SOLOPOS.COM - Wisatawan berswafoto saat menumpang jip wisata di Ngargoyoso, Karanganyar. (Solopos/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, KARANGANYAR – Polres Karanganyar menyiapkan 578 personel gabungan dan tujuh pos pengamanan menyambut lonjakan pengunjung selama libur panjang mulai Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Sebanyak 578 personel gabungan dari Satlantas Polres Karanganyar, 17 polsek di Karanganyar, TNI, Satpol PP, Dishub PKP, BPBD, Tim SAR, sukarelawan, komunitas, dan lain-lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Guna memastikan kesiapan seluruh personel, Polres Karanganyar menyelenggarakan apel kesiapsiagaan pengamanan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan libur nasional. Apel dilaksanakan di Lapangan Wira Satya Polres Karanganyar pada Senin (26/10/2020).

Bunga Bangkai di SD Panularan Solo Viral, Netizen Heboh

Pada kesempatan itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, mengecek kesiapan personel dan kendaraan yang akan digunakan untuk mendukung pengamanan di masa libur panjang akhir bulan ini. Spel kesiapsiagaan tersebut sekaligus menjadi tempat menyamakan persepsi.

"Bahwa kami siap melayani masyarakat yang akan datang ke Karanganyar. Termasuk di dalamnya upaya pencegahan persebaran Covid-19. Misalnya mencegah kerumunan, social distancing, dan penerapan protokol kesehatan. Yang ke Karanganyar wajib memakai masker," kata Kapolres saat berbincang dengan wartawan seusai apel.

Pedagang Pasar Hardjodaksino Dilarang Jualan di Solo Baru, Nekat Bakal Dikukut Satpol PP

7 Pospam

Ratusan personel akan disebar ke seluruh wilayah termasuk tujuh pos pengamanan di Karanganyar. Pos tersebut terdiri dari empat pos di pintu keluar tol dan tiga pos tambahan.

Empat pos pengamanan itu berada di pintu keluar Tol Solo-Ngawi. Mulai dari Colomadu, Klodran, Gondangrejo, dan Kebakkramat.

Sementara tiga pos tambahan akan ditempatkan di Terminal Palur, Jaten; pertigaan Keprabon, Karangpandan; dan Terminal Tawangmangu.

"Sistem operasinya seperti itu. Bentuk antisipasi lonjakan arus lalu lintas dibuat pos pengamanan di pintu keluar tol. Kalau tiga pos tambahan itu menyasar lonjakan arus lalu lintas ke arah objek wisata," ungkap dia.

1 Rumah di Karangrayung Grobogan Roboh Diterjang Angin

Hal senada disampaikan Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Maulana Ozar. Maulana menyampaikan pengendara menggunakan pelat nomor luar Provinsi Jawa Tengah yang keluar dari tol akan dicek kesehatan. Oleh karena itu, pos pengamanan di pintu keluar tol akan didukung petugas kesehatan.

"Kalau tiga pos tambahan itu pos pantau. Sasarannya pengunjung objek wisata dan pemudik yang turun di sejumlah terminal di Kabupaten Karanganyar. Penumpang yang turun di Karanganyar wajib diperiksa kesehatan. Polsek jajaran juga mendata pemudik di wilayah masing-masing," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya