SOLOPOS.COM - Pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia berpose bersama seusai mengalahkam Yordania dengan skor 4-1 dalam laga Grup A Piala Asia U-23 2024, Minggu (21/4/2024). (ANTARA/HO-PSSI)

Solopos.com, SOLO — Timnas Indonesia menambah panjang daftar negara Asia Tenggara yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Tahun 2024 menjadi kesempatan pertama bagi Indonesia mengukir sejarah masuk ke final Piala Asia setelah mengarungi perjalanan panjang.

Sepanjang sejarah perhelatan Piala Asia, Indonesia telah lima kali mengikutinya. Dan pada 2024 ini merupakan kesempatan keempat yang Indonesia dapatkan.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Sejak Piala Asia U-23 pertama diselenggarakan tahun 2013, Indonesia sudah enam kali berpartisipasi. Namun lima kali beruntun selalu kandas di babak kualifikasi.

Pada 2013, Indonesia gagal ke putaran final di Oman karena terhenti di peringkat ketiga Grup E.

Selanjutnya pada Piala Asia U-23 2016, Timnas Indonesia kembali gagal melaju ke putaran final yang digelar di Qatar. Kali ini Skuad Garuda bertengger di peringkat kedua Grup H.

Kemudian pada 2018, Piala Asia U-23 yang digelar di China, Indonesia lagi-lagi gagal melaju ke final dan harus puas berada di peringkat ketiga Grup H.

Demikian juga pada Piala Asia U-23 2020 yang digelar di Thailand. Kali ini Timnas Indonesia harus puas berada di peringkat ketiga Grup H.

Dua tahun lalu, ajang yang digelar di Uzbekistan pada 2022 itu juga Timnas Indonesia kembali gagal mengukir prestasi cemerlang. Hal ini karena Indonesia bertengger di peringkat kedua Grup G.

Kini, pada kali keenam keikutsertaannya, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak final Piala Asia U-2024.

Pada perhelatan yang digelar di Qatar, Skuad Garuda akan menghadapi Uzbekistan di semifinal. Laga Indonesia vs Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam sangat dinantikan pencinta sepak bola di tanah air.

Terbukti sebelumnya ada banyak daerah yang menggelar nonton bareng (nobar) ketika skuad Shin Tae-yong berlaga lawan Korea Selatan U-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya