6.960 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Karanganyar
Petugas Dinkes Kabupaten Karanganyar menata vaksin Covid-19 ke dalam kotak khusus di ruang penyimpanan vaksin di kompleks Kantor Dinkes Kabupaten Karanganyar, Sabtu (23/1/2021). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 6.960 dosis vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Karanganyar pada, Sabtu (23/1/21) sekitar pukul 17.00 WIB.

Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar didampingi anggota Polres Karanganyar mengambil vaksin Covid-19 ke Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu siang. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kabupaten Karanganyar mendapatkan jatah 6.960 dosis vaksin Covid-19.

Rombongan yang membawa vaksin tersebut sampai di Karanganyar sekira pukul 17.00 WIB. Dinkes memutuskan langsung mendistribusikan vaksin tersebut ke sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Baca juga: Pria Grobogan Bunuh Pemuda Gegara Kesal Honor Kencan Rp100.000 Tak Dibayar

Beberapa di antaranya adalah, RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo, Puskesmas Colomadu 1 dan 2, Puskesmas Jaten 1 dan 2, Puskesmas Kebakkramat, Puskesmas Tasikmadu, RSUD Karanganyar, dan Puskesmas Karanganyar.

Sisanya disimpan di Ruang Vaksin kompleks Kantor Dinkes Kabupaten Karanganyar. Rencana pendistribusian dilanjutkan pada Minggu (24/1/2021).

"Iya sudah sampai Karanganyar dan sebagian vaksin sudah kami distribusikan. Itu [pendistribusian] ke fasyankes yang dilewati saat perjalanan dari Semarang ke Karanganyar. Lewat Colomadu, Kebakkramat, Jaten, Tasikmadu, Karanganyar. Yang belum didistribusikan akan dilakukan Minggu," kata Purwati saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Vaksinasi

Sesuai rencana, Kabupaten Karanganyar akan mulai memberikan vaksin Covid-19 kali pertama kepada 10 tokoh pada Senin (25/1/2021). Salah satunya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Rencana pencanangan vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Karanganyar pukul 10.00 WIB.

Vaksinasi berikutnya adalah tenaga kesehatan (nakes). Sesuai kebijakan pemerintah pusat, nakes menjadi kelompok kali pertama menerima vaksin Covid-19.

Purwati menyampaikan nakes akan mendapatkan vaksin di 21 puskesmas dan dua rumah sakit yang telah ditunjuk di Karanganyar.

"Itu nanti untuk nakes kami masih menggunakan 21 puskesmas dan dua rumah sakit. Itu RSAU di Colomadu dan RSUD Karanganyar. Pemberian vaksin terhadap nakes harus rampung pada Februari," ujar dia.

Baca juga: Warga Kembalikan Muatan Truk Tronton yang Kecelakaan di Tawangmangu

Beberapa waktu lalu disampaikan bahwa jumlah fasyankes yang akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebanyak 36 fasyankes. Perinciannya adalah 21 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 9 klinik. Tetapi, Purwati menyebut belum semua nakes menyelesaikan pelatihan.

"Itu nanti [yang utama] di 21 puskesmas dan dua rumah sakit. Kalau fasyankes lain nanti karena sebagian pelatiahan belum selesai. Jadi masih ada empat rumah sakit dan sembilan klinik menyusul," jelasnya.

Perempuan berkerudung itu memastikan seluruh fasyankes yang melayani vaksinasi sudah memiliki ruang penyimpanan sesuai standar. Dinkes Karanganyar, kata Purwati, sudah memonitoring kesiapan seluruh fasyankes.

"Sudah sesuai standar. Jadi sebelum pelayanan vaksinasi, semua puskesmas sudah kami monitoring. Yang kurang apa, jadi sudah semua. Tinggal fasyankes yang tambahan itu yang belum kami lihat."



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom