58,7 Persen Warga Wonogiri Tidak Tertib Pakai Masker, Yakin Mau Zona Hijau?
ilustrasu Masker. (Freepik.com) Masker adalah salah satu barang yang mendapat fasilitas pajak impor.

Solopos.com, WONOGIRI -- Survei Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengungkap 58,7 persen responden yang merupakan warga Wonogiri tidak pernah atau sangat jarang memakai masker.

Dengan kata lain, dari 10 orang, hanya empat orang yang sering memakai masker. Fakta ini mengkhawatirkan di tengah keinginan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wonogiri agar Kabupaten Gaplek ini kembali ke zona hijau.

Apalagi, pada Jumat (14/8/2020), ada tujuh kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri. Tujuh kasus baru ini seluruhnya berasal dari klaster perjalanan.

Tetap Hati-Hati! Pegawai Jasa Pengiriman di Mojosongo Solo Positif Covid-19

Merujuk data BPS Wonogiri yang dirilis Kamis (13/8/2020), 58,7 persen responden mengaku sangat jarang atau tidak pernah memakai masker. Sedangkan 8,3 persen kadang-kadang memakai masker dan hanya 33,1 persen yang sering memakai masker.

Survei dipublikasikan dengan tajuk Profil Masyarakat Kabupaten Wonogiri di Era New Normal tersebut dilaksanakan selama dua pekan pada 1-15 Juli 2020. Selain melihat perilaku masyarakat Wonogiri tentang penggunaan masker, survei ini juga melihat beberapa kebiasaan lainnya terkait pandemi Covid-19.

Mobil Lab PCR Covid-19 Mampir Karanganyar, Dua Warga Colomadu Positif

Sebagian Besar Responden Generasi X dan Millenial

Sementara itu, responden survei ini sebagian besar adalah kalangan generasi X dengan rentang tahun kelahiran 1961-1980, yakni sebanyak 39,0 persen. Selanjutnya, kalangan millenial dengan rentang tahun kelahiran 1981-1994, sebanyak 38,3 persen.

Sebagian besar responden, yakni lebih dari 70 persen, memiliki anggota keluarga 3-5 orang. Artinya, besar kemungkinan karakter warga Wonogiri yang tidak pernah memakai masker diikuti anggota keluarga lainnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), mengatakan kasus Covid-19 di Wonogiri bertambah tujuh orang pada Jumat. Gara-gara penambahan kasus Covid-19 itu, Wonogiri batal mengizinkan hajatan digelar.

11 Pasien Covid-19 Ponorogo Sembuh, Tapi Ada Tambahan 7 Kasus Baru

Dengan terungkapnya karakter masyarakat Wonogiri yang tidak pernah atau sangat jarang memakai masker, Satgas Wonogiri patut lebih disiplin memastikan penerapan protokol kesehatan.

Apalagi, jika Satgas menargetkan Wonogiri kembali ke zona hijau, seperti yang disampaikan Jekek beberapa waktu lalu.

"Dengan berbagai upaya yang kami lakukan dan ketaatan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, kami berharap Wonogiri masuk zona hijau kembali. Saat ini kan masih zona kuning," ungkap Jekek yang juga Bupati Wonogiri, Rabu (12/8/2020).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom