengan kehidupan di layar gawai, kehidupan nyata tak lagi terasa menyenangkan dan penuh arti.

2. Tidak mengenal diri sendiri

Tanpa pengenalan yang benar mengenai diri sendiri, Anda akan selalu terjebak pada ketidakpuasan. Orang yang mengenal dirinya sendiri akan berupaya untuk memenuhi apa yang diinginkan dan diperlukan untuk kebaikan dirinya. Sebaliknya, orang yang tidak mengenali dirinya sendiri cenderung tidak mampu memenuhi itu.

3. Terlalu menekan diri sendiri

Terlalu berambisi terhadap sesuatu dapat menjadi bumerang bagi diri. Anda mungkin mulai menekan diri sendiri untuk mencapai ambisi Anda. Akibatnya kadang-kadang tidak baik, yaitu Anda mulai memaksakan diri untuk mencapainya.

Menekan diri sendiri juga dapat ditandai dengan memaksakan diri untuk menerima segala beban dan tanggung jawab yang berat sendirian. Terlalu banyak fokus dapat membuat Anda kewalahan dan sulit merasa puas akan hidup ini.

4. Anda tidak menyelesaikan sesuatu dengan tuntas

Banyak orang memiliki ide yang cemerlang tetapi tidak pernah direalisasikan. Banyaknya ide tanpa aksi dapat menyebabkan kita merasa tidak puas. Manusia cenderung merasa kecewa ketika dia tidak bisa merealisasikan atau menuntaskan apa yang perlu dikerjakannya.

5. Tidak memiliki kehidupan sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehidupan sosial untuk merasa bahagia dan puas. Sekalipun Anda sangat sibuk, jangan lupa menjalin hubungan yang hangat dengan orang lain. Jangan mengisolasi hidup Anda sendiri.

6. Tidak memiliki tujuan

Hidup tidak akan pernah memuaskan apabila Anda tidak memiliki tujuan. Itulah sebabnya memikirkan dan menentukan tujuan hidup harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ketika Anda tidak memiliki tujuan hidup, segala sesuatunya terasa tidak berarti.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten